Teropong Bisnis | Homepage
Intip Manisnya Peluang Budidaya Ikan Kerapu

Intip Manisnya Peluang Budidaya Ikan Kerapu

0 Comments 🕔04.May 2014

Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia. Bayangkan saja, ada 17.000 lebih pulau yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Karena hal ini pulalah, komoditas bisnis yang berasal dari laut, sebenarnya mempunyai prospek yang sangat menjanjikan. Bila mampu dikelola dengan benar, bisa saja akan menjadi usaha sukses untuk Anda atau siapa saja yang mencobanya.

Salah satu komoditas laut yang menjanjikan adalah ikan kerapu. Ikan yang banyak hidup didaerah berkarang ini sangat diminati oleh pasar domestik maupun luar negeri. Salah satu cara membudidayakan ikan ini adalah dengan metode Keramba Jaring Apung (KJA). Dan, Kendari, Sulawesi Tenggara merupakan salah satu daerah yang sukses melakukan metode ini.

Di Kendari, daerah yang banyak menggunakan KJA untuk budidaya kerapu berada di 2 wilayah pesisir. Daerah-daerah tersebut adalah Abeli Desa Bungkutoko Kota Kendari dan Pulau Indo, Kecamatan Tikep, Kabupaten Muna.

Untuk membudidayaka ikan kerapu, pertama Anda perlu memilih jenis ikan kerapu yang akan Anda budidayakan. Pada umumnya, ada 3 jenis ikan kerapu yang dapat dipilih, yaitu Kerapu Bebek, Kerapu Macan dan Kerapu Lumpur.

Sama seperti bisnis budidaya lainnya, Anda perlu memperhatikan cara perawatan dan tempat untuk budidaya ikan ini. Untuk tempat, ikan kerapu menyukai tempat dengan dasar berpasir dan berkarang, serta ditumbuhi lamun.

Yang unik, ikan kerapu mempunyai sifat hermaprodit protogini. Artinya, ikan ini dapat berganti kelamin secara alami. Oleh karena itu, Anda tidak perlu susah dalam membeli indukan. Cukup memilih kerapu dengan ukuran dan umur tertentu.

budidaya ikan kerapu, usaha sampingan, usaha rumahan, peluang usaha, ide bisnis

Untuk pakan, ikan Kerapu dapat diberikan ikan-ikan kecil, karena termasuk ikan karnivora. Tetapi, pada saat masih kecil, cukup diberi pelet.

Lokasi KJA menjadi salah satu hal terpenting dalam kesuksesan budidaya ikan ini. Lokasi dengan kategori mudah dijangkau, terlindung dari gelombang besar, kualitas air yang baik merupakan lokasi yang tepat untuk dipilih.

Anda juga harus melengkapi KJA Anda dengan peralatan penunjang. Rakit, jaring, Freezer untuk menjaga kesegaran pakan adalah beberapa hal yang harus ada dan siap digunakan. Jaring juga harus rutin diganti, setidaknya 1 bulan sekali. Selain itu, air harus diperiksa setidaknya 2 minggu sekali, agar ikan tidak terserang penyakit.

Pemanenan sebaiknya dilakukan pada sore hari, agar hasilnya baik. Pengemasan biasanya dibedakan menjadi dua macam, yaitu ukuran standar 300-500 gram dan ukuran super 600-800 gram.

Pasar bisnis ini cukup luas. Selain pasar domestik, permintaan negara-negara seperti Jepang, Hongkong, Korea, Amerika Serikat dan Eropa cukup tinggi. Hal ini yang membuat pemasaran ikan ini cukup mudah dilakukan.

Akan tetapi, satu hal yang perlu Anda ingat, modal yang dibutuhkan untuk bisnis budidaya ikan kerapu ini terbilang cukup besar. Anda juga harus membekali diri Anda dengan pengetahuan lengkap mengenai ikan ini. Karena, bila ada kesalahan sedikit saja, sangat mungkin Anda akan gagal panen.

budidaya ikan kerapu, usaha sampingan, usaha rumahan, peluang usaha, ide bisnis

BACA JUGA:

Bisnis Ternak Sapi Potong Tawarkan Keuntungan yang Sangan Menggiurkan

Cara Menyulap Ratusan Ribu Menjadi Ratusan Juta dengan Seragam Militer

Similar Articles

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho!

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho! 0

Nama TIKI pasti ngga akan begitu asing lagi ya di telinga kita semua, tentu aja

3 Inspirasi untuk Usaha Kuliner Pelapis Lezat Roti dan Kawan-Kawannya

3 Inspirasi untuk Usaha Kuliner Pelapis Lezat Roti dan Kawan-Kawannya 0

Usaha kuliner saat ini mulai bergeser ke arah kuliner sehat. Hal ini juga mempengaruhi proses produksi

3 Hal Ini Berpengaruh Pada Peluang Bisnis Homestay Anda untuk Sukses

3 Hal Ini Berpengaruh Pada Peluang Bisnis Homestay Anda untuk Sukses 0

Peluang bisnis homestay atau guest house, dimana Anda menyewakan rumah atau salah satu ruangan di rumah

3 Jurus Meraup Untung Besar dari Bisnis Pie

3 Jurus Meraup Untung Besar dari Bisnis Pie 0

Pie mungkin bukan hidangan asli Indonesia. Tetapi, produk kuliner ini menjadi salah satu makanan favorit

Peluang Usaha Baju Cheongsam Raup Banyak Untung Menjelang Imlek

Peluang Usaha Baju Cheongsam Raup Banyak Untung Menjelang Imlek 0

Muftika Hidayat lima tahun lalu mulai mencoba – coba melirik peluang usaha memproduksi Cheongsam, baju

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *