Teropong Bisnis | Homepage
Peluang Emas Budidaya Lebah Madu

Peluang Emas Budidaya Lebah Madu

0 Comments 🕔19.Jan 2014

Budidaya lebah atau tawon madu, ternyata mempunyai prospek yang lumayan cerah dan bagus. Dan sebenarnya budidaya lebah madu ini sudah banyak dilakukan. Kebanyakan pelakunya adalah masyarakat tradisional, terutama yang berprofesi sebagai petani. Dan semakin hari peluang usaha ini semakin menjanjikan. Hal ini dikarenakan motivasi untuk hidup sehat setiap orang semakin meningkat. Salah satu caranya adalah dengan konsumsi madu.

Bahkan secara khusus, dari pihak pemerintah serta swasta juga memberikan perhatian yang besar dalam bidang budidaya lebah madu. Sehingga celah bisnisnya semakin terbuka lebar. Siapapun bisa bergelut dibidang budidaya lebah madu ini, termasuk anda.

Sebenarnya, budidaya lebah madu itu tergolong mudah. Problem yang sering dihadapi petani lebah adalah penyakit dan hama. Namun hal itu pun pada umumnya tidak terlalu membahayakan. Selain itu, lebah biasa diserang oleh predator. Hal ini juga terjadi hanya ketika lebah madu itu terlalu tinggi saat terbang. Dan yang perlu diwaspadai lagi ketika membudidayakan lebah adalah kutu. Melihat potensi predator yang minimalis, maka peluang usaha ini lebih cepat berkembang adalah lebih besar.

Untuk jenis lebah yang dibudidayakan, ada beberapa macam. Biasanya adalah lebah hutan atau Apis dorsata. Selain itu, ada juga ada lebah lokal atau Apis cerana, atau juga lebah unggul atau Apis mellifera yang menjadi lebah populer yang biasanya dibudidayakan. Hal ini karena lebah unggul mempunyai karakter yang paling produktif di dalam memproduksi madu. Selain itu lebah unggul juga lebih jinak daripada lebah lain.

Namun yang dikembangkan oleh pemerintah adalah lebah hutan. Karena lebah ini lebih produktif dalam memproduksi madu, propolis, ataupun bee pollen. Lebah hutan ini berasal dari Eropa. Selain itu, lebah ini juga jinak dan cocok apabila diternakkan di lokasi yang tidak terlalu jauh dri rumah penduduk.

lebah madu, budidaya lebah, madu asli, usaha madu, bisnis

Waktu yang dibutuhkan untuk memanen madu budidaya juga terbilang cepat. Hanya membutuhkan wakti sekitar 15 hari untuk menunggu masa panen. Sehingga dalam satu bulan, Anda bisa memanen madu sebanyak 2 kali. Dalam setiap 100 box yang berisi koloni lebah, ketika sekali panen bisa menhahsilkan sekitar 3kg madu, 100 gram bee pollen, dan 3kg royal jelly.

Untuk harga dari penjualan madu, juga bervaiasi. Kadang dalam bulan tertentu harga madu bisa menjadi sangat mahal atau sebaliknya. Hal ini disebabakan karena dalam bulan tertentu, lebah madu mengalami kesusahan mencari suplay nektar yang digunakan untuk memproduksi madu. Madu yang paling mahal adalah madu hitam. Harga per botol dari madu hitam bisa mencapai 100 ribu rupiah. Sedangkan untuk madu yang lain, seperti mangga, rambutan dan kelengkeng berada di bawah harga madu pahit atau madu hitam.

Untuk mendapatkan madu yang berkualitas, perlu diperhatikan ciri-ciri lebah madu yang berkualitas pula. Ciri-cirinya dalah:

  • Ratu lebah mempunyai fisik yang bagus serta berusia 3 bulan s/d 1 tahun
  • Ratu lebah harus menghasilkan telur lebih banyak
  • Ratu lebah harus menghasilkan larva yang segar
  • Lebah harus bersifat lincah dan agresif  lebah madu, budidaya lebah, madu asli, usaha madu, bisnis

 

BACA JUGA:

Pasti Untung Jual Daging Kalkun

Peluang Besar Bisnis Kerajinan Kulit

Similar Articles

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho!

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho! 0

Nama TIKI pasti ngga akan begitu asing lagi ya di telinga kita semua, tentu aja

3 Inspirasi untuk Usaha Kuliner Pelapis Lezat Roti dan Kawan-Kawannya

3 Inspirasi untuk Usaha Kuliner Pelapis Lezat Roti dan Kawan-Kawannya 0

Usaha kuliner saat ini mulai bergeser ke arah kuliner sehat. Hal ini juga mempengaruhi proses produksi

3 Hal Ini Berpengaruh Pada Peluang Bisnis Homestay Anda untuk Sukses

3 Hal Ini Berpengaruh Pada Peluang Bisnis Homestay Anda untuk Sukses 0

Peluang bisnis homestay atau guest house, dimana Anda menyewakan rumah atau salah satu ruangan di rumah

3 Jurus Meraup Untung Besar dari Bisnis Pie

3 Jurus Meraup Untung Besar dari Bisnis Pie 0

Pie mungkin bukan hidangan asli Indonesia. Tetapi, produk kuliner ini menjadi salah satu makanan favorit

Peluang Usaha Baju Cheongsam Raup Banyak Untung Menjelang Imlek

Peluang Usaha Baju Cheongsam Raup Banyak Untung Menjelang Imlek 0

Muftika Hidayat lima tahun lalu mulai mencoba – coba melirik peluang usaha memproduksi Cheongsam, baju

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *