Teropong Bisnis | Homepage
Peluang Usaha Baju Cheongsam Raup Banyak Untung Menjelang Imlek

Peluang Usaha Baju Cheongsam Raup Banyak Untung Menjelang Imlek

0 Comments 🕔07.Feb 2016

Muftika Hidayat lima tahun lalu mulai mencoba – coba melirik peluang usaha memproduksi Cheongsam, baju tradisional yang digunakan oleh perempuan China. Saat itu ia menjualnya lewat pameran.  Baju Cheongsam karya Muftika ternyata laris manis. Bahkan baju – baju tersebut selalu menjadi incaran menjelang perayaan Imlek setiap tahunnya.

Baju Cheongsam yang dibuat oleh Muftika terbuat dari berbagai macam bahan dan disesuaikan dengan permintaan konsumennya. Model dan bahan itulah yang akhirnya menentukan harga jual baju tersebut. Untuk baju Cheongsam dari bahan katun biasa, ia membanderol baju tersebut dengan harga mulai dari Rp 160 ribuan. Sementara itu untuk baju yang terbuat dari bahan sutra dibanderol dengan harga sekitar Rp 250 ribu sampai Rp 350 ribu per potong.

Jenis baju Cheongsam yang paling mahal adalah yang terbuat dari bahan kain sutra impor. Baju ini dijual dengan harga sekitar Rp 700 ribu sampai Rp 1 juta per potongnya. Memang Muftika tidak menjahit sendiri baju – baju yang ia jual. Dia dulu menjahit baju pesanan konsumen sendiri, namun karena peluang usaha baju Cheongsam yang ia geluti semakin banyak peminatnya dan banjir pesanan, dia saat ini hanya merancang bajunya kemudian menyerahkannya kepada penjahit yang telah menjalin kerja sama dengannya.

Berbicara mengenai model baju buatannya, walaupun model Cheongsam secara umum terbilang abadi, namun Muftika mengatakan bahwa perempuan lebih senang dengan baju model slim. Pakaian tersebut diyakini dapat membuat tubuh terlihat lebih ramping. Selain itu warnanya juga tidak hanya terbatas pada warna merah dan sudah semakin beragam.

Walaupun demikian, peluang usaha yang ia geluti ini bukan tanpa tantangan. Dia mengatakan bahwa sedari awal ia memang mengandalkan kanal daring dalam melakukan promosi produk buatannya. Jika baju Cheongsam online dibanderol dengan harga segitu, konsumen kadang – kadang bertanya kok harganya mahal. Hal ini karena mereka tidak tahu kalau bahan yang digunakan adalah kain sutra dan mereka tidak langsung memegang sendiri baju tersebut.

Tetapi menurut Muftika, hal yang paling penting dari peluang usaha baju Cheongsom ini adalah bagaimana caranya membangun kepercayaan dengan menciptakan produk sebaik – baiknya. Dengan demikian, walaupun konsumen tidak melihat produk tersebut secara langsung mereka sudah percaya dengan produk Softaya.

Muftika selain menawarkan produk Cheongsam juga membuat berbagai macam model baju lain. Meskipun demikian,dia menilai bahwa Cheongsam mempunyai keistimewaan jika dibanding dengan produk pakaian lainnya yaitu modelnya yang abadi dan klasik. Pakaian tersebut tetap bertahan dari waktu ke waktu dan tidak lekang oleh waktu walaupun bermunculan banyak produk pakaian lainnya.

Hal ini karena Cheongsam merupakan salah satu pakaian tradisional yang masih terus digunakan oleh para wanita Tionghoa saat perayaan – perayaan tertentu, termasuk saat Imlek. Kualitas produk dan ragam pilihan yang bervariasi inilah yang membuat peluang usaha baju Cheongsam buatan Muftika laris manis di pasaran.

Peluang Usaha

Similar Articles

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho!

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho! 0

Nama TIKI pasti ngga akan begitu asing lagi ya di telinga kita semua, tentu aja

3 Inspirasi untuk Usaha Kuliner Pelapis Lezat Roti dan Kawan-Kawannya

3 Inspirasi untuk Usaha Kuliner Pelapis Lezat Roti dan Kawan-Kawannya 0

Usaha kuliner saat ini mulai bergeser ke arah kuliner sehat. Hal ini juga mempengaruhi proses produksi

3 Hal Ini Berpengaruh Pada Peluang Bisnis Homestay Anda untuk Sukses

3 Hal Ini Berpengaruh Pada Peluang Bisnis Homestay Anda untuk Sukses 0

Peluang bisnis homestay atau guest house, dimana Anda menyewakan rumah atau salah satu ruangan di rumah

3 Jurus Meraup Untung Besar dari Bisnis Pie

3 Jurus Meraup Untung Besar dari Bisnis Pie 0

Pie mungkin bukan hidangan asli Indonesia. Tetapi, produk kuliner ini menjadi salah satu makanan favorit

Meraup Keuntungan dengan Usaha Kuliner Tekwan

Meraup Keuntungan dengan Usaha Kuliner Tekwan 0

Usaha kuliner dapat dikatakan sebagai usaha yang paling cocok untuk dijalankan di Indonesia. Salah satu alasannya

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *