Teropong Bisnis | Homepage
Penghasilan Menukik dengan Keripik Unik

Penghasilan Menukik dengan Keripik Unik

0 Comments 🕔29.Dec 2013

Bila selama ini bawang merah hanya digunakan untuk bumbu masakan, kini ada inovasi makanan baru dengan menggunakan bawang merah. Bawang merah diubah menjadi camilan ringan, keripik.

Penggagas camilan unik ini adalah Sriwahyuni. Dia tidak hanya berhasil mengubah bumbu dapur ini menjadi makanan camilan yang lezat. Tetapi, dengan keripik unik ini, Sriwahyuni berhasil sukses.

Yang pertama, Sriwahyuni berhasil sukses dengan produk keripik yang dia beri nama keripik “Bawang Berani Rumbia” ini.

Wanita asal Jenepontoh ini memulai usaha keripiknya saat dia ingin memanfaatkan hasil budidaya bawang merah yang dia lakukan agar mempunyai nilai lebih. Pada awalnya, dia memilih bawang merah karena menurutnya bawang merah mempunyai daya tahan yang lebih baik dari tumbuhan lain, seperti cabe.

Dengan modal Rp. 6 juta dan ilmu yang dia dapatkan dari program wirausaha mahasiswa yang dia ikuti saat masih berkuliah di Universitas Negeri Makassar, dia memulai budidaya ini. Ternyata, tidak mudah membudidayakan bawang merah. Dia baru mendapat hasil setelah 3-4 bulan. Untuk mendapatkan keuntungan yang besar, sangatlah sulit.

Akhirnya Sriwahyuni berinovasi. Hasil dari budidaya bawang merah miliknya dia olah menjadi bawang goreng. Bawang goreng sangat disukai masyarakat di daerahnya karena cocok dengan makanan khas daerahnya yaitu coto kuda.

keripik bawang

Tapi, Sriwahyuni tidak hanya berhenti sampai disitu. Produk bawang goreng yang dia produksi diberi varian rasa yang berbeda dan unik. Hal ini ternyata mendapat respon positif dari masyarakat. Dan, dari sinilah ide keripik unik Sriwahyuni berasal.

Sriwahyuni tampaknya belum puas dengan karyanya yang menggunakan produk yang dia budidayakan sendiri. Akhirnya, dengan berani, Sriwahyuni membuat produk yang tampaknya mustahil bagi banyak orang, yaitu keripik bawang merah.

Mungkin Anda membayangkan bahwa rasa keripik bawang merah akan seperti rasa bawang goreng. Akan tetapi, sarjana ilmu pendidikan PPKn ini membuat varian rasa baru untuk keripik uniknya ini, mulai dari rasa berbeque, balado, cokelat dan banyak. Harga yang dia pasang untuk produknya juga cukup murah, yaitu Rp. 15.000 per bungkus.

Meskipun Sriwahyuni cukup sukses dengan kedua produknya tersebut, budidaya bawang merah miliknya tetap dia teruskan. Dia menjual hasil budidayanya dengan harga Rp. 3.000 per kilogram.

Produk Sriwahyuni ini sangat berpotensi di pasar oleh-oleh khas daerahnya. Dia juga ingin mengembangkan bisnisnya hingga dapat masuk ke pasar modern. Sedangkan komoditas bawang merah budidayanya, dia akan ekspor ke beberapa daerah di Indonesia.

Memang, pekerjaan Sriwahyuni sekarang jauh dari status dan gelarnya di ilmu pendidikan. Akan tetapi, bila dia mengikuti arus dan menjadi PNS, maka penghasilannya akan jauh lebih kecil dari penghasilannya sebagai pengusaha saat ini yang mencapai puluhan juta per bulan.

Kesuksesannya dengan produk keripik unik yang berasal dari bawang merah ini juga membawanya sebagai finalis di ajang “Wirausaha Muda Mandiri”.

keripik bawang

Similar Articles

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho!

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho! 0

Nama TIKI pasti ngga akan begitu asing lagi ya di telinga kita semua, tentu aja

3 Inspirasi untuk Usaha Kuliner Pelapis Lezat Roti dan Kawan-Kawannya

3 Inspirasi untuk Usaha Kuliner Pelapis Lezat Roti dan Kawan-Kawannya 0

Usaha kuliner saat ini mulai bergeser ke arah kuliner sehat. Hal ini juga mempengaruhi proses produksi

3 Hal Ini Berpengaruh Pada Peluang Bisnis Homestay Anda untuk Sukses

3 Hal Ini Berpengaruh Pada Peluang Bisnis Homestay Anda untuk Sukses 0

Peluang bisnis homestay atau guest house, dimana Anda menyewakan rumah atau salah satu ruangan di rumah

3 Jurus Meraup Untung Besar dari Bisnis Pie

3 Jurus Meraup Untung Besar dari Bisnis Pie 0

Pie mungkin bukan hidangan asli Indonesia. Tetapi, produk kuliner ini menjadi salah satu makanan favorit

Peluang Usaha Baju Cheongsam Raup Banyak Untung Menjelang Imlek

Peluang Usaha Baju Cheongsam Raup Banyak Untung Menjelang Imlek 0

Muftika Hidayat lima tahun lalu mulai mencoba – coba melirik peluang usaha memproduksi Cheongsam, baju

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *