Teropong Bisnis | Homepage
Menuai Sukses dari Inovasi Produk Khas Garut

Menuai Sukses dari Inovasi Produk Khas Garut

0 Comments 🕔27.Oct 2013

Menangkap peluang usaha memang wajib hukumnya jika Anda ingin menjadi seorang pengusaha. Seseorang dengan jiwa pengusaha akan selalu menemukan jalan termasuk menemukan inovasi-inovasi baru. Inovasi tidak harus berupa produk yang benar-benar baru melainkan juga mengembangkan produk yang sudah ada. Salah satu pengusaha yang berhasil menerapkan ilmu tersebut adalah Andris Wijaya.

Ia adalah pengusaha muda yang berasal dari Garut. Andris mencoba menawarkan inovasi nasi liwet instant. Ide ini terlintas karena beras ada di kehidupan sehari-harinya. Ayahnya adalah seorang pengusaha beras terkenal di kota Garut.

Sayangnya, sang ayah meninggal dunia di tahun 1996 dan bisni keluarga tersebut menurun bahkan terancam terhenti beroperasi. Melihat kondisi ini, Andris yang saat itu sudah bekerja di Jakarta pulang kampung dan mencoba menghidupkan kembali usaha ayahnya tersebut. Tidak seperti sang ayah, Andris dan kakaknya tidak begitu paham dengan bisnis besar bahkan sempat terlilit hutang hingga Rp. 200.000.000. Akhirnya, justru perusahaan penggilingan peninggalan ayahnya menjadi korban karena harus dijual.

Namun, ia tidak menyerah dan berusaha untuk berinovasi. Awalnya, Andris membuat mesin penggiling beras sendiri. Hasil kerja kerasnya itu tidak sia-sia karena ekonomi keluarga kembali stabil. Setelah itu, ia kembali berinovasi dan terciptalah ide membuat nasi liwet instant dari beras Garut.

Nama brand yang ia usung saat ini adalah Seribu Satu. Prosesnya juga tidak mudah. Andris melakukan penelitian sendiri selama 6 bulan sebelum akhirnya dipasarkan. Target market produk ini adalah wisatawan yang ingin membeli oleh-oleh selain dodol garut. Bisnis ini ia jalankan di tahun 2011 dengan 3 orang karyawan saja.

Saat itu, ia hanya mampu memproduksi sekitar 50 pak produk nasi liwet instant per harinya. Bisnis ini ternyata berkembang pesat. Hingga saat ini, Andris sudah bisa memproduksi lebih dari 2.000 pak dengan bantuan 60 karyawan. Untuk menarik hati konsumen, nasi liwet instant ditawarkan dengan berbagai rasa seperti rasa original, pete, jengkol, cumi, dan teri jambal.

Produk ini ditawarkan dalam 2 ukuran yaitu 250 gram dan 500 gram. Saat ini, pemasaran produk Andris tidak terbatas di kota dodol ini saja tetapi sudah merambah kota-kota besar di Indonesia bahkan sudah sampai Amerika Serikat. Kepraktisan adalah kekuatan dari produk Andris tersebut. Berkat produknya ini, di tahun 2012 Andris juga di anugrahi “Anugrah Inovasi Jawa Barat Award” untuk kategori bidang pangan.

Intinya, tidak ada yang tidak mungkin bagi seorang pengusaha selama ia terus berusaha dan pantang menyerah. Contoh saja Andris yang dulunya justru mulai dari terlilit hutang hingga akhirnya sukses berkat inovasi produk yang dekat dengan kehidupannya.

Bagaimana dengan Anda? Cobalah untuk melihat produk-produk khas di daerah Anda kemudian berilah sentuhan inovasi dan lihat hasilnya.  

Similar Articles

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho!

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho! 0

Nama TIKI pasti ngga akan begitu asing lagi ya di telinga kita semua, tentu aja

3 Inspirasi untuk Usaha Kuliner Pelapis Lezat Roti dan Kawan-Kawannya

3 Inspirasi untuk Usaha Kuliner Pelapis Lezat Roti dan Kawan-Kawannya 0

Usaha kuliner saat ini mulai bergeser ke arah kuliner sehat. Hal ini juga mempengaruhi proses produksi

3 Hal Ini Berpengaruh Pada Peluang Bisnis Homestay Anda untuk Sukses

3 Hal Ini Berpengaruh Pada Peluang Bisnis Homestay Anda untuk Sukses 0

Peluang bisnis homestay atau guest house, dimana Anda menyewakan rumah atau salah satu ruangan di rumah

3 Jurus Meraup Untung Besar dari Bisnis Pie

3 Jurus Meraup Untung Besar dari Bisnis Pie 0

Pie mungkin bukan hidangan asli Indonesia. Tetapi, produk kuliner ini menjadi salah satu makanan favorit

Peluang Usaha Baju Cheongsam Raup Banyak Untung Menjelang Imlek

Peluang Usaha Baju Cheongsam Raup Banyak Untung Menjelang Imlek 0

Muftika Hidayat lima tahun lalu mulai mencoba – coba melirik peluang usaha memproduksi Cheongsam, baju

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *