Teropong Bisnis | Homepage
Bebek Hibrida, Si Penghasil Keuntungan

Bebek Hibrida, Si Penghasil Keuntungan

0 Comments 🕔05.Apr 2014

Beternak merupakan salah satu jenis usaha yang dapat mendatangkan keuntungan dan peluang menjanjikan. Syarat utamanya adalah Anda harus tepat memilih jenis hewan yang akan Anda ternakkan. Fajar Santoso, pensiunan Pegawai Negeri Sipil (PNS) adalah salah satu peternak yang tepat memilih hewan ternakannya. Pria asal Sidoarjo, Jawa Timur ini memilih bebek hibrida dan sukses dengannya.

Bebek hibrida menjadi jenis bebek paling populer saat ini. Hal ini dikarenakan, bebek jenis ini menghasilkan daging yang lebih banyak. Dan, daging bebek hibrida terasa lebih gurih dan lembut daripada bebek jenis lainnya.

Selain itu, gizi, protein dan kalorinya juga lebih tinggi dari bebek pada umumnya. Karena hal ini pula, bebek hibrida banyak dicari oleh pedagang dan rumah makan. Fajar menyadari akan keunggulan yang dimiliki bebek hibrida. Hal ini pula yang menjadi alasan dia beternak bebek jenis ini.

Fajar memulai bisnis ternak bebek hibrida ini pada tahun 2010. Kini, usahanya sudah sangat berkembang. Per hari, dia dapat memotong 500-750 ekor bebek dan menghasilkan keuntungan sebesar Rp. 14 juta per hari.

peluang usaha, ide bisnis, wirausaha, bebek hibrida, keuntungan

Bebek hibrida berasal dari persilangan antara bebek betina lokal dan bebek Peking jantan berkualitas. Persilangan ini menghasilkan jenis bebek baru yang lebih berat dan besar dari bebek lokal. Hal ini tampak saat bebek hibrida berusia 45 hari. Pada usia ini, berat bebek hibrida dapat mencapai 1,6 kg, sedangkan bebek lokal hanya 1,2 kg.

Dengan adanya perbedaan berat ini, maka dapat dikatakan bebek hibrida lebih cepat untuk dipanen. Oleh karena itu, peluang untuk menjadikannya produk layak jual juga lebih cepat. Artinya, pemasaran dan keuntungan juga dapat diperoleh lebih cepat.

Banyak petani bebek juga memanfaatkan hewan ternaknya sebagai penghasil telur. Anda pasti tahu bila telur bebek digemari banyak orang. Produk yang dapat dihasilkan dari telur bebek juga beragam, seperti telor asin dan lainnya.

Sayangnya, banyak peternak bebek tidak dapat mendapatkan kedua hasil ini, daging dan telur, pada saat beternak bebek lokal. Biasanya, mereka harus memilih akan menjadikan bebek ternakkan mereka petelur atau pedaging. Kalaupun bebek tersebut dijadikan bebek pedaging, mereka mengambilanya dari bebek petelur yang sudah afkir. Hasilnya, daging yang dihasilkan tidak berkualitas.

Lain halnya dengan bebek hibrida. Karena pada awalnya bebek jenis ini diternakkan sebagai bebek pedaging, maka peternak bebek mendapatkan manfaat lebih. Selama masa pemeliharaan, bebek ini dapat diambil telurnya. Dan saat usia sudah cukup, bebek ini dapat diambil daginya.

Dapat disimpulkan, bebek hibrida adalah peluang bagus dalam dunia bisnis ternak bebek. Fajar sendiri sudah membuktikannya. Dia dapat mencapai target balik modal, sebesar Rp. 50 juta hanya dalam waktu setahun. Kini, usahanya berkembang dan sudah mempunyai 25 karyawan yang membantunya.

peluang usaha, ide bisnis, wirausaha, bebek hibrida, keuntungan

BACA JUGA:

Peluang Bisnis Barbershop Kian Menjanjikan

Gurihnya Keuntungan Bisnis Kuliner Pempek

Similar Articles

Inilah 8 Penyebab Gagalnya Usaha Kecil

Inilah 8 Penyebab Gagalnya Usaha Kecil 0

Kian banyaknya pelaku UKM (Usaha Kecil Menengah) membuat persaingan usaha menjadi semakin ketat. Hal ini seringkali

Melirik Peluang Bisnis Potong Rambut Model Terkini

Melirik Peluang Bisnis Potong Rambut Model Terkini 0

Mempunyai gaya rambut menarik dengan model yang sedang menjadi trend saat ini adalah hal yang

3 Alasan Utama Mengapa Dunia Maya Simpan Peluang Usaha Menggiurkan!

3 Alasan Utama Mengapa Dunia Maya Simpan Peluang Usaha Menggiurkan! 0

Peluang usaha akan menjadi semakin menjanjikan, bila Anda mampu memanfaatkannya dengan baik. Salah satu peluang yang

4 Bukti Bisnis Keluarga dapat Sukses Besar

4 Bukti Bisnis Keluarga dapat Sukses Besar 0

Bisnis keluarga sering dianggap sebagai bisnis yang sulit berkembang karena sulitnya terbentuk profesionalisme antar anggota keluarga

5 Hal Penting Maksimalkan Peluang Bisnis Tas

5 Hal Penting Maksimalkan Peluang Bisnis Tas 0

Peluang bisnis tas terbilang cukup menggiurkan, karena produk ini banyak dicari, apalagi saat penampilan menjadi hal

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *