Teropong Bisnis | Homepage
Pilih Waralaba Ternak Ayam Atau …

Pilih Waralaba Ternak Ayam Atau …

0 Comments 🕔21.Apr 2014

Ternak ayam dipandang sebagai salah satu bisnis yang menjanjikan. Memang, bisnis ini membutuhkan modal yang cukup banyak. Tetapi, saat ini sudah ada banyak tawaran kemitraan untuk bisnis ternak ayam. Salah satunya datang dari Indo Farm Investor (IFI).

IFI menawarkan kerjasama ini melalui websitenya, IndoFarmInvestor.com. Menurut situs tersebut, IFI adalah perkumpulan peternak ayam asal Malang dan Blitar. Mereka sudah beroperasi sejak 2013, dan hinggai 28 Maret 2014, mereka mempunyai investor sebanyak 3.218 orang dengan jaringan 995 orang.

Tawaran investasi IFI ini mirip MLM. Investor dapat mencari jaringan untuk mendapatkan bonus dan keuntungan. Menurut keterangan pihak pemasaran IFI, investasi awal yang harus Anda tanamkan sebesar Rp. 70.000. Dari investasi ini, investor akan mendapatkan keuntungan sebesar Rp. 700 per hari dari tiap ayam yang mereka investasikan yang berasal dari telur.

Kontrak waralaba dari IFI ini berlaku selama 150 hari atau lima bulan. Hal ini dikarenakan ayam sudah tidak produktif setelah 5 bulan. Setelah kontrak ini habis, maka investor tidak akan menerima keuntungan seperti yang disebutkan diatas.

Kondisi ini dapat diatasi dengan adanya jaringan. Jaringan yang banyak akan menambah banyak bonus yang investor terima.

waralaba, bisnis ternak ayam, ide usaha, bisnis waralaba, wirausaha

Menurut Sasa, staf pemasaran IFI, bonus yang didapat investor dari jaringan bervariasi. Untuk jaringan level pertama, bonus yang diterima sebesar dari 5% biaya investasi anggota perkumpulan usaha ternak ayam ini. Untuk level dua sebesar 2% dan level selanjutnya sebesar 1%.

Bila dilihat dari apa yang disampaikan diatas, maka dapat dikatakan tawaran IFI ini adalah murni MLM. Waralaba seharusnya memberikan kebebasan mitra usaha untuk mengelola usaha yang diwaralabakan. Tentunya, pengelolaan ini harus sesuai dengan SOP yang ditentukan pewaralaba. Dan, keuntungan yang didapat mitra sesuai dengan seberapa keras investor menjalankan usaha tersebut.

Selain itu, menurut staf pemasaran Sasa, IFI bukanlah pemilik usaha ternak ayam tersebut. IFI hanya bertindak sebagai penyedia fasilitas pendanaan usaha tersebut.

Menurut Ade Meirizal Zulkarnain, Ketua Umum Himpunan Peternak Unggas Lokal Indonesia (Himpuli), bisnis ternak merupakan bisnis yang sensitif. Hal ini dikarenakan produk yang diolah disini adalah makhluk hidup. Jadi membutuhkan perawatan dan perhatian yang lebih.

Selain itu, harga hasil dari ternak ayam juga sangat berfluktuasi saat ini. Jadi, bila IFI menawarkan akan ada keuntungan setiap hari, maka Anda harus mempertanyakan hal itu.

Legalitas usaha harus juga diperhatikan disini. Hal ini sangat penting bila ada salah satu ayam yang mati. Maka, harus ada aturan dan perjanjian yang jelas bila hal ini terjadi yang mengatur tanggung jawab pusat terhadap investor.

Dapat disimpulkan, bila Anda ingin mencoba bisnis waralaba, khususnya ternak ayam maka Anda harus mempersiapkannya sama dengan usaha lainnya. Perhatikan reputasi perusahaan pusat, lihat apakah ada aliran keuntungan yang stabil dan cermati apa pusat dapat meraih balik modal sesuai target mereka. Dengan cara ini, maka Anda akan dapat memilih tawaran waralaba yang terbaik.

waralaba, bisnis ternak ayam, ide usaha, bisnis waralaba, wirausaha

BACA JUGA:

Angkringan Pak Camat, Waralaba Lokal Keuntungan Menggiurkan

Meraup Omzet Puluhan Juta Rupiah dari Bisnis Warnet

Similar Articles

Pedasnya Laba Usaha Kuliner Mie Rampok

Pedasnya Laba Usaha Kuliner Mie Rampok 0

Saat ini tawaran kemitraan mi kian menjamur. Salah satu pelaku usaha yang cukup gencar menawarkan

Usaha Kuliner Waralaba Unik

Usaha Kuliner Waralaba Unik 0

Usaha kuliner selalu dapat menjadi pilihan utama, bagi Anda yang ingin mencoba merintis atau menjalankan usaha

Menimbang Peluang Usaha Kemitraan Siomay

Menimbang Peluang Usaha Kemitraan Siomay 0

Camilan siomay walaupun sudah alam ada di dalam negeri, tetapi tawarannya masih tetap saja bermunculan.

Segarnya Peluang Usaha Kemitraan Ice Blend

Segarnya Peluang Usaha Kemitraan Ice Blend 0

Memang peluang usaha minuman dingin selalu menyegarkan. Ice blend merupakan salah satu jenis minuman dingin yang sudah

Gurihnya Peluang Usaha Kuliner Bakso Pedas

Gurihnya Peluang Usaha Kuliner Bakso Pedas 0

Bakso telah menjadi makanan yang sangat populer di Indonesia. Walaupun persaingan usaha kuliner sudah sangat sengit, tetapi

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *