Teropong Bisnis | Homepage
7 Rahasia Memilih Waralaba Kuliner Tradisional Yang Pasti Sukses di Masa Mendatang

7 Rahasia Memilih Waralaba Kuliner Tradisional Yang Pasti Sukses di Masa Mendatang

0 Comments 🕔07.Dec 2013

Indonesia adalah negara yang tidak hanya kaya akan budaya, tetapi juga kaya akan kuliner tradisional. Anda akan mudah menjumpai banyak warung yang menyajikan makanan-makanan ini. Bahkan, sebagian besar warung tersebut mempunyai nama dan pemilik yang sama. Memang, bisnis waralaba sat ini sudah menyebar sampai di dunia kuliner tradisional Indonesia.

Menurut Fauziah Arsiyanti, SE, MM, Dip. IFP., advisor lembaga keuangan First Principal Financial Singapura, banyaknya usaha kuliner berbentuk waralaba ini dikarenakan masyarakat ingin cepat memulai usahanya. Seperti yang kita tahu, dengan bisnis waralaba, kita tidak usah memulai usaha dari nol.

Dulu memang ada bisnis berbentuk waralaba. Tetapi, kebanyakan berasal dari bisnis dari luar negeri dan harganya mahal. Jadi, belum berkembang seperti saat ini.

Bisnis jenis ini sangat menjanjikan. Jadi, bila Anda ingin mencoba waralaba kuliner tradisional, ada beberapa poin yang perlu Anda ingat dalam memilih waralaba kuliner.

1. Hasrat

Anda harus bersemangat dan menyukai bidang ini. Jadi, meskipun ada masalah, Anda tidak akan menyerah dan tetap menjalankan usaha ini seperti seharusnya.

2. Pihak Waralaba

Teliti pihak penjual waralaba terlebih dahulu. Bandingkan dengan waralaba lain yang berjenis sama. Anda juga dapat memeriksa waralaba yang Anda beli di lembaga waralaba di Indonesia. Bila terdaftar, dapat dikatakan waralaba yang akan Anda beli bagus dan tepat.

Papeda, Kuah Kuning, Ikan Tude Bakar 1

3. Hak Cipta

Periksa juga hak cipta usaha waralaba itu. Pastikan mereka mempunyai hak paten yang legal.

4. Opini Mitra Yang Lain

Selanjutnya, tanyakan juga pada orang yang telah mengggunakan waralaba yang ingin Anda beli. Jadikan opini mereka sebagai masukan untuk memilih waralaba. Setelah itu, Anda hanya perlu membuat kesepakatan dengan pihak penjual waralaba.

5. Waralaba Yang Kuat

Bila Anda tidak ingin repot menjalankan dan mengembangkan usaha waralaba kuliner tradisional Anda, maka Anda dapat memilih paket waralaba dari usaha yang sudah kuat. Pilih usaha waralaba yang berjalan setidaknya 5 tahun, memiliki sistem usaha yang kuat, modal besar dan teruji menghadapi masalah bisnis.

6. Kondisi Keuangan

Pastikan juga kondisi keuangan mereka stabil dan bagus. Sewa jasa profesional akuntan publik atau pakar keuangan bila diperlukan untuk memeriksa keuangan usaha waralaba yang akan Anda beli.

7. Pembayaran Modal

Bila ada waralaba yang menarik pembayaran modal di muka, maka Anda harus waspada. Bisa jadi, kondisi keuangan waralaba ini tidak bagus dan mencari dana tambahan untuk memperbaiki kondisi tersebut. Atau, yang lebih parah, mereka hanya menipu dan setelah menerima uang modal Anda, mereka kabur entah kemana.

Yang paling aman, cari waralaba yang tidak hanya terdaftar secara resmi, tetapi juga menyediakan pilihan pembayaran modal yang fleksibel. Jadi, bila Anda masih belum mempunyai modal cukup untuk membeli waralaba kuliner tradisional, maka Anda dapat membayarnya secara bertahap.

 

Similar Articles

Pedasnya Laba Usaha Kuliner Mie Rampok

Pedasnya Laba Usaha Kuliner Mie Rampok 0

Saat ini tawaran kemitraan mi kian menjamur. Salah satu pelaku usaha yang cukup gencar menawarkan

Usaha Kuliner Waralaba Unik

Usaha Kuliner Waralaba Unik 0

Usaha kuliner selalu dapat menjadi pilihan utama, bagi Anda yang ingin mencoba merintis atau menjalankan usaha

Menimbang Peluang Usaha Kemitraan Siomay

Menimbang Peluang Usaha Kemitraan Siomay 0

Camilan siomay walaupun sudah alam ada di dalam negeri, tetapi tawarannya masih tetap saja bermunculan.

Segarnya Peluang Usaha Kemitraan Ice Blend

Segarnya Peluang Usaha Kemitraan Ice Blend 0

Memang peluang usaha minuman dingin selalu menyegarkan. Ice blend merupakan salah satu jenis minuman dingin yang sudah

Gurihnya Peluang Usaha Kuliner Bakso Pedas

Gurihnya Peluang Usaha Kuliner Bakso Pedas 0

Bakso telah menjadi makanan yang sangat populer di Indonesia. Walaupun persaingan usaha kuliner sudah sangat sengit, tetapi

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *