Teropong Bisnis | Homepage
Akhirnya Sukses Datang Melalui Nasi Liwet Instan

Akhirnya Sukses Datang Melalui Nasi Liwet Instan

🕔12.Nov 2013

Ide dan kreativitas merupakan hal penting dalam sebuah usaha. Jadi, anda tidak hanya bisa mengandalkan modal dan tenaga kerja saja. Hal ini juga berlaku pada M Riza Rikiansyah. Dia menjadi salah satu pendiri wirausaha Nasi Liwet Instan Pandanwangi yang cukup sukses.

Ide awal dari usaha nasi liwet instan ini berasal dari produksi beras yang melimpah didaerah kelahirannya, yaitu Cianjur. Selain itu, penduduk setempat juga suka memasak nasi liwet, menjadikan usaha ini dipikirnya akan sangat menjanjikan.

Ide nasi liwet dalam bentuk instan datang pada bulan Agustus 2013. Riza menilai bahwa pembuatan nasi liwet sangat merepotkan karena menggunakan banyak bumbu. Dengan mengemas nasi liwet dalam bentuk instan, maka diharapkannya nasi liwet dapat dinikmati di luar kota atau bahkan luar negeri.

Dalam nasi liwet instan buatannya, terdapat beras, minyak goreng, bumbu dan lauk. Semuanya masih dalam keadaan mentah. Tetapi, untuk memasaknya hanya memerlukan 1 kali proses sehingga cukup mudah.

Nasi liwet instan buatan Riza tersedia dalam 5 rasa, yaitu original, cumi, teri, jengkol dan ikan jambal. Untuk harga, tiap kotak Nasi Liwet Instan Pandanwangi dihargai Rp. 20 ribu.

3.Akhirnya Sukses Datang Melalui Nasi Liwet Instan 2

Omset yang didapat Riza dari usahanya ini mencapai Rp. 20 juta sampai Rp. 30 juta per bulan. Dan hal ini didapat dari modal usaha yang hanya Rp. 500 ribu.

Saat ini, Riza dan rekannya mampu memproduksi 500 kotak nasi liwet instan per hari. Jumlah karyawan yang bekerja dengannya sebanyak 5 orang.

Untuk bahan baku, Riza menggunakan beras pandan wangi yang berasal dari Cianjur. Dia langsung memesan dari pabrik beras yang memproduksi beras ini. Dan dalam sehari, produksi nasi liwet instan ini dapat menghabiskan 200 kg beras, 15 kg bawang merah, 20 kg sereh 15 kg bawang putih dan 10 liter minyak goreng.

Pada awal memulai usaha, Riza menjual produknya ke toko oleh-oleh di Cianjur. Tapi, saat ini, dia lebih fokus pada pameran dan penjualan secara online.

Produk nasi liwet instan ini dirasa Riza cukup sukses, karena banyak pengunjung asal Jerman, Belanda, Jepang dan negara lainnya yang membelinya sebagai oleh-oleh. Untuk pemasaran dalam negeri masih mencakup daerah Jakarta dan Jawa Barat.

Sebenarnya, kedutaan besar Indonesia di Iran, Arab Saudi dan Jepang memesan nasi liwet instan ini. Tetapi, Riza masih belum dapat memenuhinya karena masalah perizinan.

Riza saat ini sudah berhasil menjual 25 ribu kotak produknya. Dan, dia ingin mengembangkan usaha nasi liwet instannya ini dengan memberdayakan masyarakat di tempat tinggalnya. Banyak ibu rumah tangga yang mampu dan dapat membantu produksi nasi liwet instan buatannya. Hal inilah yang menjadi dasar Riza untuk rencana pengembangan usahanya ini

Similar Articles

Inilah 8 Penyebab Gagalnya Usaha Kecil

Inilah 8 Penyebab Gagalnya Usaha Kecil 0

Kian banyaknya pelaku UKM (Usaha Kecil Menengah) membuat persaingan usaha menjadi semakin ketat. Hal ini seringkali

Melirik Peluang Bisnis Potong Rambut Model Terkini

Melirik Peluang Bisnis Potong Rambut Model Terkini 0

Mempunyai gaya rambut menarik dengan model yang sedang menjadi trend saat ini adalah hal yang

3 Alasan Utama Mengapa Dunia Maya Simpan Peluang Usaha Menggiurkan!

3 Alasan Utama Mengapa Dunia Maya Simpan Peluang Usaha Menggiurkan! 0

Peluang usaha akan menjadi semakin menjanjikan, bila Anda mampu memanfaatkannya dengan baik. Salah satu peluang yang

4 Bukti Bisnis Keluarga dapat Sukses Besar

4 Bukti Bisnis Keluarga dapat Sukses Besar 0

Bisnis keluarga sering dianggap sebagai bisnis yang sulit berkembang karena sulitnya terbentuk profesionalisme antar anggota keluarga

5 Hal Penting Maksimalkan Peluang Bisnis Tas

5 Hal Penting Maksimalkan Peluang Bisnis Tas 0

Peluang bisnis tas terbilang cukup menggiurkan, karena produk ini banyak dicari, apalagi saat penampilan menjadi hal