Teropong Bisnis | Homepage
Kantong Tebal Berkat Budidaya Lengkuas

Kantong Tebal Berkat Budidaya Lengkuas

0 Comments 🕔18.Dec 2013

Lengkuas adalah salah satu tumbuhan yang banyak manfaatnya. Selain untuk bumbu masakan, lengkuas juga dapat digunakan untuk obat berbagai macam penyakit, mulai radang sampai tumor. Oleh karena itu, prospek bisnis budidaya lengkuas sangat bagus. Siti Raudah tahu akan hal itu dan menjadi petani lenguas sejak tahun 2010.

Raudah mempunyai lahan seluas 1 hektar di Hatungun, Kalimantan Selatan. Dari lahan seluas ini, dia dapat menghasilkan 5,4 ton rimpang lengkuas kering dengan omzet Rp. 80 juta per bulan. Lengkuas yang dia budidayakan adalah jenis lengkuas merah yang dia jual dengan harga Rp. 8.500 per kg.

Lain Raudah, lain pula Utomo Rahardjo, pembudidaya laos dari Karang Anyar, Jawa Tengah. Dia membudidayakan lengkuas putih yang di tumpang sari dengan tanaman lain, seperti jahe dan kunyit. Menurutnya, lengkuas putih lebih menguntungkan daripada lengkuas merah. Lengkuas merah hanya dapat digunakan untuk bumbu, sedangkan lengkuas putih dapat juga digunakan untuk bumbu dan obat.

Dia mempunyai lahan seluas 60 ha yang digarap 44 petani plasma. Dari lahan seluas ini, dia dapat menghasilkan 80 ton lengkuas basah yang dijual Rp. 9.000 per kg. Omzet yang dia dapat sebesar Rp. 360 juta per bulan.

Bila Anda ingin mencoba bisnis budidaya lengkuas, pertama Anda harus menyiapkan lahan. Menurut Raudah, sebaiknya lahan digemburkan terlebih dahulu dan diberi pupuk kandang dan kompos. Siram juga tanah dengan air sebanyak dua kali sehari.

Bibit yang ditanam dapat Anda pilih, yaitu rimpang atau biji. Raudah lebih memilih rimpang karena mudah untuk ditanam. Untuk memulai menanam, rimpang harus dicelupkan ke larutan fungisida untuk mencegah penyakit.

Sedangkan menurut Utomo, lengkuas dipilihanya karena perawatannya yang mudah. Dia juga menggunakan sistem organik karena dapat menghemat biaya. Lengkuas termasuk tanaman yang kuat. Bahkan, Utomo belum pernah mengalami serangan penyakit pada tanaman lengkuasnya.

budidaya lengkuas

Pemanenan biasanya dilakukan setelah lengkuas berumur 2,5 bulan sampai 3 bulan. Setelah pemanenan, ada beberapa proses sebelum dipasarkan, yaitu:

1. Pencucian

Pencucian dilakukan didalam bak pencucian selama 2-3 jam. Kemudian diletakkan di dalam ruangan yang tidak terkena sinar matahari langsung selama satu hari, untuk meniriskan sisa-sisa air.

2. Perajangan

Proses ini dilakukan untuk mempersiapkan penggunaan lengkuas untuk keperluan lain, seperti obat, bumbu dan lainnya. Tetapi, lengkuas segar juga dapat dikonsumsi tanpa dilakukan proses perajangan. Jadi, proses ini tergantung tujuan pemasaran Anda.

3. Pengeringan

Pengeringan dapat dilakukan dengan menggunakan matahari langsung yang membutuhkan waktu agak lama atau dengan alat. Alat yang dipakai juga terbagi menjadi dua, yaitu alat pengering yang masih menggunakan sinar matahari dan mesin pengering.

Untuk mesin pengering, perlu diperhatikan suhunya agar tetap di 40-60 derajat Celcius agar hasil yang didapat sangat bagus.

Budidaya lengkuas sangat mudah dilakukan. Dan, bila Anda dapat menjalankannya dengan baik, bukan tidak mungkin lengkuas akan menjadi tambang emas Anda.

budidaya lengkuas

Similar Articles

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho!

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho! 0

Nama TIKI pasti ngga akan begitu asing lagi ya di telinga kita semua, tentu aja

3 Inspirasi untuk Usaha Kuliner Pelapis Lezat Roti dan Kawan-Kawannya

3 Inspirasi untuk Usaha Kuliner Pelapis Lezat Roti dan Kawan-Kawannya 0

Usaha kuliner saat ini mulai bergeser ke arah kuliner sehat. Hal ini juga mempengaruhi proses produksi

3 Hal Ini Berpengaruh Pada Peluang Bisnis Homestay Anda untuk Sukses

3 Hal Ini Berpengaruh Pada Peluang Bisnis Homestay Anda untuk Sukses 0

Peluang bisnis homestay atau guest house, dimana Anda menyewakan rumah atau salah satu ruangan di rumah

3 Jurus Meraup Untung Besar dari Bisnis Pie

3 Jurus Meraup Untung Besar dari Bisnis Pie 0

Pie mungkin bukan hidangan asli Indonesia. Tetapi, produk kuliner ini menjadi salah satu makanan favorit

Peluang Usaha Baju Cheongsam Raup Banyak Untung Menjelang Imlek

Peluang Usaha Baju Cheongsam Raup Banyak Untung Menjelang Imlek 0

Muftika Hidayat lima tahun lalu mulai mencoba – coba melirik peluang usaha memproduksi Cheongsam, baju

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *