Teropong Bisnis | Homepage
Manisnya Bisnis Budidaya Lebah Madu

Manisnya Bisnis Budidaya Lebah Madu

0 Comments 🕔13.Oct 2013

Selain melakukan usaha tani, ternyata masyarakat tradisional yang ada di pelosok juga melakukan usaha lainnya yaitu budidaya tawon madu. Kegiatan budidaya ini nyatanya semakin meningkat seiring dengan kesadaran masyarakat akan hidup sehat dengan mengkonsumsi madu. Pemerintah dan swasta memberikan perhatian khusus kepada mereka yang membudidayakan tawon madu. Prospek bisnisnya juga masih terbuka lebar.

Salah seorang peternak tawon madu asal Jawa Timur, Adi, menyatakan bahwa budidaya tawon madu sangat mudah. Hama dan penyakit sebagai kendala utamanya juga tidak terlalu berpengaruh. Biasanya, lebah madu yang terbang terlalu tinggi akan dimakan oleh predator. Selain itu, peternak harus waspada dengan kutu.

Saat ini, Adi sudah memiliki ratusan kotak lebah di pinggiran hutan jati di Caruban. Ada beberapa jenis lebah yang bisa dibudidayakan seperti lebah hutan atau Apis Dorsata, lebah lokal atau Apis Cerana dan lebah unggul Apis Mellifera. Dari ketiga jenis lebah tersebut lebah jenis unggul atau Apis Mellifera merupakan jenis yang paling banyak dibudidayakan oleh peternak lebah. Hal ini terkait dengan karakter lebah yang produktif menghasilkan madu serta lebih jinak.

Sebagai alternatif lain, saat ini pemerintah sedang mengembangkan lebah madu jenis Apis Mellifera. Lebah ini dipilih karena berasal dari Eropa dan sangat produktif menghasilkan madu baik madu bee polen ataupun madu jenis propolis. Karakter lebah jenis ini juga lebih jika dan lebih mudah dibudidayakan tidak jauh dari pemukiman warga. Permintaan akan madu baik dari masyarakat ataupun pabrik-pabrik yang membutuhkan semakin meningkat.

1.Manisnya Bisnis Budidaya Lebah Madu1

Hal ini membuat prospek bisnis agro ini akan semakin membaik dan semakin populer ke depan. Selain itu, waktu panen yang hanya 15 hari saja menjadi keunggulan bisnis ini. Dalam satu bulan, Anda bisa memanen sebanyak 2 kali dengan hasil sekitar 3 kg madu, 3 kg royal jelly, 100 gram bee pollen dari 100 box koloni. Harga madu sendiri masi bervariasi dan fleksible.

Pada bulan tertentu madu bisa menjadi mahal karena suplay nektar bunga yang berkurang. Salah satu madu yang digunakan untuk obat adalah madu hitam dan dijual sekitar Rp. 100.000 per botol. Sedangkan untuk madu dari bunga mangga, rambutan dan kelengkeng harganya lebih murah jika dibandingkan dengan madu hitam dan madu pahit.

Selain menjual madu, Ari juga menjual bee pollen, royal jelly dan propolis. Sebelum melakoni budidaya tawon madu, Anda harus bisa memperhatikan ciri-ciri lebah madu kualitas super. Ratu lebah harus memilki fisik yang bagus dengan usia 3 bulan hingga 1 tahun.

Jumlah dan kualitas telur yang dihasilkan ratu lebah juga harus diperhatikan. Larva yang dihasilkan harus segar dan tentunya lebah harus agresif dan lincah. Manisnya bisnis ini biasanya bisa dirasakan antara bulan Mei hingga September.

1.Manisnya Bisnis Budidaya Lebah Madu3

Similar Articles

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho!

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho! 0

Nama TIKI pasti ngga akan begitu asing lagi ya di telinga kita semua, tentu aja

3 Inspirasi untuk Usaha Kuliner Pelapis Lezat Roti dan Kawan-Kawannya

3 Inspirasi untuk Usaha Kuliner Pelapis Lezat Roti dan Kawan-Kawannya 0

Usaha kuliner saat ini mulai bergeser ke arah kuliner sehat. Hal ini juga mempengaruhi proses produksi

3 Hal Ini Berpengaruh Pada Peluang Bisnis Homestay Anda untuk Sukses

3 Hal Ini Berpengaruh Pada Peluang Bisnis Homestay Anda untuk Sukses 0

Peluang bisnis homestay atau guest house, dimana Anda menyewakan rumah atau salah satu ruangan di rumah

3 Jurus Meraup Untung Besar dari Bisnis Pie

3 Jurus Meraup Untung Besar dari Bisnis Pie 0

Pie mungkin bukan hidangan asli Indonesia. Tetapi, produk kuliner ini menjadi salah satu makanan favorit

Peluang Usaha Baju Cheongsam Raup Banyak Untung Menjelang Imlek

Peluang Usaha Baju Cheongsam Raup Banyak Untung Menjelang Imlek 0

Muftika Hidayat lima tahun lalu mulai mencoba – coba melirik peluang usaha memproduksi Cheongsam, baju

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *