Teropong Bisnis | Homepage
Jamur Kardus Dan Lezatnya Peluang Usahanya

Jamur Kardus Dan Lezatnya Peluang Usahanya

0 Comments 🕔25.Jan 2014

Bagi sebagian orang, kardus mungkin hanya sampah. Tetapi, bila Anda dapat memanfaatkannya, kardus dapat menjadi lahan menguntungkan. Seperti yang dilakukan Enjo Suharjo, dengan jamur kardus miliknya.

Petani jamur asal Cirebon ini berhasil memanfaatkan limbah kardus sebagai media untuk menanam jamur merang. Awalnya, dia menemukan beberapa petani yang memanfaatkan media kertas bekas puntung rokok untuk menanam jamur merang. Hal ini dia alami saat masih bertugas sebagai penyuluh pertanian di Kecamatan Losari, Kabupaten Cirebon pada tahun 1985.

Dia mencoba mengubah media kertas punting rokok dengan kardus. Dan, dia berhasil membudidayakan jamur merang. Dia menjaga suhu 28 – 32 derajat Celsius saat melakukan budidaya ini.

Hasilnya, Enjo dapat mendapatkan 50-60 kg jamur bahkan 1 kwintal bila produksinya bagus per bulan dari 1 kwintal kardus. Biasanya, Enjo menjualnya ke rumah makan atau ke supermarket yang lebih menguntungkan.

Sebenarnya, jamur merang dapat ditanam diberbagai macam media, selain kertas puntung rokok atau kardus. Contohnya, jerami, kompos, daun pisang kering, ampas aren, ampas tebu dan lainnya. Tetapi, jamur kardus ini mempunyai beberapa keunggulan dari jamur merang yang ditanam di media lainnya, seperti:

jamur kardus, peluang usaha, bisnis,tips usaha

1. Pengolahan Singkat

Pengolahan jamur kardus cukup singkat. Hanya dengan merendam didalam air kapur selama 5 hari, sudah dapat tumbuh. Tidak perlu jugaproses pengomposan seperti media jerami.

2. Produksi Banyak

Produksi yang dihasilkan juga jauh lebih banyak dari media lainnya. Rata-rata, Anda dapat menghasilkan 67 kg jamur atau lebih.

3. Lebih Kenyal

Media kardus diakui banyak konsumen menghasilkan jamur merang yang lebih kenyal. Memang, untuk rasa sangat tergantung dari bagaimana Anda menggunakan jamur merang dalam masakan. Tetapi, untuk kekenyalan, jamur kardus diakui lebih kenyal.

4. Warna

Warna jamur merang dengan media kardus juga jauh lebih putih. Hal ini sangat mempengaruhi penampilan jamur saat dihidangkan. Jamur ini tampak lebih menarik dan menggugah selera.

Jamur yang ditanam di media lain, seperti jerami, sering menjadi bewarna kecokelatan. Hal ini yang mengurangi daya tarik jamur merang dengan media tersebut.

Selain itu, saat di kemas, baik dalam keadaan basah atau kering, juga tampak lebih segar. Tetapi, kesegaran jamur kardus ini, juga nyata adanya. Jamur ini tetap terlihat segar meskipun sudah dipanen lebih dari sehari.

5. Aroma

Tidak seperti jamur merang pada umumnya, yang berbau apek, jamur kardus ini tidak berbau. Bahkan, bila diolah sedemikian rupa, baunya dapat menjadi lebih wangi.

Salah satu contoh pengolahan tersebut adalah menambahkan kacang buncis, kangkung, bonggol pisang dan bekatul pada media tanam.Campuran ini yang mempengaruhi aroma yang dihasilkan oleh jamur. Sehingga, sangat membedakan dengan jamur merang yang ditanam dengan media jerami.

jamur kardus, peluang usaha, bisnis,tips usaha

BACA JUGA:

Peluang Budidaya Murai Medan Semerdu Kicauannya

Jeli Melihat Peluang, Brownies Unik Menjadi Pembuka Kesuksesan

Similar Articles

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho!

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho! 0

Nama TIKI pasti ngga akan begitu asing lagi ya di telinga kita semua, tentu aja

3 Inspirasi untuk Usaha Kuliner Pelapis Lezat Roti dan Kawan-Kawannya

3 Inspirasi untuk Usaha Kuliner Pelapis Lezat Roti dan Kawan-Kawannya 0

Usaha kuliner saat ini mulai bergeser ke arah kuliner sehat. Hal ini juga mempengaruhi proses produksi

3 Hal Ini Berpengaruh Pada Peluang Bisnis Homestay Anda untuk Sukses

3 Hal Ini Berpengaruh Pada Peluang Bisnis Homestay Anda untuk Sukses 0

Peluang bisnis homestay atau guest house, dimana Anda menyewakan rumah atau salah satu ruangan di rumah

3 Jurus Meraup Untung Besar dari Bisnis Pie

3 Jurus Meraup Untung Besar dari Bisnis Pie 0

Pie mungkin bukan hidangan asli Indonesia. Tetapi, produk kuliner ini menjadi salah satu makanan favorit

Peluang Usaha Baju Cheongsam Raup Banyak Untung Menjelang Imlek

Peluang Usaha Baju Cheongsam Raup Banyak Untung Menjelang Imlek 0

Muftika Hidayat lima tahun lalu mulai mencoba – coba melirik peluang usaha memproduksi Cheongsam, baju

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *