Teropong Bisnis | Homepage
Menimbang Peluang Usaha Kemitraan Siomay

Menimbang Peluang Usaha Kemitraan Siomay

0 Comments 🕔24.Apr 2016

Camilan siomay walaupun sudah alam ada di dalam negeri, tetapi tawarannya masih tetap saja bermunculan. Salah satu tawaran siomay yang terbaru adalah Chikho Siomay dari Jakarta. Didirikan sejak awal tahun 2015 kemarin, brand siomay ini sudah membuka peluang usaha kemitraan sejak bulan Maret 2016.

Karena masih tergolong baru dalam menawarkan kemitraan, sekarang ini belum ada mitra yang ikut bergabung. “Bulan depan rencananya gerai milik mitra akan dibuka di Jakarta Utara, di Mall Bay Walk, Pluit,” tutur pemilik usaha Chikho Siomay, Ferick Rusli.

Sementara itu pusat masih belum mempunyai gerai sendiri. Chikho Siomay selama ini memiliki sistem jualan dengan cara dari bazar ke bazar yang digelar di seputar Jakarta. Walaupun demikian, tempat produksi Chikho Siomay dipusatkan di Jakarta Barat. “Memang kami lebih fokus untuk memproduksi siomay saja, sedangkan untuk penjualan difokuskan kepada mitra,” tutur Ferick.

Cikho Siomay menawarkan satu paket investasi yang dibanderol dengan nilai sebesar Rp 15 juta. Dengan nilai investasi tersebut, mitra dapat memperoleh booth berukuran 150 cm 70 cm, perlengkapan usaha lengkap seperti kompor listrik, freezer, media promosi (stiker dan banner), 4 buah seragam karyawan, kemasan, dan juga bahan baku awal 50 siomay.

Kontrak kerjasama peluang usaha ini akan berlangsung selama 1 tahun. Selebihnya Cikho Siomay akan memberikan perpanjangan kontrak senilai Rp 10 juta per 2 tahun. MItra tidak akan dikenakan biaya royalty. Mitra hanya wajib untuk membeli semua bahan baku dari pusat setiap bulannya termasuk kemasan produk.

Chikho Siomay sendiri menawarkan menu siomay ayam dan udang dengan 4 varian yaitu siomay original, siomay kembang tahu, tahu siomay, dan siomay telur. Untuk harga jualnya, siomay tersebut dipatok dengan harga Rp 8 ribu per buah. “Tetapi kalau kami menjual ke mitra harganya Rp 6 ribu per buah,” tutur Ferick.

Perkiraan omzet rata – rata dari peluang usaha siomay ini adalah Rp 32 juta per bulan. Mitra ditargetkan dapat menjual 1000 buah siomay per minggu. Omzet tersebut setelah dikurangi dengan biaya sewa tempat, pembelian bahan baku, gaji karyawan, dan biaya operasional yang lain, mitra masih dapat memperoleh laba bersih sekitar 30% – 40$ dari total pemasukan.

Segmen pasar utama dari Chikho Siomay ini adalah para pengunjung di mall. Tetapi tidak menutup kemungkinan bila mitra ingin membuka gerai siomay di luar mall misalnya di foodcourt atau bisa juga menyewa tempat di dekat swalayan.

Terkait target penambahan mitra untuk tahun 2016 ini, Ferick mengatakan bahwa dirinya berencana mendapatkan minimal 7 sampai 8 mitra baru hingga akhir tahun ini. Berminat menjadi mitra Chikho Siomay? Cermati lebih dulu penawarannya.

Jangan hanya tergiur dengan target omzet bulanan peluang usaha ini tetapi bagaimana reaksi pasar terhadap produk ini. Apalagi usaha ini juga masih tergolong baru dirintis dan sudah banyak jenis usaha yang menawarkan produk serupa.

Peluang Usaha

Similar Articles

Pedasnya Laba Usaha Kuliner Mie Rampok

Pedasnya Laba Usaha Kuliner Mie Rampok 0

Saat ini tawaran kemitraan mi kian menjamur. Salah satu pelaku usaha yang cukup gencar menawarkan

Usaha Kuliner Waralaba Unik

Usaha Kuliner Waralaba Unik 0

Usaha kuliner selalu dapat menjadi pilihan utama, bagi Anda yang ingin mencoba merintis atau menjalankan usaha

Segarnya Peluang Usaha Kemitraan Ice Blend

Segarnya Peluang Usaha Kemitraan Ice Blend 0

Memang peluang usaha minuman dingin selalu menyegarkan. Ice blend merupakan salah satu jenis minuman dingin yang sudah

Gurihnya Peluang Usaha Kuliner Bakso Pedas

Gurihnya Peluang Usaha Kuliner Bakso Pedas 0

Bakso telah menjadi makanan yang sangat populer di Indonesia. Walaupun persaingan usaha kuliner sudah sangat sengit, tetapi

Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Mulai Bisnis Franchise

Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Mulai Bisnis Franchise 0

Model bisnis waralaba atau yang lebih populer dikenal dengan bisnis franchise merupakan salah satu model usaha yang

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *