Teropong Bisnis | Homepage
Ukuran Kecil, Tetapi Untung Besar Dari Telur Puyuh

Ukuran Kecil, Tetapi Untung Besar Dari Telur Puyuh

0 Comments 🕔26.Jan 2014

Telur puyuh menjadi salah satu peluang usaha menjanjikan saat ini. Bayangkan saja, satu peternak dapat menerima pesangan hingga 8.000 telur per harinya. Selain itu, ada juga pesanan untuk bibit dan daging burung puyuh. Omzet yang didapat diperkirakan bisa mencapai Rp. 10 juta per bulan.

Soediyono Soediro, peternak burung puyuh asal Sukabumi, Jawa Barat merasakan hal tersebut. Dia bahkan tidak pernah mempunyai stok telur puyuh karena pesanan yang datang.

Peternakan bernama Campur Sari Farm ini sudah berjalan 10 tahun. Kini, peternakan Soediyono ini mempunyai 2.500 burung puyuh dengan produktivitas sekitar 80% atau 2.000 butir telur puyuh setiap harinya.

Soediyono lebih banyak menjual ke pedagang eceran daripada pedagang grosir. Hal ini dikarenakan lebih mudah dalam proses transaksi.

Meskipun sudah berjalan 10 tahun, Soediyono belum dapat mengembangkan usahanya dengan maksimal. Hal ini disebabkan adanya masalah modal. Akan tetapi, hasil yang didapat dari usahanya ini cukup menggiurkan.

Soediyono memasang harga Rp. 220 per butir untuk telur puyuh matang. Harga ini disesuaikan dengan kualitas telur puyuh yang baik dan ukurannya yang besar. Karena ini pula, satu kilogram telur puyuh produksinya hanya berisi sekitar 90 butir telur. Harga ini dibilang cukup stabil dan bila ada kenaikan, itu hanya menyesuaikan harga pakan.

telur puyuh, usaha, bisnis, burung puyuh

Untuk pakan, Soediyono mengaku memerlukan 20 gram pakan untuk tiap ekor burung puyuh atau 1,5 ton pakan per bulannya. Uang yang harus dia keluarkan sebesar RP. 675.000 dengan perhitungan harga pakan per kilogramnya seharga Rp. 450.

Soediyono juga menjual bibit dan daging burung puyuh. Untuk bibit, Soediyono hanya menjual burung puyuh berusia 1 bulan dengan harga Rp. 9.500 per ekor. Hal ini disebabkan, kebanyakan pembeli bibit adalah peternak pemula. Dan, mereka akan kesulitan merawat burung puyuh berusia 1 hari, sehingga peluang mati lebih besar.

Untuk daging, Soediyono menjual burung puyuh jantan, betina afkir atau yang sudah tidak produktif lagi. Biasanya, Soediyono hanya menjual 500 ekor per bulannya.

Selain Soediyono, ada juga Hadi Santoso dari Jombang Jawa Timur. Rata-rata, dia mendapatkan pesanan telur puyuh sebanyak 3.000 butir bahkan dapat mencapai 8.000 butir. Pesanan ini datang dari pedagang telur dan konsumen rumah tangga. Untuk memenuhi pesanan ini, Hadi sering membeli telur dari peternak lain, karena 1.000 ekor burung puyuh miliknya tidak dapat mencapai produktivitas yang menghasilkan telur sebanyak itu.

Hadi memulai usahanya ini sejak 1997, saat dia berusia 19 tahun dan dengan modal Rp. 2 juta. Kini dia memasang harga Rp. 170 per butirdengan pendapatan minimal Rp. 10 juta per bulan.

Menurut Hadi, lokasi yang nyaman untuk burung puyuh dan peternak adalah kunci sukses bila Anda ingin mencoba usaha telur puyuh ini. Tingkat produktivitas akan naik, dan Anda akan mendapatkan hasil terbaik.

telur puyuh, usaha, bisnis, burung puyuh

BACA JUGA:

Peluang Budidaya Murai Medan Semerdu Kicauannya

Gurihnya Peluang Bisnis Ikan Asin

Similar Articles

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho!

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho! 0

Nama TIKI pasti ngga akan begitu asing lagi ya di telinga kita semua, tentu aja

3 Inspirasi untuk Usaha Kuliner Pelapis Lezat Roti dan Kawan-Kawannya

3 Inspirasi untuk Usaha Kuliner Pelapis Lezat Roti dan Kawan-Kawannya 0

Usaha kuliner saat ini mulai bergeser ke arah kuliner sehat. Hal ini juga mempengaruhi proses produksi

3 Hal Ini Berpengaruh Pada Peluang Bisnis Homestay Anda untuk Sukses

3 Hal Ini Berpengaruh Pada Peluang Bisnis Homestay Anda untuk Sukses 0

Peluang bisnis homestay atau guest house, dimana Anda menyewakan rumah atau salah satu ruangan di rumah

3 Jurus Meraup Untung Besar dari Bisnis Pie

3 Jurus Meraup Untung Besar dari Bisnis Pie 0

Pie mungkin bukan hidangan asli Indonesia. Tetapi, produk kuliner ini menjadi salah satu makanan favorit

Peluang Usaha Baju Cheongsam Raup Banyak Untung Menjelang Imlek

Peluang Usaha Baju Cheongsam Raup Banyak Untung Menjelang Imlek 0

Muftika Hidayat lima tahun lalu mulai mencoba – coba melirik peluang usaha memproduksi Cheongsam, baju

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *