Teropong Bisnis | Homepage
Alugha, Satu Video Seribu Bahasa

Alugha, Satu Video Seribu Bahasa

0 Comments 🕔09.Jul 2014

Internet saat ini telah menjadi bagian penting bagi semua orang. Selain untuk mencari informasi, internet juga dapat menjadi sarana rekreasi murah dan efektif yang dapat diakses dimanapun. Apalagi dengan semakin banyaknya orang memiliki Smartphone berteknologi tinggi. Mereka dapat mencari apapun di internet kapanpun dan dimanapun mereka berada.

Salah satu hal yang banyak dilakukan di internet adalah menggunakannya untuk menonton video. YouTube menjadi salah satu website yang banyak diakses untuk keperluan ini. Video yang berada di situs tersebut berasal dari berbagai negara. Dan, tidak jarang, video-video tersebut menggunakan bahasa asing yang tidak kita mengerti.

Perbedaan bahasa ini menjadi salah satu masalah yang dihadapi oleh banyak orang. Hal ini yang menjadi perhatian salah satu pengembang teknologi online dari Jerman Bernd Korz dan Niklas, putranya. Mereka membuat sebuah plugin yang dapat mengatasi masalah perbedaan bahasa ini, dengan nama Alugha yang diperkenalkan oleh MyLINGO.

Awalnya, banyak orang yang meminta Bernd untuk mengunggah video miliknya dengan versi bahasa Inggris. Selama ini, dia hanya mengunggah video dengan bahasa Jerman. Namun, yang dia lakukan hanyalah menambah audio baru berbahasa Inggris di atas audio lama di video versi Jerman miliknya. Masalahnya, Bernd harus mengunggah ulang, video yang sudah di ubah sedemikian rupa ini.

Bernd lalu mencoba membuat cara mudah untuk melakukan hal ini. Dia membuat plugin yang dapat mengubah audio sebuah video menjadi audio dengan bahasa yang pengguna YouTube inginkan. Dari hal inilah awal terciptanya plugin Alugha.

Plugin unik Alugha ini dapat digunakan untuk berbagai macam browser, seperti Mozilla, Chrome dan lainnya. Dan, bila Anda sudah mengunduh plugin ini, Anda dapat memilih versi bahasa yang Anda inginkan dari bagian bawah menu di video YouTube.

Dari sisi bisnis, plugin ini menjadi salah satu solusi terbaik. Seperti yang kita tahu, video pada situs YouTube dapat menjadi ajang promosi yang sangat efektif. Biaya yang dikeluarkan juga tidak terlalu mahal. Namun, bila Anda harus membuat 2 macam video dengan 2 bahasa berbeda, bukankah itu memakan terlalu banyak waktu, energi dan biaya?

Plugin ini jelas memecahkan masalah ini. Anda hanya perlu membuat satu file audio dengan bahasa yang berbeda. Dan, dengan plugin ini, calon pelanggan Anda dapat memilih bahasa yang mereka mengerti, sehingga pesan promosi Anda dapat tersampaikan dengan sempurna.

Alugha dapat dikatakan sebagai buah dari kreativitas dan inovasi seorang Bernd. Saat ini plugin ini masih dalam tahap awal. Namun, bila plugin ini berhasil dikembangkan lebih jauh, dapat diperkirakan dunia bisnis akan berubah. Promosi akan dapat dilakukan dengan mudah dan murah, sehingga untuk menjangkau pasar yang luas bagi bisnis kecil bukan lagi menjadi sebuah impian belaka.

alugha, wirausaha, ide bisnis, youtube, peluang usaha

BACA JUGA:

Kisah Avon, Dari Penjual Buku Keliling Menjadi Perusahaan Paling Sukses

Sandal Biji Salak, Mengubah Sisa Menjadi Untung

Similar Articles

Inilah 8 Penyebab Gagalnya Usaha Kecil

Inilah 8 Penyebab Gagalnya Usaha Kecil 0

Kian banyaknya pelaku UKM (Usaha Kecil Menengah) membuat persaingan usaha menjadi semakin ketat. Hal ini seringkali

Melirik Peluang Bisnis Potong Rambut Model Terkini

Melirik Peluang Bisnis Potong Rambut Model Terkini 0

Mempunyai gaya rambut menarik dengan model yang sedang menjadi trend saat ini adalah hal yang

3 Alasan Utama Mengapa Dunia Maya Simpan Peluang Usaha Menggiurkan!

3 Alasan Utama Mengapa Dunia Maya Simpan Peluang Usaha Menggiurkan! 0

Peluang usaha akan menjadi semakin menjanjikan, bila Anda mampu memanfaatkannya dengan baik. Salah satu peluang yang

4 Bukti Bisnis Keluarga dapat Sukses Besar

4 Bukti Bisnis Keluarga dapat Sukses Besar 0

Bisnis keluarga sering dianggap sebagai bisnis yang sulit berkembang karena sulitnya terbentuk profesionalisme antar anggota keluarga

5 Hal Penting Maksimalkan Peluang Bisnis Tas

5 Hal Penting Maksimalkan Peluang Bisnis Tas 0

Peluang bisnis tas terbilang cukup menggiurkan, karena produk ini banyak dicari, apalagi saat penampilan menjadi hal

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *