Teropong Bisnis | Homepage
Mengeruk Keuntungan dari Budidaya Ikan Neon Tetra

Mengeruk Keuntungan dari Budidaya Ikan Neon Tetra

0 Comments 🕔17.May 2014

Bisnis ikan hias memang seakan tidak pernah mati. Di satu wilayah saja, setiap harinya ada ratusan ikan hias yang terjual. Ini tentunya menjadi satu fenomena yang cukup menarik. Bagi mereka yang bisa melihat peluang, ini bisa menjadi kesempatan baik untuk memperoleh uang.

Dari sekian banyak spesies ikan hias, ada satu ikan hias yang tampaknya semakin digandrungi. Jenis ikan tersebut adalah ikan Neon Tetra. Ikan hias ini tidak hanya cantik. Selain cantik, ikan kecil ini juga memiliki harga yang relatif stabil dan banyak diminati.

Permintaan akan ikan neon tetra sangatlah mengagumkan, terlebih untuk permintaan dari pasar ekspor. Breeder yang ada saja kewalahan untuk memenuhi permintaan ini. Kondisi seperti ini memang bisa menjadi masalah, namun di sisi lain juga bisa menjadi berkah bagi Anda yang sedang mencari peluang usaha budidaya ikan neon tetra yang menguntungkan.

Sebenarnya di tanah air, ada beberapa jenis ikan tetra seperti green tetra, blue tetra, silver tetra dan neon tetra. Semua jenis ikan tetra tersebut memang tampak indah. Meski demikian, ikan neon tetralah yang paling indah dan paling digemari. Sebenarnya ikan neon tetra bukan ikan asli Nusantara. Habitat asli ikan ini sebenarnya justru berada di Sungai Amazon, Amerika.

Keindahan ikan neon tetra ini terletak pada garis neon biru sepanjang tubuhnya. Meski ikan ini hanya sepanjang 4 cm, garis neon yang memanjang di tubuhnya akan tampak bersinar saat terpapar cahaya. Inilah yang membuat ikan ini tampak indah dan banyak digemari oleh masyarakat Indonesia.

Meski banyak peminatnya, sayangnya budidaya ikan neon tetra di Indonesia masih belum bisa memenuhi permintaan pasar. Saat ini saja budidaya ikan neon tetra masih terfokus pada daerah-daerah tertentu saja. Untuk peternakan, kini bari ada di Sawangan, Depok, Jawa Barat. Sedangkan untuk pembesaran ikan neon tetra, saat ini sudah ada di Jakarta, Bekasi, Bali dan Yogyakarta.

Potensi bisnis budidaya ikan tetra ini juga masih sangat besar. Aditya Satya telah membuktikannya. Sejak membudidayakan ikan neon tetra sejak 10 tahun yang lalu, ia belum pernah menemui surutnya permintaan pasar. Tidak hanya itu, harga ikan ini juga cenderung relatif stabil.

Harga anakan ikan neon tetra yang masih berusia 40 hari dihargai Rp 150 per ekor. Sedangkan untuk harga ikan neon tetra yang sudah berukuran 3 cm dihargai Rp 600 per ekor. Saat ini, kapasitas breeding ikan neon tetra Aditya Satya sudah mencapai 120.000 hingga 200.000 ekor sebulan. Jadi Anda bisa bayangkan berapa total penghasilannya selama satu bulan.

Ikan neon tetra sebenarnya tidak hanya dimanfaatkan sebagai ikan hias saja. Di Eropa, ikan ini juga dimanfaatkan untuk bahan kosmetik. Biasanya zat warnanyalah yang diambil untuk memenuhi keperluan ini. Karena itulah, permintaan ekspor ikan neon tetra bisa mencapai wilayah-wilayah seperti Singapura, Amerika dan Eropa.

Saat ini, jumlah produksi total hanya sebesar 1 juta ekor saja, padahal permintaan pasar bisa mencapai 2 juta ekor setiap bulannya. Menariknya lagi, baru Indonesia dan China saja yang berhasil membudidayakan ikan jenis ini. Dengan besarnya potensi yang dimiliki oleh ikan neon tetra, tidak mengherankan jika bisnis budidaya ikan neon tetra bisa menjadi salah satu peluang usaha yang sangat menggiurkan.

Sumber:digitalpromosi.com/smart/peluang-usaha/2091-peluang-usaha-budidaya-ikan-neon-tetra

budidaya ikan, wirausaha, usaha sampingan, ukm, usaha rumahan

BACA JUGA:

Intip Manisnya Peluang Budidaya Ikan Kerapu

Hal Penting dalam Melakoni Bisnis Ikan Hias Manfish

Similar Articles

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho!

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho! 0

Nama TIKI pasti ngga akan begitu asing lagi ya di telinga kita semua, tentu aja

3 Inspirasi untuk Usaha Kuliner Pelapis Lezat Roti dan Kawan-Kawannya

3 Inspirasi untuk Usaha Kuliner Pelapis Lezat Roti dan Kawan-Kawannya 0

Usaha kuliner saat ini mulai bergeser ke arah kuliner sehat. Hal ini juga mempengaruhi proses produksi

3 Hal Ini Berpengaruh Pada Peluang Bisnis Homestay Anda untuk Sukses

3 Hal Ini Berpengaruh Pada Peluang Bisnis Homestay Anda untuk Sukses 0

Peluang bisnis homestay atau guest house, dimana Anda menyewakan rumah atau salah satu ruangan di rumah

3 Jurus Meraup Untung Besar dari Bisnis Pie

3 Jurus Meraup Untung Besar dari Bisnis Pie 0

Pie mungkin bukan hidangan asli Indonesia. Tetapi, produk kuliner ini menjadi salah satu makanan favorit

Peluang Usaha Baju Cheongsam Raup Banyak Untung Menjelang Imlek

Peluang Usaha Baju Cheongsam Raup Banyak Untung Menjelang Imlek 0

Muftika Hidayat lima tahun lalu mulai mencoba – coba melirik peluang usaha memproduksi Cheongsam, baju

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *