Teropong Bisnis | Homepage
6 hal penting dalam berbisnis waralaba

6 hal penting dalam berbisnis waralaba

0 Comments 🕔20.Dec 2013

Bagi sebagian besar orang yang ingin memulai suatu bisnis, ada salah satu jenis bisnis yang dianggap pasti bisa membawa untung, yaitu bisnis waralaba. Jika Anda termasuk orang yang berpandangan demikian, maka ubahlah pandangan tersebut. seperti jenis bisnis lain, bisnis waralaba atau franchise juga memiliki resiko yang sama besar.  Memang ada banyak kemudahan dalam memulai bisnis franchise, namun kita tetap tidak boleh sembarangan dalam mengambil keputusan. Berikut ini adalah 6 hal penting yang harus diperhatikan dalam berbisnis waralaba.

1. Modal awal dan royalti

Laba yang bisa diperoleh penyewa bisnis waralaba sangat ditentukan oleh modal awal dan biaya franchise. Yang paling merepotkan dalam melakukan bisnis waralaba adalah penyetoran franchise fee sebesar 12.5% omzet ke pemilik waralaba untuk tiap tahunnya. Tak peduli seberapa besarpun omzet yang diraih, penyewa waralaba akan terus terikat oleh peraturan tersebut. Belum lagi biaya untuk gaji karyawan, uang makan serta pajak. Oleh karena itu, bisnis francise memang tak semudah yang terlihat.

2. Biaya bahan baku

Bahan baku menjadi faktor penting dalam berwaralaba. Sebagian besar pemilik waralaba mengharuskan para penyewa untuk menggunakan bahan baku dari supplier yang umumnya masih memiliki hubungan khusus. Yang menyusahkan adalah, harga yang ditawarkan pensuplai biasanya 5-10% lebih tinggi dari harga pasar. Hal ini dilakukan para pemilik waralaba untuk meraup keuntungan yang besar. Namun sebagai penyewa, jangan sampai anda membatalkan pesanan bahan baku dari si pemilik, karena kontrak yang telah disepakati bisa saja diputus di tengah jalan.

bisnis waralaba

3. Pendanaan

Sebagian besar penyewa waralaba tidak mempunyai akses pendanaan yang baik, jadi mereka harus menggunakan uangnya sendiri ketika mereka membutuhkan tambahan modal. Mengetahui hal ini, para pemilik waralaba memberikan opsi cicilan untuk franchise fee, modal awal, bahan baku serta peralatan dalam memulai bisnis waralaba. Pilihan tersebut sukses untuk menarik minat mereka yang ingin mulai berbisnis waralaba.

4. Kontrol lokasi

Beberapa pemilik bisnis waralaba menerapkan aturan untuk tidak terlalu banyak membuka cabang dalam sebuah kota untuk menghindari saturasi pasar dan penurunan omzet. Namun tetap ada juga bisnis waralaba yang mengijinkan penyewa waralaba untuk membuka cabang sebanyak mungkin, demi menaikkan omzet penjualan dan mendapatkan keuntungan sebanyak mungkin. Hal ini memberi keuntungan bagi pemilik waralaba, namun tidak untuk para penyewa. Setiap kemunculan sebuah waralaba dalam lokasi yang sama, omzet bisa mengalami penurunan hingga setengah.

5. Kreativitas

Pada umumnya, bisnis waralaba mengharuskan keseragaman, mulai dari dekorasi toko, produk, seragam, hingga pelayanan. Hal ini tentu kurang cocok untuk Anda yang mempunyai kreatifitas tinggi. Jika Anda tipe orang yang menjadi bos untuk diri sendiri, akan lebih baik menghindari bisnis waralaba.

6. Lokasi

Lokasi merupakan salah satu penentu kesuksesan dalam berbisnis waralaba. Penentuan lokasi yang tepat akan menentukan besarnya kesuksesan yang bisa anda raih. Dalam penentuan lokasi, si pemilik waralaba tidak bisa membantu banyak. Oleh karena itu, pengetahuan tentang peluang keuntungan di tiap lokasi sangat penting untuk dimiliki para penyewa bisnis waralaba, agar nantinya tidak menemui kesulitan dan kerugian.

 bisnis waralaba

Similar Articles

Inilah 8 Penyebab Gagalnya Usaha Kecil

Inilah 8 Penyebab Gagalnya Usaha Kecil 0

Kian banyaknya pelaku UKM (Usaha Kecil Menengah) membuat persaingan usaha menjadi semakin ketat. Hal ini seringkali

Melirik Peluang Bisnis Potong Rambut Model Terkini

Melirik Peluang Bisnis Potong Rambut Model Terkini 0

Mempunyai gaya rambut menarik dengan model yang sedang menjadi trend saat ini adalah hal yang

3 Alasan Utama Mengapa Dunia Maya Simpan Peluang Usaha Menggiurkan!

3 Alasan Utama Mengapa Dunia Maya Simpan Peluang Usaha Menggiurkan! 0

Peluang usaha akan menjadi semakin menjanjikan, bila Anda mampu memanfaatkannya dengan baik. Salah satu peluang yang

4 Bukti Bisnis Keluarga dapat Sukses Besar

4 Bukti Bisnis Keluarga dapat Sukses Besar 0

Bisnis keluarga sering dianggap sebagai bisnis yang sulit berkembang karena sulitnya terbentuk profesionalisme antar anggota keluarga

5 Hal Penting Maksimalkan Peluang Bisnis Tas

5 Hal Penting Maksimalkan Peluang Bisnis Tas 0

Peluang bisnis tas terbilang cukup menggiurkan, karena produk ini banyak dicari, apalagi saat penampilan menjadi hal

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *