Teropong Bisnis | Homepage
Usaha Pembibitan Gurame Ternyata Sangat Menjanjikan

Usaha Pembibitan Gurame Ternyata Sangat Menjanjikan

0 Comments 🕔18.Oct 2013

Mungkin Anda sudah biasa menyantap hidangan dengan bahan dasar ikan gurame. Tapi, pernahkah terpikir oleh Anda untuk menggeluti usaha pembibitan gurame? Ternyata usaha ini tidak bisa dipandang sebelah mata. Buktinya beberapa petani gurame di kota Madiun kebanyakan sudah mapan dan makmur hanya dari usaha ini saja.

Contohnya, ada Pak Sjamsi yang jeli melihat peluang ini. Hingga saat ini, ikan gurame sangat diminati khususnya untuk hotel-hotel dan restoran. Bahkan menu dengan ikan gurame adalah menu wajib di bisnis kuliner dan penginapan tersebut. Melihat besarnya anomi konsumen, sangat wajar bila usaha pembibitan gurame mampu menghasilkan omzet yang fantastis.

Ada beberapa keunggulan ikan gurame atau ikan dengan nama ilmiah Osphronemus Goramy jika dibandingkan dengan ikan air tawar yang lainnya. Ikan gurame mampu hidup di sembarang tempat bahkan air keruh atau kotor sekalipun. Trik yang dilakukan oleh Sjamsi agak berbeda dengan masyarakat pada umumnya. Saat ini, petani gurame ini memilih untuk menyediakan bibit ikan gurame Jepang dengan kualitas terbaik. Ide berbeda ini dipilih Sjamsi setelah melihat kawan-kawannya yang mengeluh kesulitan untuk mencari bibit ikan.

Karena sangat sulit akhirnya para petani lebih sering membeli bibit ikan dari luar daerah seperti Purwokerto, Blitar atau bahkan Yogyakarta. Peluang inilah yang dilirik oleh Sjamsi yang akhirnya berbuah manis. Ia menjual bibit anakan gurame Jepang siap tabur. Selain menguntungkan, setidaknya ia juga bisa membantu rekan-rekannya sesama petani ikan untuk mendapatkan bibit gurame dengan mudah dan cepat.

Ikan gurame Jepang dipilih karena daya tahan tubuhnya yang lebih kuat. Tingkat keberhasilan menetas untuk telur-telur gurame bisa mencapai 80%. Ia hanya menggunakan bibit gurame Jepang terbaik dengan cara membeli telur siap tetas. Bibit terbaik tersebut bisa diperoleh dari indukan gurame yang sudah berusia antara 2 hingga 4 tahun.

Telur-telur yang bagus kualitasnya biasanya berasal dari daerah Purwokerto dan Banyumas. Sebagai informasi tambahan, usaha pembibitan gurame ini sangat menguntungkan. Masa panen ikan ini sangat singkat yaitu sekitar 2 hingga 3 bulan saja untuk siap jual. Anakan gurame yang berusia 2 bulan saja sudah dihargai sekitar Rp. 500 hingga Rp. 1000 per ekornya.

Harap perhatikan perbandingan luas kolam dan jumlah ikan atau anakan yang akan diternakan. Idealnya, 1m2 diisi dengan calon anakan gurame sebanyak 150 ekor. Memang, tidak masalah jika memberikan lebih dari 150 ekor tapi nantinya kualitas anakan gurame cenderung menurun dan berukuran lebih kecil. Berikan makanan berupa cacing sutera halus atau cacing lur pada saat anakan berusia 2 minggu.

Jika sudah mencapai usia 1 bulan ganti pakannya dengan pelet. Perubahan musim atau pancaroba menjadi kendala terberat usaha ini. Untuk mengurangi dampak tersebut air dapat di campur dengan probiotik dan bahan jamu seperti kuning telur, kunyit, jahe merah serta EM4. Selamat mencoba usaha ini dan rasakan keuntungan dari usaha ikan gurame ini.

Similar Articles

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho!

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho! 0

Nama TIKI pasti ngga akan begitu asing lagi ya di telinga kita semua, tentu aja

3 Inspirasi untuk Usaha Kuliner Pelapis Lezat Roti dan Kawan-Kawannya

3 Inspirasi untuk Usaha Kuliner Pelapis Lezat Roti dan Kawan-Kawannya 0

Usaha kuliner saat ini mulai bergeser ke arah kuliner sehat. Hal ini juga mempengaruhi proses produksi

3 Hal Ini Berpengaruh Pada Peluang Bisnis Homestay Anda untuk Sukses

3 Hal Ini Berpengaruh Pada Peluang Bisnis Homestay Anda untuk Sukses 0

Peluang bisnis homestay atau guest house, dimana Anda menyewakan rumah atau salah satu ruangan di rumah

3 Jurus Meraup Untung Besar dari Bisnis Pie

3 Jurus Meraup Untung Besar dari Bisnis Pie 0

Pie mungkin bukan hidangan asli Indonesia. Tetapi, produk kuliner ini menjadi salah satu makanan favorit

Peluang Usaha Baju Cheongsam Raup Banyak Untung Menjelang Imlek

Peluang Usaha Baju Cheongsam Raup Banyak Untung Menjelang Imlek 0

Muftika Hidayat lima tahun lalu mulai mencoba – coba melirik peluang usaha memproduksi Cheongsam, baju

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *