Teropong Bisnis | Homepage
6 Tips Jitu Lancar Memulai Bisnis Warlaba

6 Tips Jitu Lancar Memulai Bisnis Warlaba

0 Comments 🕔24.Jun 2014

Bisnis waralaba dikatakan sebagai cara terbaik memulai bisnis. Anda tidak perlu bersusah payah memulai semuanya dari nol. Hanya menyediakan modal dan mengelolanya dengan baik, Anda sudah dapat meraup keuntungan.

Bentuk bisnis ini juga bermacam-macam. Yang terbaru adalah Business Opportunity atau BO. Tetapi, konsep bisnis ini pada dasarnya sama dengan bisnis waralaba.

Bila Anda tertarik untuk memulai bisnis ini, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Utomo Njoto, Konsultan Bisnis FT Consulting memberikan beberapa tips untuk memulai bisnis waralaba.

Modal

Anda harus memiliki modal untuk bisnis waralaba. Hal ini sangat wajar, modal akan Anda gunakan untuk membeli paket waralaba dan hak untuk berbisnis dengan merek tersebut.

Tujuan

Menurut Utomo, Tujuan adalah yang terpenting. Anda harus menentukan tujuan berbisnis, seperti ingin mendapatkan penghasilan Rp. 20 juta per bulan dan sebagainya. Dengan menentukan tujuan ini, Anda akan dapat menemukan jenis bisnis yang tepat untuk meraih tujuan Anda.

Batasan Dana

Setelah tujuan, Anda juga harus menentukan batasan dana yang akan Anda gunakan. Jadi, bila merugi, dana untuk kebutuhan sehari-hari Anda tidak akan hilang. Tentukan pula peran Anda dalam bisnis waralaba yang akan Anda beli. Apakah Anda ingin aktif mengelolanya atau hanya sebagai investor?

Bisnis waralaba memang mudah digunakan untuk memulai bisnis. Namun, bukan berarti bisnis ini tidak mempunyai resiko. Anda harus mempersiapkan hal ini dengan membuat rencana cadangan untuk dana yang Anda investasikan untuk 12 bulan ke depan.

Man Putting out Open Sign

Jenis Bisnis Waralaba

Setelah itu, pilih jenis bisnis waralaba. Anda cari bisnis waralaba yang benar-benar Anda sukai. Pilih jenis dimana Anda mempunyai passion di dalamnya. Hal ini akan mempermudah Anda mengelola bisnis ini dan mengembangkannya.

Teliti Lebih Lanjut

Bila Anda sudah mendapatkan jenis bisnis yang Anda sukai, Anda perlu meneliti lebih lanjut bisnis yang menawarkan waralaba ini. Ketahui sejarah perusahaan, sistem mereka, kondisi keuangan dan juga perjanjian waralaba yang mereka keluarkan. Anda juga perlu mengunjungi tempat usaha mereka dan mencari tahu mengenai pemilik perusahaan tersebut dan tim di belakangnya.

Yang paling penting, pelajari ketentuan yang mereka berlakukan, bila Anda ingin keluar dari kerjasama ini. Hal ini diperlukan, bila Anda ingin menutup usaha Anda karena merugi.

Lokasi

Bila Anda sudah menemukan bisnis waralaba yang tepat untuk Anda, selanjutnya Anda perlu mencari lokasi terbaik. Bukan hanya strategis dan dekat dengan pelanggan, pastikan lokasi ini dekat dengan tempat tinggal Anda. Hal ini dibutuhkan agar Anda lebih mudah mengawasinya. Dan, hitung pula biaya transportasi, baik untuk Anda mencapai lokasi tersebut atau untuk mengangkut bahan baku.

Dengan 6 tips diatas, Anda dapat memulai bisnis waralaba dengan lancar. Dan, yang tidak kalah penting, usahakan Anda dapat balik modal dalam 24 bulan. Hal ini untuk menjaga keseimbangan keuangan Anda.

Franchise

BACA JUGA:

Kebiasaan yang Menjadikan Anda Pebisnis Sukses

Langkah Mudah Membangun Bisnis Pusat Kewirausahaan

Similar Articles

Pedasnya Laba Usaha Kuliner Mie Rampok

Pedasnya Laba Usaha Kuliner Mie Rampok 0

Saat ini tawaran kemitraan mi kian menjamur. Salah satu pelaku usaha yang cukup gencar menawarkan

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah 0

Salah satu roda penggerak perekonomian sebuah negara adalah Usaha Kecil Menengah (UKM). Bila UKM di

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir 0

Berlakunya MEA sebentar lagi mendatangkan peluang besar untuk para pelaku usaha dalam negeri untuk mengembangkan

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat 0

Iklan dan promosi merupakan hal yang dibutuhkan untuk membuat bisnis Anda maju. Namun, seringkali pelaku

Usaha Kuliner Waralaba Unik

Usaha Kuliner Waralaba Unik 0

Usaha kuliner selalu dapat menjadi pilihan utama, bagi Anda yang ingin mencoba merintis atau menjalankan usaha

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *