Teropong Bisnis | Homepage
Manisnya Keuntungan Bisnis Pembibitan Pepaya Calina IPB-9

Manisnya Keuntungan Bisnis Pembibitan Pepaya Calina IPB-9

0 Comments 🕔23.Dec 2013

Buah pepaya rupanya buah buah yang biasa bagi para pebisnis. Pasalnya, salah seorang pemuda lulusan Sekolah Menengah Kejuruan atau SMK teknik mesin justru meraup kesuksesan bisnis lewat buah ini. Saat ini, pemuda yang bernama Mohammad Tono ini memiliki bisnis pembibitan dan budidaya buah pepaya Calina IPB-9.

Dari bisnis pembibitan buah pepaya Calina IPB-9 ini, dirinya mampu meraup omzet hingga jutaan rupiah per bulan. Menurutnya, ia mampu mengantongi sekitar Rp. 10.000.000 per bulan. Keuntungan ini ia peroleh hanya dari berjualan bibit pepaya tersebut dan usaha perkebunannya. Konsep yang ia terapkan dalam bisnisnya adalah konsep kemitraan bersama masyarakat sekitar tempat ia tinggal di Kabupaten Tuban, Jawa Timur.

Untuk memudahkan pengelolaan bisnis, pemuda berusia 22 tahun tersebut membagi 2 pusat bisnisnya. 2 pusat tersebut adalah pusat bisnis pembibitan pepaya dan perkebunan pepaya. Saat ini, ia memiliki lokasi pembibitan yang menampung hingga 4.000 bibit sedangkan untuk kebun pepaya sudah memiliki hingga 100 pohon.

Salah satu alasan mengapa ia mengusung konsep kemitraan untuk bisnis pembibitan buah pepaya Calina IPB-9 ini adalah karena dirinya memiliki keterbatasan dari sisi lahan. Dalam konsep ini, masyarakat yang tertarik dengan bisnis ini bisa membeli bibitnya. Jika Anda sudah menjadi mitra maka Anda akan terus didampingi selama proses tanam.

bisnis pepaya

Selain bisa memasarkan sendiri hasil panennya, Anda juga tidak perlu khawatir karena Tono akan membeli hasil tersebut. Bagaimana prospek bisnis pembibitan buah pepaya Calina IPB-9 ini? Jangan anggap remeh bisnis ini, karena nyatanya buah ini dijual dengan harga Rp. 3.500 per kilogram.

Kebutuhan akan buah juga terus meningkat. Buktinya, satu kios buah saja membutuhkan pasokan buah pepaya hingga 20 pepaya setiap harinya. Bayangkan jika Anda memiliki hubungan dengan beberapa kios buah di sekitar tempat pembibitan. Sebagai informasi tambahan sebelum menjalankan bisnis ini, pohon pepaya ini sangat cocok dikembangbiakan di daerah tropis.

Ukuran buah ini tidak terlalu besar bahkan relatif kecil sehingga bisa dikonsumsi sekaligus, Lebih lanjut, buah pepaya jenis Calina ini juga sangat manis sehingga sangat banyak yang menyukainya. Proses pembibitan juga relatif sangat mudah. Pohon akan langsung berbuah setelah 6 bulan yang kemudian akan berbuah setiap 1 minggu.

Persaingan juga tidak terlalu ketat karena tidak perlu bersaing dengan buah impor. Jika Anda memiliki lahan 1 hektar saja, setidaknya Anda sudah bisa merintis bisnis pembibitan buah pepaya Calina IPB-9 ini untuk kisaran 1.300 pohon. Salah satu tipsnya adalah membuat jarak tanam yang tepat dan aman yaitu sekitar 2 x 2.5 meter.

Pastikan jika pohon pepaya tersebut tidak terendam air agar tidak busuk. Bagaimana menurut Anda? Menarik bukan? Jika ya, segera lakukan persiapan dan raup manisnya keuntungan berbisnis buah pepaya.

usaha pepaya

Similar Articles

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho!

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho! 0

Nama TIKI pasti ngga akan begitu asing lagi ya di telinga kita semua, tentu aja

3 Inspirasi untuk Usaha Kuliner Pelapis Lezat Roti dan Kawan-Kawannya

3 Inspirasi untuk Usaha Kuliner Pelapis Lezat Roti dan Kawan-Kawannya 0

Usaha kuliner saat ini mulai bergeser ke arah kuliner sehat. Hal ini juga mempengaruhi proses produksi

3 Hal Ini Berpengaruh Pada Peluang Bisnis Homestay Anda untuk Sukses

3 Hal Ini Berpengaruh Pada Peluang Bisnis Homestay Anda untuk Sukses 0

Peluang bisnis homestay atau guest house, dimana Anda menyewakan rumah atau salah satu ruangan di rumah

3 Jurus Meraup Untung Besar dari Bisnis Pie

3 Jurus Meraup Untung Besar dari Bisnis Pie 0

Pie mungkin bukan hidangan asli Indonesia. Tetapi, produk kuliner ini menjadi salah satu makanan favorit

Peluang Usaha Baju Cheongsam Raup Banyak Untung Menjelang Imlek

Peluang Usaha Baju Cheongsam Raup Banyak Untung Menjelang Imlek 0

Muftika Hidayat lima tahun lalu mulai mencoba – coba melirik peluang usaha memproduksi Cheongsam, baju

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *