Teropong Bisnis | Homepage
Nikmatnya Budidaya Bawal Senikmat Keuntungannya

Nikmatnya Budidaya Bawal Senikmat Keuntungannya

0 Comments 🕔03.Dec 2013

Saat ini, budidaya bawal sangat menguntungkan. Rasa dagingnya yang enak membuatnya menjadi salah satu produk unggulan di pasar ikan konsumsi.

Budidaya bawal ini juga banyak dilakukan oleh pembudidaya ikan keramba jaring apung (KJA) di Waduk Cirata, Cianjur Jawa Barat karena mudah dibudidayakan dan biayanya rendah. Hal ini juga disetujui oleh Asep Guntara, Technical Service PT Suri Tani Pemuka (STP), anak perusahaan JAPFA yang berpusat di Sidoarjo Jawa Timur. Menurut Asep Ikan bawal hanya membutuhkan protein 25%, lebih rendah dari ikan mas yang mencapai 27%.

Selain itu, ada banyak keuntungan dari pemilihan ikan bawal. Ikan ini termasuk ikan omnivora, artinya ikan ini dapat memakan segala jenis makanan. Ikan ini juga mempunyai daya tahan yang baik. Bahkan, hanya sedikit penyakit yang dapat menyerangnya.

Salah satu keuntungan terbesar adalah masa panen yang singkat. Budidaya bawal hanya membutuhkan waktu 45 – 60 hari saja.

Sebenarnya, pembudidaya bawal dapat memanen lebih cepat asal menggunakan bibit yang lebih besar. Menurut Nurdin, pembudidaya ikan bawal KJA, Waduk Cirata, biasanya benih yang digunakan sebesar 1 inchi atau 2,54 cm. Tetapi, bila Anda menggunakan benih berukuran 2 kalinya, Anda dapat memanen dengan waktu hanya 1 bulan.

Menurut Ahmad, dari Dinas Perikanan dan Kelautan Jawa Barat, saat ini bawal banyak dicari oleh usaha kuliner dan pasar tradisional. Dan, jenis bawal yang dicari tidak hanya bawal laut, tetapi juga bawal air tawar.

Untuk bawal laut, dibutuhkan modal Rp. 40 juta untuk membuat KJA berukuran 30 m x 30 m di tepi pantai. Bila ditotal biaya bibit dan pakan, menurut Rahmad, pembudidaya bawal laut di Kepulauan Seribu, sebesar 100 juta dengan jumlah panen sebesar 7 ton.

Untuk bawal air tawar, dibutuhkan modal Rp. 7-8 juta. Modal ini digunakan untuk mendapatkan 2000 bibit bawal dan kolam tanah berukuran 10 m x 10 m. Hasil yang didapat sebesar 1 ton.

Ikan bawal akan dapat tumbuh sempurna di tempat yang mempunyai aliran air yang deras. Jadi, tepi laut atau kolam khusus yang dapat membuat aliran air yang deras cocok untuk ikan ini.

Biaya makan dapat ditekan karena bawal adalah omnivora. Anda dapat memberi protein rendah sekitar 20% dengan harga Rp. 3 ribu-Rp. 5 ribu per kg. Tiap kg-nya dapat menghasilkan 0,7-0,8 kg daging bawal, jadi sangat menguntungkan.

Budidaya bawal juga sangat menguntungkan. Contohnya, sepasang indukan dengan umur lebih dari 3 tahun dapat menghasilkan 200 ribu-300 ribu bibit. Bibit yang berumur 12 hari sudah dapat dijual dengan harga Rp. 30 per ekor.

Bibit yang berumur lebih dari 12 hari dengan ukuran ¾ cm dapat dijual dengan harga Rp. 150 per ekor. Sedangkan, bibit umur 4 bulan berukuran 4-5 cm dapat dijual seharga Rp. 250 per ekor.

Dari bibit Anda bisa mendapatkan omzet Rp. 20 juta-Rp. 30 juta. Sedangkan bawal laut, omzet yang didapat bisa mencapai Rp. 210 juta dengan keuntungan Rp. 120 juta per bulan. Sedangkan bawal air tawar, keuntungan bisa mencapai RP. 80 juta.

Similar Articles

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho!

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho! 0

Nama TIKI pasti ngga akan begitu asing lagi ya di telinga kita semua, tentu aja

3 Inspirasi untuk Usaha Kuliner Pelapis Lezat Roti dan Kawan-Kawannya

3 Inspirasi untuk Usaha Kuliner Pelapis Lezat Roti dan Kawan-Kawannya 0

Usaha kuliner saat ini mulai bergeser ke arah kuliner sehat. Hal ini juga mempengaruhi proses produksi

3 Hal Ini Berpengaruh Pada Peluang Bisnis Homestay Anda untuk Sukses

3 Hal Ini Berpengaruh Pada Peluang Bisnis Homestay Anda untuk Sukses 0

Peluang bisnis homestay atau guest house, dimana Anda menyewakan rumah atau salah satu ruangan di rumah

3 Jurus Meraup Untung Besar dari Bisnis Pie

3 Jurus Meraup Untung Besar dari Bisnis Pie 0

Pie mungkin bukan hidangan asli Indonesia. Tetapi, produk kuliner ini menjadi salah satu makanan favorit

Peluang Usaha Baju Cheongsam Raup Banyak Untung Menjelang Imlek

Peluang Usaha Baju Cheongsam Raup Banyak Untung Menjelang Imlek 0

Muftika Hidayat lima tahun lalu mulai mencoba – coba melirik peluang usaha memproduksi Cheongsam, baju

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *