Teropong Bisnis | Homepage
Memulai Usaha dengan Si Penghasil Madu

Memulai Usaha dengan Si Penghasil Madu

🕔16.Nov 2013

Mungkin ada beberapa dari kita yang takut bahkan alergi terhadap lebah. Tapi, bila kita berbicara mengenai madu yang dihasilkan lebah, maka, Anda pasti setuju bila ada banyak manfaat dari produk lebah ini dan tentunya rasanya yang nikmat.

Lebah bukan hanya disebut sebagai si penghasil madu. Bila Anda melihatnya dari kacamata bisnis, lebah madu merupakan salah satu aset yang paling berharga. Anda dapat memanfaatkannya untuk memulai usaha yang sangat menjanjikan, yaitu peternakan lebah madu.

Usaha ini tidak memerlukan modal yang terlalu besar, tetapi, keuntungannya sangat menggiurkan. Mengapa?

Pertama, semua orang didunia sudah tahu khasiat madu. Oleh karena itu, banyak orang yang mencarinya. Dengan demikian, kondisi ini akan memungkinkan anda untuk tetap memperoleh konsumen dan usaha Anda tetap bertahan dan berkembang.

Madu tidak saja digunakan untuk makanan dan minuman. Tetapi, makanan manis ini juga digunakan dalam bidang farmasi dan kecantikan, yaitu untuk kosmetik.

Oleh karena itu, ide untuk membuka peternakan lebah dapat dikatakan ide yang sangat bagus. Prospeknya menjanjikan dan keuntungan yang bisa anda dapatkan juga besar.

Tetapi, bila Anda ingin memulai usaha ini, anda perlu melakukan survey. Ketahui pasar yang anda bidik dan kemungkinan bekembangnya usaha ini.

Yang lebih baik lagi, madu mempunyai pasar yang sangat luas. Anda dapat memilih calon konsumen dari semua kalangan, karena memang, madu dibutuhkan oleh mereka. Contohnya, bila Anda melihat penjual jamu, mereka juga menggunakan madu sebagai salah satu campuran untuk jamu mereka. Jadi, madu dapat dikatakan produk alam yang sangat bermanfaat bagi semuanya.

Selain konsumen, Anda juga perlu memperhatikan cara membudidayakan si penghasil madu ini. Ada banyak jenis lebah madu yang dapat Anda budidayakan. Diantara jenis-jenis lebah madu tersebut, ada beberapa yang sangat sulit untuk dibudidayakan. Anda perlu mengetahui hal-hal seperti ini agar peternakan lebah madu anda benar-benar menghasilkan.

Selain itu, Anda juga harus berhadapan dengan banyak pesaing. Jadi, dengan mengetahui dan memahami ilmu diatas, maka Anda dapat mendapatkan keuntungan yang besar.

Seperti bisnis lainnya, Anda juga harus menghadapi resiko dan masalah yang harus anda hadapi saat membudidayakan lebah madu. Masalah-masalah seperti cuaca, hama dan penyakit yang menyerang lebah madu Anda akan menjadi penghambat berkembangnya bisnis lebah madu Anda.

Dan sekali lagi, ilmu tentang beternak lebah perlu Anda kuasai. Siapkan solusi untuk masalah-masalah tersebut dan rencana cadangan sebelum Anda memulai bisnis menjanjikan ini. Dengan demikian, usaha Anda akan berjalan lancar.

Pemasaran juga sangat penting disini. Hanya karena madu banyak yang membutuhkan, bukan berarti anda akan mudah memasarkannya.

Akan ada banyak tantangan dari kompetitor, terutama kompetitor nakal yang akan berusaha merusak kualitas dan nama baik usaha Anda. Jadi, persiapkan semuanya dengan matang sebelum berbisnis peternakan si penghasil madu.

 

Similar Articles

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho!

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho! 0

Nama TIKI pasti ngga akan begitu asing lagi ya di telinga kita semua, tentu aja

3 Inspirasi untuk Usaha Kuliner Pelapis Lezat Roti dan Kawan-Kawannya

3 Inspirasi untuk Usaha Kuliner Pelapis Lezat Roti dan Kawan-Kawannya 0

Usaha kuliner saat ini mulai bergeser ke arah kuliner sehat. Hal ini juga mempengaruhi proses produksi

3 Hal Ini Berpengaruh Pada Peluang Bisnis Homestay Anda untuk Sukses

3 Hal Ini Berpengaruh Pada Peluang Bisnis Homestay Anda untuk Sukses 0

Peluang bisnis homestay atau guest house, dimana Anda menyewakan rumah atau salah satu ruangan di rumah

3 Jurus Meraup Untung Besar dari Bisnis Pie

3 Jurus Meraup Untung Besar dari Bisnis Pie 0

Pie mungkin bukan hidangan asli Indonesia. Tetapi, produk kuliner ini menjadi salah satu makanan favorit

Peluang Usaha Baju Cheongsam Raup Banyak Untung Menjelang Imlek

Peluang Usaha Baju Cheongsam Raup Banyak Untung Menjelang Imlek 0

Muftika Hidayat lima tahun lalu mulai mencoba – coba melirik peluang usaha memproduksi Cheongsam, baju