Teropong Bisnis | Homepage
Si Telinga Panjang, Bisnis Menarik dan Menjanjikan

Si Telinga Panjang, Bisnis Menarik dan Menjanjikan

0 Comments 🕔15.Oct 2013

Siapa tidak tahu kelinci? Binatang dengan telinga panjang ini banyak digemari sebagai binatang peliharaan. Akan tetapi, si telinga panjang ini ternyata juga menjanjikan bila Anda mencoba membudidayakannya.

Hewan yang termasuk dalam famili Leporidae ini dapat diambil daging dan bulunya. Kelinci jenis Flame merupakan yang paling populer. Kelinci jenis ini biasanya dipelihara atau diambil dagingnya.

Menurut Handoko, peternak kelinci asal Madiun, kelinci jenis Flame adalah jenis kelinci terbesar. Bahkan, jenis ini diakui oleh Asosiasi Peternak Kelinci di Amerika. Nama Flame sendiri berasal dari kata Flemish yang artinya berukuran besar seperti jenis asalnya, yaitu kelinci Flander dari Inggris.

Selain ukuran yang besar dan bobot bisa mencapai 8-10 kg, kelinci Flame juga mempunyai ciri khusus lainnya. Seperti, telinganya yang berbentuk huruf V, tulang pinggul menonjol dan bulu yang pendek dan kasar.

Menurut Handoko, kelinci jenis Flame dipilih karena pertumbuhannya yang cepat. Dan, kelinci ini juga pintar. Kelinci jenis ini mampu mengerti dan mengingat panggilan yang diberikan kepadanya dan mengerti perintah pemiliknya.

Untuk membeli indukan kelinci Flame, harga yang harus anda bayar berkisar antara 350 ribu hingga 900 ribu. Harga ini juga dipengaruhi oleh usia, ukuran, berat badan dan warna. Karena ukurannya yang besar, banyak peternak memilih kelinci ini, selain untuk diambil dagingnya, juga untuk dijual kepada kalangan hobiest.

Handoko menyediakan berbagai macam bibit si telinga panjang ini. Ditempatnya, tersedia bibit kelinci Flame, New Zealand dan saat ini sedang mengembangbiakan kelinci Blasteran. Kelinci Blasteran didapat dari indukan Flame dan New Zealand.

Dan, ternyata, jenis Blasteran mampu berkembang biak dengan cepat. Dalam 4 bulan, sudah mencapai berat 2-3 kilo dan layak untuk dijual dan dikonsumsi.

Saat Dahlan Iskan menyampaikan untuk mengganti daging sapi dengan daging kelinci, Handoko sangat setuju. Daging kelinci memiliki kolesterol rendah dan protein yang sama dengan daging sapi. Selain itu, Handoko juga mengatakan bahwa usaha jenis ini belum dikerjakan secara serius. Sebenarnya, bila dikerjakan secara serius, usaha ini dapat meningkatkan perekonomian rakyat, tambah Handoko.

Menurut Handoko, bisnis ini sangat menguntungkan. Contohnya, satu kelinci betina bisa menghasilkan anakan kelinci minimal 8 ekor dalam 4 bulan. Jadi, bisa dibayangkan banyaknya keuntungan yang didapat, bila anda memiliki 10 ekor indukan dalam waktu 1 tahun.

Sedangkan kelinci berusia 4 bulan yang biasanya berbobot 2 kg sudah siap dipanen. Dan, harga 1 kg daging kelinci adalah 25 ribu. Jadi, keuntungan yang didapat juga banyak.

Bila Anda ingin memulai usaha ini, menurut Handoko, sediakan kandang dengan ukuran 80 x 60 x 70 cm dari bambu atau kayu. Pilih sistem kandang baterai dan pisahkan kandang kawin. Kandang juga harus tinggi agar si telinga panjang ini tidak mudah terserang penyakit yang berasal dari kotorannya yang jatuh ke atas tanah.

Similar Articles

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho!

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho! 0

Nama TIKI pasti ngga akan begitu asing lagi ya di telinga kita semua, tentu aja

3 Inspirasi untuk Usaha Kuliner Pelapis Lezat Roti dan Kawan-Kawannya

3 Inspirasi untuk Usaha Kuliner Pelapis Lezat Roti dan Kawan-Kawannya 0

Usaha kuliner saat ini mulai bergeser ke arah kuliner sehat. Hal ini juga mempengaruhi proses produksi

3 Hal Ini Berpengaruh Pada Peluang Bisnis Homestay Anda untuk Sukses

3 Hal Ini Berpengaruh Pada Peluang Bisnis Homestay Anda untuk Sukses 0

Peluang bisnis homestay atau guest house, dimana Anda menyewakan rumah atau salah satu ruangan di rumah

3 Jurus Meraup Untung Besar dari Bisnis Pie

3 Jurus Meraup Untung Besar dari Bisnis Pie 0

Pie mungkin bukan hidangan asli Indonesia. Tetapi, produk kuliner ini menjadi salah satu makanan favorit

Peluang Usaha Baju Cheongsam Raup Banyak Untung Menjelang Imlek

Peluang Usaha Baju Cheongsam Raup Banyak Untung Menjelang Imlek 0

Muftika Hidayat lima tahun lalu mulai mencoba – coba melirik peluang usaha memproduksi Cheongsam, baju

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *