Teropong Bisnis | Homepage
Bisnis Soto Semarang Siap Dijajal

Bisnis Soto Semarang Siap Dijajal

0 Comments 🕔15.Apr 2014

Soto adalah salah satu makanan tradisional asal Indonesia yang sangat populer. Rasa gurihnya membuat makanan ini cocok untuk siapa saja dan kapan saja. Kondisi ini dapat dikatakan sebagai peluang bisnis yang menjanjikan. Selain populer, usaha kuliner juga tidak akan pernah mati.

Hal diatas dimanfaatkan oleh Slamet Riyanto, dengan membuka kedai soto. Dia namakan Soto Semarang Pak Slamet Ragil. Usaha ini adalah usaha keluarganya yang sudah dirintis sejak tahun 1950-an. Dia memberi nama baru dan menjalankannya sejak tahun 2007 yang lalu.

Selain nama baru, Slamet juga membuat inovasi baru atas usaha soto Semarang ini. Dia menawarkan kesempatan kemitraan. Sejak ditawarkan kesempatan kemitraan ini, banyak orang yang tertarik. Hal ini terbukti dari banyaknya gerai Soto Semarang Pak Slamet Ragil yang dapat ditemukan di berbagai kota.

Total cabang usaha milik Slamet ini mencapai 49 gerai. Dari semua gerai tersebut hanya satu gerai yang dimiliki oleh pusat. Sedangkan sisanya dimiliki oleh mitra. Gerai-gerai tersebut tersebar di kota-kota seperti Semarang, Yogyakarta, Salatiga, Jakarta, Bekasi dan Jambi.

waralaba, ide bisnis, bisnis kuliner, soto semarang, soto pak slamet ragil

Slamet mewajibkan mitranya untuk mengikuti pelatihan masak. Pelatihan ini dilakukan selama 7 – 10 hari di Magelang. Pelatihan ini diadakan sebelum mitra menjalankan usaha mereka.

Paket kemitraan yang ditawarkan ada dua macam. Yang pertama adalah untuk mitra yang berada di Pulau Jawa, dengan investasi sebesar RP. 4 juta. Sedangkan yang kedua, untuk mitra di luar Jawa, dengan investasi sebesar Rp. 5 juta.

Dari paket kemitraan ini, mitra hanya akan mendapatkan pelatihan diatas. Bahan baku, peralatan masak, perlengkapan gerai dan lokasi semuanya disediakan sendiri oleh mitra. Mitra juga mendapatkan kontrak penggunaan merek ini seumur hidup.

Mitra juga tidak dipungut royalti, tetapi masih ada pengawasan selama 3 hari pertama saat mitra mulai menjalankan usaha ini. Hal ini dilakukan untuk mempertahankan kualitas dan operasional.

Hanya saja Slamet mewajibkan mitra menggunakan mangkuk khas soto Semarang. Bila mitra kesulitan mendapatkan mangkuk ini, Slamet dapat membantu. Biaya yang perlu disediakan sekitar Rp. 1,5 juta untuk mendapatkan mangkuk ini.

Menu yang disediakan sangat khas, yaitu Soto Ayam Semarang, Ketupat Tahu Magelang, Tahu Gimbal dan Es Dawet Hitam. Harga jual pusat adalah Rp. 4.000-Rp. 6.000 per porsi. Tetapi mitra dapat menyesuaikan harga sesuai harga standar di kota masing-masing.

Omzet yang didapat dapat mencapai Rp. 15 juta per bulan. Keuntungan bersih setelah pendapatan dipotong untuk berbagai pengeluaran mencapai Rp. 2 juta. Jadi, target balik modal usaha ini adalah 3 bulan.

Usaha ini sangat menarik untuk dicoba. Apalagi soto merupakan makanan favorit banyak orang. Akan tetapi, pastikan Anda meneliti dulu usaha pusat soto Semarang ini. Pastikan usaha mereka berjalan baik, target balik modal tercapai dan aliran keuntungan lancar.

waralaba, ide bisnis, bisnis kuliner, soto semarang, soto pak slamet ragil

BACA JUGA:

Bisnis Bengkel Sepeda Motor Sistem Waralaba

Peluang Segar dari Usaha Es Teler Bernuansa Alam

Similar Articles

Pedasnya Laba Usaha Kuliner Mie Rampok

Pedasnya Laba Usaha Kuliner Mie Rampok 0

Saat ini tawaran kemitraan mi kian menjamur. Salah satu pelaku usaha yang cukup gencar menawarkan

Usaha Kuliner Waralaba Unik

Usaha Kuliner Waralaba Unik 0

Usaha kuliner selalu dapat menjadi pilihan utama, bagi Anda yang ingin mencoba merintis atau menjalankan usaha

Menimbang Peluang Usaha Kemitraan Siomay

Menimbang Peluang Usaha Kemitraan Siomay 0

Camilan siomay walaupun sudah alam ada di dalam negeri, tetapi tawarannya masih tetap saja bermunculan.

Segarnya Peluang Usaha Kemitraan Ice Blend

Segarnya Peluang Usaha Kemitraan Ice Blend 0

Memang peluang usaha minuman dingin selalu menyegarkan. Ice blend merupakan salah satu jenis minuman dingin yang sudah

Gurihnya Peluang Usaha Kuliner Bakso Pedas

Gurihnya Peluang Usaha Kuliner Bakso Pedas 0

Bakso telah menjadi makanan yang sangat populer di Indonesia. Walaupun persaingan usaha kuliner sudah sangat sengit, tetapi

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *