Teropong Bisnis | Homepage
Ana Larderet, Sang Ibu Tempe Di Eropa

Ana Larderet, Sang Ibu Tempe Di Eropa

0 Comments 🕔03.Aug 2014

Menyebut kata tempe, pasti banyak orang sudah paham dan mengenal makanan khas Indonesia ini. Tempe dapat dikatakan sebagai lauk favorit orang Indonesia. Selain rasanya yang memang lezat, harganya yang murah dan kemudahan untuk pengolahannya juga menjadikannya makanan favorit.

Namun, tempe ternyata juga digemari di luar negeri. Jepang dan negara-negara Asia Tenggara mungkin sudah tidak asing lagi dengan makanan ini. Dan, tempe juga membius lidah orang-orang Eropa.

Sosok yang bertanggung jawab pada naiknya popularitas tempe di Eropa adalah Ana Larderet. Perempuan asal Perancis ini menjadi pioneer pebisnis tempe di Eropa. Dia pula dapat dikatakan sebagai orang yang pertama kali mengenalkan tempe di Eropa.

Awal mula perkenalan Ana dengan tempe adalah saat dia kuliah di Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta. Selama setahun kuliah disana, tempe menjadi salah satu makanan favoritnya. Rasanya yang gurih dan sederhana, cocok untuk lidah Ana. Karena hal ini pula, Ana mengungkapkan adanya hubungan spesial antara dirinya dengan tempe.

Setelah menempuh kuliah di UGM, tahun 2011 Ana pun harus kembali ke negara asalnya, Perancis. Saat itu, tempe belum ada di Eropa. Ana begitu merindukan rasa lezat tempe yang dia sering konsumsi saat berkuliah di Indonesia. Dia pun lalu berusaha untuk mencari makanan sederhana ini.

Akhirnya, Ana mendapatkannya melalui sahabatnya Rustono. Rustono sendiri adalah seorang pebisnis tempe yang cukup berhasil di Jepang. Melalui Rustono ini, Ana mendapatkan tempe yang dikirim langsung dari Jepang ke Perancis.

Ana pun berencana untuk memulai bisnis tempe di Eropa. Dia mengambil kuliah S-2 dan juga menjalankan bisnis tempe yang dia rencanakan.

Ada beberapa alasan, mengapa Ana ingin memulai bisnis tempe ini. Yang pertama, proses produksi tempe sendiri tidaklah sulit. Namun, bukan berarti, Ana tidak mengalami kendala dan tantangan dalam membuat tempe ini. Ana seringkali gagal memproduksi tempe karena membusuk, tetapi dia berhasil mengatasinya.

Alasan yang kedua adalah meningkatnya kesadaran akan hidup sehat di masyarakat Eropa. Tempe sangat cocok untuk gaya hidup sehat ini, karena mengandung gizi yang tinggi. Alasan yang terakhir adalah Ana ingin menyebarkan nilai kesederhanaan dan berbagi yang ada di tempe. Hal inilah yang membuat bisnisnya menjadi lebih menyenangnkan dan menjanjikan.

Target pasar pertama Ana adalah warga Indonesia yang berada di Swiss. Setelah memasarkan selama beberapa bulan, dia akhirnya mendapatkan pelanggan. Setelah itu, dia memperluas pemasaran ke mahasiswa Swiss, yang pada akhirnya sangat menyukai tempe.

Kini permintaan tempe semakin meningkat. Ana mengungkapkan, bisnis ini sangat menjanjikan. Dengan strategi pemasaran yang tepat, maka, bisnis tempe di Eropa dapat sangat berkembang.

Tetapi, salah satu kendala yang dihadapi Ana adalah kurangnya informasi mengenai tempe. Karena hal ini, Ana terus berusaha mempromosikan makanan yang disebut “magic food” oleh orang Eropa ini lebih luas lagi.

ana larderet, usaha tempe, pengusaha sukses, tempe, usaha sampingan

BACA JUGA:

Tokoh Penting Dibalik Kesuksesan Texmaco

Kopi Bondowoso Berhasil Tembus Pasar Dunia

Similar Articles

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho!

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho! 0

Nama TIKI pasti ngga akan begitu asing lagi ya di telinga kita semua, tentu aja

Inilah 8 Penyebab Gagalnya Usaha Kecil

Inilah 8 Penyebab Gagalnya Usaha Kecil 0

Kian banyaknya pelaku UKM (Usaha Kecil Menengah) membuat persaingan usaha menjadi semakin ketat. Hal ini seringkali

Melirik Peluang Bisnis Potong Rambut Model Terkini

Melirik Peluang Bisnis Potong Rambut Model Terkini 0

Mempunyai gaya rambut menarik dengan model yang sedang menjadi trend saat ini adalah hal yang

3 Alasan Utama Mengapa Dunia Maya Simpan Peluang Usaha Menggiurkan!

3 Alasan Utama Mengapa Dunia Maya Simpan Peluang Usaha Menggiurkan! 0

Peluang usaha akan menjadi semakin menjanjikan, bila Anda mampu memanfaatkannya dengan baik. Salah satu peluang yang

4 Bukti Bisnis Keluarga dapat Sukses Besar

4 Bukti Bisnis Keluarga dapat Sukses Besar 0

Bisnis keluarga sering dianggap sebagai bisnis yang sulit berkembang karena sulitnya terbentuk profesionalisme antar anggota keluarga

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *