Teropong Bisnis | Homepage
Gurihnya Peluang Bisnis Ikan Asin

Gurihnya Peluang Bisnis Ikan Asin

0 Comments 🕔20.Jan 2014

Mungkin sebagian dari Anda memandang bahwa ikan asin adalah makanan kampung. Tetapi, untuk Bebi, warga Jalan Pulau Seram, Kampung Kurnia, Kelurahan Belawan Bahari, Kecamatan Medan Belawan, ikan asin adalah bisnis yang menjanjikan. Dia bahkan sudah 10 tahun menjalankan bisnis ikan asin ini.

Bebi menggunakan ikan jenis gulama, cincaru dan selar kuning yang dia dapat dari Gabion Belawan. Seharinya, dia membutuhkan 100 kg ikan. Dengan harga Rp. 2.500-Rp. 3.000, dia mengeluarkan dana sebesar Rp. 2,5 juta-Rp. 3 juta per harinya.

100 kg ikan akan susut setelah dijadikan ikan asin. Contohnya, 100 kg ikan gulama belah menjadi 40 kg dan gulama bulat hanya susut 15 kg. Dia menjual ikan asin buatannya dengan hara Rp. 12.000-Rp. 13.000 untuk gulama belah dan Rp. 15.000-Rp. 17.500 untuk gulama bulat. Dari sini, keuntungan terendah yang dia dapat adalah Rp. 600 ribu. Jadi, cukup menjanjikan.

Untuk pemasaran, Bebi mempunyai pelanggan sendiri yang datang langsung ke tempatnya. Bahkan sering ada yang memesan dalam jumlah besar sampai 10 ton.

Menurut Bebi, yang terpenting dalam bisnis ikan asin ini adalah proses penggaraman. Dia menggunakan 30-40 kg garam dan satu gayung tawas untuk 100 kg ikan. Ikan dimasukkan ke dalam blong (drum plastik berwarna biru) dan direndam larutan tersebut selama dua malam.

ikan asin, jual ikan, tips usaha, bisnis, peluang usaha

Setelah itu, ikan dicuci dan dibelah, lalu dijemur. Penjemuran biasanya dilakukan pada pukul 10.00 sampai 17.00.

Menurut Bebi, pelanggannya sering datang saat ikan masih dalam proses penjemuran dan memesan. Dan pada sore hari, setelah ikan selesai dijemur, pelanggannya ini akan datang kembali untuk mengambil pesanan.

Bebi mengungkapkan kendala yang sering dia hadapi saat menjalankan bisnis ikan asin ini adalah hujan. Bila musim hujan, ikan tidak bisa dijemur dan tidak kering, sehingga tidak dapat dijual.

Menurut Bebi, ada 3 jenis ikan yang dapat digunakan untuk membuat ikan asin. Yang pertama adalah ikan berukuran besar, seperti tenggiri, kakap dan lainnya. Dan, yang kedua adalah ikan berukuran sedang seperti ikan kembung, tiga waja dan lainnya. Yang terakhir adalah ikan kecil, seperti teri.

Untuk ikan ukuran besar, ikan perlu dihilangkan sisiknya, isi perut dan insang. Ikan lalu dibelah pada bagian punggung dan perut, tanpa sampai benar-benar terbelah dua. Bagian tebal juga disayat miring.

Untuk ikan ukuran sedang, hanya dilakukan pembelahan pada bagian samping atau tidak dibelah. Ikan ukuran kecil hanya perlu dicuci dengan air bersih.

Penggaraman juga terbagi menjadi 3 cara, yaitu penggaraman kering, basah dan kench salting. Penggaraman kering dilakukan dengan garam berbentuk kristal. Penggaraman basah, menggunakan larutan garam dan kench salting menggunakan kristal garam juga, tetapi dengan metode kedap air.

Bila Anda tertarik untuk menggeluti bisnis ikan asin ini, maka Anda perlu memperhatikan proses-proses diatas. Dan karena peluangnya yang bagus, maka keuntungan akan lebih mudah diraih.

ikan asin, jual ikan, tips usaha, bisnis, peluang usaha

BACA JUGA:

Peluang Emas Budidaya Lebah Madu

Omzet Yang Menggoda Dari Bisnis Warung Tenda

Similar Articles

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho!

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho! 0

Nama TIKI pasti ngga akan begitu asing lagi ya di telinga kita semua, tentu aja

3 Inspirasi untuk Usaha Kuliner Pelapis Lezat Roti dan Kawan-Kawannya

3 Inspirasi untuk Usaha Kuliner Pelapis Lezat Roti dan Kawan-Kawannya 0

Usaha kuliner saat ini mulai bergeser ke arah kuliner sehat. Hal ini juga mempengaruhi proses produksi

3 Hal Ini Berpengaruh Pada Peluang Bisnis Homestay Anda untuk Sukses

3 Hal Ini Berpengaruh Pada Peluang Bisnis Homestay Anda untuk Sukses 0

Peluang bisnis homestay atau guest house, dimana Anda menyewakan rumah atau salah satu ruangan di rumah

3 Jurus Meraup Untung Besar dari Bisnis Pie

3 Jurus Meraup Untung Besar dari Bisnis Pie 0

Pie mungkin bukan hidangan asli Indonesia. Tetapi, produk kuliner ini menjadi salah satu makanan favorit

Peluang Usaha Baju Cheongsam Raup Banyak Untung Menjelang Imlek

Peluang Usaha Baju Cheongsam Raup Banyak Untung Menjelang Imlek 0

Muftika Hidayat lima tahun lalu mulai mencoba – coba melirik peluang usaha memproduksi Cheongsam, baju

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *