Teropong Bisnis | Homepage
Peluang Menggiurkan Budidaya Ikan Paling Dicari di Luar Negeri

Peluang Menggiurkan Budidaya Ikan Paling Dicari di Luar Negeri

0 Comments 🕔17.Nov 2013

Ternyata, ikan Sidat merupakan salah satu jenis ikan yang menjadi primadona bagi orang-orang di negara lain. Hal ini diungkapkan oleh Presiden Direktur Agromania, Rudy S. Pontoh. Menurutnya, banyak orang luar negeri yang datang ke Indonesia hanya untuk mendapatkan bibit sidat. Negara-negara yang sangat tertarik dengan ikan sidat antara lain Jepang, Korea, China, dan Thailand.

Bibit tersebut akan mereka budidayakan. Mereka paham bahwa ikan jenis ini sangat potensial dari segi bisnis. Bahkan, peluang bisnis ikan sidat sangatlah menguntungkan. Faktanya, sidat sangat lezat dengan gizi yang cukup tinggi. Penelitian menunjukkan bahwa sidat memiliki kandungan vitamin A mencapai 4.700IU/100 gram.

Selain itu, ikan jenis ini juga mengandung DHA mencapai 1.337mg/100gram bahkan mengalahkan salmon. Di Jepang, ikan ini disebut Unagi dan sangat digemari. Mereka percaya bahwa ikan ini dapat meninggikan badan dan mencerdaskan otak bahkan gairah seksual. Presiden Habibie juga salah satu yang sangat menggemari ikan ini.

Lalu, bagaimana peluang bisnis ikan sidat? Jika Anda tertarik untuk memulai bisnis di bidang perikanan maka pertimbangkan untuk berbisnis ikan sidat. Pasalnya, harga ikan sidat sangat tinggi. Secara spesifik, harga ikan ini dipasaran bisa mencapai Rp. 300.000 hingga Rp. 600.000 per kilogram. Lagi-lagi di Jepang, menu ikan sidat bisa dijual mulai harga Rp. 450.000 hingga Rp. 800.000 per porsi kecil.

Sudah terbayang keuntungan bisnisnya? Modal untuk mengembangkan bisnis ikan sidat tidak terlalu besar. Anda cukup mengeluarkan biaya sekitar Rp. 1.300.000 hingga Rp. 2.000.000 untuk membeli bibit 1 kilo. Dengan biaya tersebut Anda akan mendapatkan sekitar 5.000 ekor sidat. Di Indonesia sendiri, ekspor ikan sidat sudah mencapai 300.000 hingga 500.000 ton per tahun.

Jumlah tersebut saja masih belu memenuhi permintaan pasar luar negeri. Jangankan di luar negeri, di Jakarta saja permintaan ikan sidah mencapai 3 ton setiap bulan. Kabar baiknya, sidat Indonesia merupakan sidat yang paling dicari karena kualitasnya. Cara budidaya ikan sidat sebenarnya tidak terlalu sulit.

Rasio hidup ikan jenis ini sekitar 90% dari pemeliharaan bibit hingga akhirnya mencapai ukuran 250 hingga 500 gram dan siap panen. Waktu pembudidayaan ikan sidat relatif singkat. Anda hanya memerlukan waktu 5 bulan saja sebelum ikan ini siap panen. Sebagai ilustrasi, 1 ton benih ikan sidat akan menghasilkan sekitar 5 ton sidat.

Uniknya, bibit ikan sidat masih diambil langsung dari alam. Bahkan, hingga saat ini belum ada teknologi yang bisa membantu pemijahan ikan sidat. Melihat penjelasan di atas, ada baiknya Anda pikirkan untuk mengambil peluang bisnis ikan sidat ini segera. Sayangnya, saat Rudy dengan bendera Agromania membuka pelatihan justru peserta yang hadir kebanyakan adalah peserta dari luar negeri.

 

Similar Articles

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho!

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho! 0

Nama TIKI pasti ngga akan begitu asing lagi ya di telinga kita semua, tentu aja

3 Inspirasi untuk Usaha Kuliner Pelapis Lezat Roti dan Kawan-Kawannya

3 Inspirasi untuk Usaha Kuliner Pelapis Lezat Roti dan Kawan-Kawannya 0

Usaha kuliner saat ini mulai bergeser ke arah kuliner sehat. Hal ini juga mempengaruhi proses produksi

3 Hal Ini Berpengaruh Pada Peluang Bisnis Homestay Anda untuk Sukses

3 Hal Ini Berpengaruh Pada Peluang Bisnis Homestay Anda untuk Sukses 0

Peluang bisnis homestay atau guest house, dimana Anda menyewakan rumah atau salah satu ruangan di rumah

3 Jurus Meraup Untung Besar dari Bisnis Pie

3 Jurus Meraup Untung Besar dari Bisnis Pie 0

Pie mungkin bukan hidangan asli Indonesia. Tetapi, produk kuliner ini menjadi salah satu makanan favorit

Peluang Usaha Baju Cheongsam Raup Banyak Untung Menjelang Imlek

Peluang Usaha Baju Cheongsam Raup Banyak Untung Menjelang Imlek 0

Muftika Hidayat lima tahun lalu mulai mencoba – coba melirik peluang usaha memproduksi Cheongsam, baju

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *