Teropong Bisnis | Homepage
Hal Penting dalam Melakoni Bisnis Ikan Hias Manfish

Hal Penting dalam Melakoni Bisnis Ikan Hias Manfish

0 Comments 🕔16.May 2014

Saat ini, bisnis dalam bidang perikanan berkembang sangat pesat. Jenis ikan juga tidak hanya datang dari ikan yang boleh dikonsumsi saja. Faktanya, banyak orang membeli ikan hanya untuk dikoleksi karena keindahannya. Untuk itulah, Anda bisa memulai memikirkan untuk berbisnis yang berhubungan dengan ikan.

Salah satu contoh yang bisa Anda jadikan referensi adalah bisnis ikan hias manfish. Mengapa Anda harus mencoba melakoni bisnis ini? dan bagaimana seluk beluk bisnis ikan hias jenis ini? Layaknya ikan hias jenis lainnya, ikan manfish banyak dilirik karena keindahan bentuk tubuhnya.

Tubuh ikan ini sangat tipis dengan bentuk sirip panjang yang khas. Warnanya juga beragam seperti hitam, perak, dan campuran berbagai warna. Selain itu, ikan hias manfish juga sangat populer sehingga sangat mudah untuk ditemukan.

Ikan ini bisa dibeli di toko-toko ikan hias ataupun pedagang ikan hias di pinggiran. Melihat kepopuleran ini, tentu saja prospek bisnis ikan hias manfish sangat menjanjikan. Namun, bisnis ini juga tidak bisa dibilang mudah.

Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan agar pengembangbiakan ikan manfish sesuai dengan yang diharapkan. Tentu saja, jika proses budidayanya sesuai harapan, maka kualitas ikan juga akan semakin baik yang juga menentukan harga di pasaran.

ikan hias, usaha sampingan, usaha rumahan, ternak ikan, wirausaha

Proses budidaya ikan manfish adalah hal utama yang harus Anda perhatikan khususnya jika Anda ingin memulai bisnis ini secara mandiri. Langkah awal adalah memperhatikan pematangan gonad. Proses pematangan dilakukan di dalam akuarium berukuran 60 cm x 40 cm x 40 cm.

Beri setidaknya 10 ekor induk. Kemudian, ketahui juga informasi mengenai pakan yang tepat untuk perkembangan ikan manfish tersebut. Umumnya, pakan yang diberikan untuk ikan manfish adalah cacing tanah dan jentik nyamuk.

Ada baiknya untuk memisahkan antara induk ikan manfish betina dan jantan. Terkait dengan hal itu, tentu saja Anda juga harus bisa membedakan antara manfish jantan dan manfish betina. Rupanya, membedakannya juga tidak terlalu sulit.

Cukup perhatikan ciri-ciri fisiknya seperti kepala menonjol untuk jantan. Untuk betina, kepalanya datare dengan warna yang tidak secerah warna jantan. Jika sudah mulai cukup umur, Anda juga harus memperhatikan proses pemijahan.

Hal dasar seperti harus dilakukan secara berpasangan serta ukuran akuarium yang digunakan sangat penting untuk diketahui agar semuanya berjalan dengan lancar. Lebih lanjut lagi, Anda juga harus belajar mengenai penetasan pemeliharaan larva, pendederan dan pembesaran.

Tentu saja, Anda tidak harus melakukannya sendiri. Anda bisa menyewa orang lain sebagai karyawan untuk melakukan hal-hal tersebut di atas. Namun, ada baiknya bagi Anda untuk mengetahui prosesnya karena Anda bisa memantau kinerja karyawan Anda dengan baik. Jika memang Anda tertarik pada dunia ikan hias, perdalam lagi informasi mengenai ikan manfish kemudian mulailah menjalankan bisnis ikan hias manfish.

ikan hias, usaha sampingan, usaha rumahan, ternak ikan, wirausaha

BACA JUGA:

Intip Manisnya Peluang Budidaya Ikan Kerapu

Bisnis Ternak Sapi Potong Tawarkan Keuntungan yang Sangan Menggiurkan

Similar Articles

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho!

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho! 0

Nama TIKI pasti ngga akan begitu asing lagi ya di telinga kita semua, tentu aja

3 Inspirasi untuk Usaha Kuliner Pelapis Lezat Roti dan Kawan-Kawannya

3 Inspirasi untuk Usaha Kuliner Pelapis Lezat Roti dan Kawan-Kawannya 0

Usaha kuliner saat ini mulai bergeser ke arah kuliner sehat. Hal ini juga mempengaruhi proses produksi

3 Hal Ini Berpengaruh Pada Peluang Bisnis Homestay Anda untuk Sukses

3 Hal Ini Berpengaruh Pada Peluang Bisnis Homestay Anda untuk Sukses 0

Peluang bisnis homestay atau guest house, dimana Anda menyewakan rumah atau salah satu ruangan di rumah

3 Jurus Meraup Untung Besar dari Bisnis Pie

3 Jurus Meraup Untung Besar dari Bisnis Pie 0

Pie mungkin bukan hidangan asli Indonesia. Tetapi, produk kuliner ini menjadi salah satu makanan favorit

Peluang Usaha Baju Cheongsam Raup Banyak Untung Menjelang Imlek

Peluang Usaha Baju Cheongsam Raup Banyak Untung Menjelang Imlek 0

Muftika Hidayat lima tahun lalu mulai mencoba – coba melirik peluang usaha memproduksi Cheongsam, baju

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *