Teropong Bisnis | Homepage
Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Mulai Bisnis Franchise

Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Mulai Bisnis Franchise

0 Comments 🕔15.Apr 2016

Model bisnis waralaba atau yang lebih populer dikenal dengan bisnis franchise merupakan salah satu model usaha yang cukup diminati sejak dulu. Keuntungan memakai model bisnis tersebut adalah pelaku usaha tidak perlu repot – repot membuat sendiri sistem bisnisnya karena telah disediakan oleh pihak pemilik franchise.

Tidak hanya itu saja, Anda juga tak perlu repot – repot mengurus bidang pemasaran karena biasanya dilakukan sendiri dari tim pemilik franchise. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa franchise termasuk model bisnis yang banyak diminati.

Tetapi sebelum Anda terjun di dalamnya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Walaupun Anda mengaku sudah tertarik dengan franchise tertentu, tidak berarti Anda dapat langsung mencairkan uang tabungan begitu saja untuk membeli lisensi franchise apa saja yang Anda sukai.

Setidaknya ada 5 hal yang perlu Anda pertimbangkan lebih dulu sebelum mulai usaha franchise. Berikut ini adalah ulasan lengkapnya.

Mengenali Potensi Pasar

Sebelum Anda memulai sebuah bisnis, sangat penting untuk mengetahui bagaimana peluang pasar dari franchise yang akan dibeli. Jangan sampai franchise yang telah dibeli menjadi rugi karena potensi pasar ternyata tidak sama dengan apa yang menjadi target pasar franchise tersebut.

Mengumpulkan Berbagai Data Pendukung Untuk Mendapatkan Franchise yang Tepat

Daripada Anda hanya asal pilih suatu merek franchise karena kebetulan Anda mengingatnya, cobalah untuk meluangkan waktu melakukan riset bisnis franchise mencakup apa saja yang bagus dan dikenali oleh segmen pasar Anda. Terdapat banyak hasil data riset tentang franchise yang banyak dijumpai di internet.

Memperhatikan Gaya Kepemimpinan Pemilik Franchise dan Manajemen

Ketika Anda bertemu dan melakukan negosiasi dengan pemilik atau tim manajemen pemilik untuk franchise yang besar, cobalah mengenal gaya kepemimpinan dan bagaimana ia menggunakan sistem bisnisnya. Sebagai pembeli franchise, Anda nanti perlu mengikuti sistem bisnis yang digunakan oleh pemilik dan tim manajemen franchise.

Bila Anda merasa ada yang aneh atau tak sesuai dengan keinginan, maka pertimbangkan lagi apakah Anda masih akan tetap mengikuti franchise itu atau tidak sebelum akhirnya mengeluarkan uang untuk membelinya.

Memeriksa Reputasi Franchise yang Akan Dibeli

Riset lainnya yang wajib Anda lakukan untuk usaha franchise yang hendak dibeli adalah mengenai reputasi. Tidak sama dengan bisnis yang dibangun sendiri, usaha franchise sangat dipengaruhi oleh reputasi yang telah melekat sebelumnya. Bila ditemukan banyak keluhan dari pelanggan mengenai franchise tersebut sebaiknya Anda mempertimbangkan lagi apakah hendak membeli franchise itu atau tidak.

Fokus Pada Tingkat Pengembalian

Salah satu alasan kegagalan bisnis franchise adalah para pelaku usaha franchise biasanya hanya fokus pada omzet, bukan tingkat pengembalian bisnis. Bila usaha franchise memberikan omzet Rp 20 juta per bulan tetapi tingkat balik modal sampai 10 tahun sementara itu usaha franchise lainnya menawarkan omzet 10 juta per bulan tetapi tingkat balik modal hanya dalam 2 tahun, tentu saja franchise dengan waktu balik modal cepat merupakan pilihan yang lebih bijak.

Mulai Bisnis Franchise

Similar Articles

Pedasnya Laba Usaha Kuliner Mie Rampok

Pedasnya Laba Usaha Kuliner Mie Rampok 0

Saat ini tawaran kemitraan mi kian menjamur. Salah satu pelaku usaha yang cukup gencar menawarkan

Usaha Kuliner Waralaba Unik

Usaha Kuliner Waralaba Unik 0

Usaha kuliner selalu dapat menjadi pilihan utama, bagi Anda yang ingin mencoba merintis atau menjalankan usaha

Menimbang Peluang Usaha Kemitraan Siomay

Menimbang Peluang Usaha Kemitraan Siomay 0

Camilan siomay walaupun sudah alam ada di dalam negeri, tetapi tawarannya masih tetap saja bermunculan.

Segarnya Peluang Usaha Kemitraan Ice Blend

Segarnya Peluang Usaha Kemitraan Ice Blend 0

Memang peluang usaha minuman dingin selalu menyegarkan. Ice blend merupakan salah satu jenis minuman dingin yang sudah

Gurihnya Peluang Usaha Kuliner Bakso Pedas

Gurihnya Peluang Usaha Kuliner Bakso Pedas 0

Bakso telah menjadi makanan yang sangat populer di Indonesia. Walaupun persaingan usaha kuliner sudah sangat sengit, tetapi

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *