Teropong Bisnis | Homepage
8 Tips Mudah Sukses Di Bisnis Fotografi

8 Tips Mudah Sukses Di Bisnis Fotografi

0 Comments 🕔04.Jan 2014

Anda menyukai fotografi? Bila ya, dan fotografi adalah hobi Anda, maka, Anda dapat memanfaatkannya tidak hanya untuk rileks dan bersenang-senang. Fotografi dapat menjadi sebuah bisnis yang cukup berpotensi. Salah satu jenis bisnis dibidang ini adalah fotografi online.

Fotografi online dipandang sangat menjanjikan karena Anda dapat lebih mudah memasarkan karya Anda. Dan, internet juga dapat mempermudah Anda bertemu dengan klien Anda.

Bila Anda ingin memulai bisnis fotografi online, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui dan persiapkan.

1. Kemampuan

Perlengkapan, seperti kamera DSLR memang diperlukan. Akan tetapi, yang lebih penting adalah kemampuan Anda mengolah foto. Hal ini akan menghasilkan foto yang berkualitas.

2. Ide

Ide dan kreativitas Anda dalam menghasilkan foto akan menarik pelanggan. Bila Anda rutin meng-upgrade ide kreatif Anda, maka Anda akan mudah menarik pelanggan.

3. Sensitivitas

Anda juga harus peka dalam menjalankan bisnis ini. Peka disini berarti peka dalam memanfaatkan peluang dan juga menangkap momen-momen penting klien Anda.

4. Keterbukaan

Jangan segan menerima masukan dari klien Anda. Dengan membuka komunikasi seperti ini, maka klien akan merasa lebih nyaman saat menggunakan layanan Anda.

fotografi, bisnis foto, usaha, buka usaha

5. Harga

Biasanya, pemula dalam bisnis fotografi  ini mendapatkan masalah saat negoisasi harga. Sebaiknya, Anda menyesuaikan dengan dana yang klien Anda miliki. Untuk pemula, sebaiknya Anda mengambil tawaran apapun yang datang, sebagai sarana untuk belajar dan menambah pengetahuan. Tetapi, pastikan hasil yang Anda berikan juga baik, agar klien tidak kecewa.

6. Tarif

Memang, Anda harus mengambil semua peluang dan tawaran yang ada. Tetapi, Anda juga perlu menetapkan standar layanan yang Anda berikan. Hitung berdasarkan semua layanan yang Anda berikan,seperti hasil foto, make-up dan lain sebagainya.

Biasanya, harga standar yang dapat Anda tawarkan untuk bisnis ini adalah antara Rp. 2 juta sampai Rp. 10 juta. Tetapi, bila klien Anda mempunyai dana terbatas, Anda juga dapat menawarkan paket hemat dibawah Rp. 1 juta.

7. Jenis Klien

Semua tips diatas dapat digunakan untuk semua jenis klien. Jadi, bila ada klien yang meminta Anda untuk memotret untuk keperluan pre-wedding atau resepsi pernikahan, atau untuk acara-acara lain, seperti reuni, perkumpulan, acara keluarga bahkan foto buku tahunan siswa, Anda tetap harus mempertahankan hasil terbaik. Profesionalisme adalah kuncinya disini.

8. Modal

Modal ditempatkan paling akhir, karena modal dapat menjadi satu hal yang cukup rumit dalam bisnis fotografi ini. Memang, modal yang diperlukan untuk memulai bisnis ini cukup besar. Anda perlu membeli berbagai peralatan untuk mempermudah kinerja Anda.

Memang, Anda dapat menggunakan peralatan minim untuk menghasilkan foto yang bagus. Tetapi, hal tersebut tidak efektif dan akan berdampak buruk di masa mendatang.

Secara umum, bisnis ini cukup menjanjikan. Jadi, Anda boleh mencobanya, bila tertarik.

fotografi, bisnis foto, usaha, buka usaha

Similar Articles

Inilah 8 Penyebab Gagalnya Usaha Kecil

Inilah 8 Penyebab Gagalnya Usaha Kecil 0

Kian banyaknya pelaku UKM (Usaha Kecil Menengah) membuat persaingan usaha menjadi semakin ketat. Hal ini seringkali

Melirik Peluang Bisnis Potong Rambut Model Terkini

Melirik Peluang Bisnis Potong Rambut Model Terkini 0

Mempunyai gaya rambut menarik dengan model yang sedang menjadi trend saat ini adalah hal yang

3 Alasan Utama Mengapa Dunia Maya Simpan Peluang Usaha Menggiurkan!

3 Alasan Utama Mengapa Dunia Maya Simpan Peluang Usaha Menggiurkan! 0

Peluang usaha akan menjadi semakin menjanjikan, bila Anda mampu memanfaatkannya dengan baik. Salah satu peluang yang

4 Bukti Bisnis Keluarga dapat Sukses Besar

4 Bukti Bisnis Keluarga dapat Sukses Besar 0

Bisnis keluarga sering dianggap sebagai bisnis yang sulit berkembang karena sulitnya terbentuk profesionalisme antar anggota keluarga

5 Hal Penting Maksimalkan Peluang Bisnis Tas

5 Hal Penting Maksimalkan Peluang Bisnis Tas 0

Peluang bisnis tas terbilang cukup menggiurkan, karena produk ini banyak dicari, apalagi saat penampilan menjadi hal

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *