Teropong Bisnis | Homepage
Peluang Budidaya Murai Medan Semerdu Kicauannya

Peluang Budidaya Murai Medan Semerdu Kicauannya

0 Comments 🕔21.Jan 2014

Burung Murai Medan adalah salah satu jenis burung yang tidak hanya indah dalam penampilan, tetapi juga kicauannya. Oleh karena itu, burung ini menjadi salah satu burung kicau yang banyak dicari untuk diikutkan lomba. Dari sini, dapat disimpulkan bahwa peluang bisnis burung ini sangat bagus.

Hal diatas juga diamini oleh Drajat, seorang pembudidaya Murai Medan dari Karangbanyu, Ngawi. Sebelumnya, selama 15 tahun, dia membudidayakan perkutur. Baru 3 tahun lalu, dia beralih ke Murai, khususnya Murai Medan dan juga Blacktroad.

Menurutnya, burung Murai cepat berproduksi. Selain itu, ketersediaan burung Murai Medan siap jual masih sangat terbatas dan permintaannya yang tinggi. Hal inilah yang membuat peluang budidaya burung ini sangat menjanjikan.

Menurut Drajat, makanan adalah hal terpenting dalam budidaya Murai. Selain harus bergizi dan bernutrisi tinggi, pemberian makanan juga tidak boleh telat. Hal ini berlaku untuk semua jenis burung Murai, seperti Murai Batu Aceh, Murai Batu Jambi dan lainnya.

Drajat mengungkapkan, Murai dapat dikatakan sebagai burung kicau terbaik. Hal ini dikarenakan power yang dimiliki burung ini sangat tinggi. Tetapi, untuk mendapatkan kicauan terbaik, Drajat menyarankan agar proses pemasteran Murai Medan dilakukan saat burung berusia 5 bulan ke atas. Murai jantan yang diutamakan karena memiliki kicauan yang beragam dan mental yang kuat untuk bertanding. Bila burung Murai sudah siap jual serta mempunyai kicauan yang bagus, maka keuntungan yang didapat juga besar.

budidaya burung, murai medan, peluang usaha, bisnis

Selain suara, produktivitas yang tinggi juga menjadi alasan menjanjikannya peluang usaha burung ini. Murai sudah dapat bertelur dalam satu setengah bulan dengan masa pengeraman selama 2 minggu. Drajat mengungkapkan, dia mampu memproduksi minimal 2 pasang anakan Murai tiap bulannya. Dan, sepasang anakan ini dapat dijual dengan harga Rp. 2,5 juta.

Untuk mendukung proses produksi, diperlukan kandang yang besar. Drajat juga menggunakan kandang produkis ukuran 2 x 3 x 3 meter yang dibuat mirip hutan liar. Hal ini agar Murai Medan miliknya dapat leluasa melakukan proses perkawinan dan pengeraman telur.

Tetapi, seperti jenis usaha lainnya, ada beberapa masalah yang harus dihadapi saat menjalankan usaha budidaya Murai. Drajat sendiri mengaku, ada dua macam kendala yang dia hadapi selama ini.

Yang pertama adalah sulitnya proses perkawinan. Murai sendiri adalah burung monogami. Drajat mengatasi hal ini dengan memasukkan beberapa ekor Murai dalam satu kandang saat berusia 4 minggu. Dari situ, dia dapat mengamati pasangan mana yang berpotensi untuk menjadi pasangan.

Selain itu, sulit bertelur juga menjadi masalah usaha budidaya ini. Drajat mengungkapkan makanan menjadi penyebab masalah ini. Untuk mengatasinya, makanan yang diberikan harus bergizi tinggi, seperti kroto, jangkrik kecil atau ulat kandang. Tetapi, dia juga mengingatkan agar tidak mengganti-ganti makanan agar Murai tidak stress.

Drajat sendiri mendapatkan omzet yang cukup besar dari 10 pasang Murai Medan miliknya. Dia bahkan tidak menggunakan iklan untuk memasarkan usahanya. Hanya promosi dari mulut ke mulut.

budidaya burung, murai medan, peluang usaha, bisnis

BACA JUGA:

Similar Articles

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho!

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho! 0

Nama TIKI pasti ngga akan begitu asing lagi ya di telinga kita semua, tentu aja

3 Inspirasi untuk Usaha Kuliner Pelapis Lezat Roti dan Kawan-Kawannya

3 Inspirasi untuk Usaha Kuliner Pelapis Lezat Roti dan Kawan-Kawannya 0

Usaha kuliner saat ini mulai bergeser ke arah kuliner sehat. Hal ini juga mempengaruhi proses produksi

3 Hal Ini Berpengaruh Pada Peluang Bisnis Homestay Anda untuk Sukses

3 Hal Ini Berpengaruh Pada Peluang Bisnis Homestay Anda untuk Sukses 0

Peluang bisnis homestay atau guest house, dimana Anda menyewakan rumah atau salah satu ruangan di rumah

3 Jurus Meraup Untung Besar dari Bisnis Pie

3 Jurus Meraup Untung Besar dari Bisnis Pie 0

Pie mungkin bukan hidangan asli Indonesia. Tetapi, produk kuliner ini menjadi salah satu makanan favorit

Peluang Usaha Baju Cheongsam Raup Banyak Untung Menjelang Imlek

Peluang Usaha Baju Cheongsam Raup Banyak Untung Menjelang Imlek 0

Muftika Hidayat lima tahun lalu mulai mencoba – coba melirik peluang usaha memproduksi Cheongsam, baju

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *