Teropong Bisnis | Homepage
Dari Maicih ke Keripik Slondok, Tris Menjadi Jutawan

Dari Maicih ke Keripik Slondok, Tris Menjadi Jutawan

0 Comments 🕔22.Mar 2014

Kehidupan dan bisnis dapat diibaratkan sebagai saudara kembar. Untuk sukses di keduanya, Anda harus berusaha. Tris Wahyuni adalah contoh nyatannya. Demi menghidupi anaknya yang berusia 9 dan 15 tahun, dia berani terjun dalam dunia bisnis dan sukses dengan keripik slondok.

Bisnis yang dia tekuni pertama kali adalah bisnis makanan Maicih. Dia bahkan harus keluar dari pekerjaannya sebagai pegawai di bagian keuangan kontraktor bangunan.

Menjadi agen Maicih cukup menjanjikan. Tris dapat menjual 500-700 bungkus Maicih perbulannya. Hal ini juga disebabkan oleh popularitas keripik ini sedang naik pada tahun 2011, saat Tris menjalani bisnis ini.

Didalam dunia bisnis terdapat pula roda perputaran posisi produk di pasar. Hal ini berlaku pula pada produk keripik Maicih. Popularitas produk ini mulai menurun. Sehingga, Tris pun hanya mampu meraih keuntungan sebesar Rp. 200 per bungkus keripik yang dia jual.

wirausaha, maicih, keripik slondok, jutawan, usaha

Karena keuntungan yang menurun, Tris berinovasi untuk membuat keripik sendiri. Bahan yang dia pakai adalah slondok, semacam bahan olahan ubi. Tris berpikir bahwa singkong sudah umum. Dan, karena dia gemar memakan slondok sebagai camilan, dia mencoba menggunakannya.

Disini, Anda dapat melihat kreativitas dari Tris, untuk mengolah bahan yang dia sudah biasa gunakan. Selain mudah untuk dibuat, peluang terjadinya masalah saat mengolahnya juga kecil. Hal ini dikarenakan dia sudah paham dengan bahan yang dia gunakan.

Tidak hanya sampai disitu. Dari pengalamannya menjual keripiki Maicih, Tris memanfaatkannya untuk menjual keripik slondok buatannya.

Yang pertama, Tris menggunakan bumbu yang sama dengan keripik Maicih yang dia jual dahulu. Tetapi, untuk  kepuasan pelanggan, Tris menggunakan bahan dan bumbu alami, tanpa perasa makanan. Dia hanya menggunakan daun jeruk dan bumbu tanpa MSG.

Jaringan dalam bisnis juga penting. Tris yang sudah membangun jaringan bisnis saat menjadi agen Maicih dulu mendapatkan keuntungan darinya. Dari jaringan ini, dia berhasil memasarkan produk keripik slondok buatannya.

Hasil yang didapat juga cukup menguntungkan. Tris berhasil menjual 900 bungkus keripik Srikandi buatannya per bulan. Hal ini tentunya lebih besar dibandingkan penjualan keripik Maicih dulu, yang hanya 500-700 bungkus per bulan.

Keuntungan yang didapat Tris cukup besar. Dia dapat meraup 75% keuntungan dari produknya ini. Untuk harga sendiri, Tris memasang harga antara Rp. 10.000 – Rp. 15.000 per bungkus. Dan, dengan penjualan 900 bungkus per bulan, Tris dapat mengantongi omzet lebih dari Rp. 9 juta.

Tris juga berinovasi dengan membuat kemasan kecil. Kemasan kecil ini dititipkan ke toko-toko di sekitar stasiun, pangkalan ojek dan lainnya. Kemasan yang kecil ini dibuat agar konsumen dapat lebih praktis dalam memakannya.

Tris juga ingin mengembangkan keripik slondok buatannya agar mampu masuk dalam minimarket. Selain itu, Tris menawarkan kerjasama untuk Anda yang tertarik menjadi agen penjualan. Bila tertarik, Anda dapat mengunjungi Tris di alamat dibawah ini.

Kota Baru No 11, Bandung

Email: [email protected]

wirausaha, maicih, keripik slondok, jutawan, usaha

BACA JUGA:

Solusi Masalah Produksi Bisnis Fashion, Maklun Jahit

Bisnis Cake Pops yang Menyenangkan dan Menguntungkan

Similar Articles

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho!

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho! 0

Nama TIKI pasti ngga akan begitu asing lagi ya di telinga kita semua, tentu aja

3 Inspirasi untuk Usaha Kuliner Pelapis Lezat Roti dan Kawan-Kawannya

3 Inspirasi untuk Usaha Kuliner Pelapis Lezat Roti dan Kawan-Kawannya 0

Usaha kuliner saat ini mulai bergeser ke arah kuliner sehat. Hal ini juga mempengaruhi proses produksi

3 Hal Ini Berpengaruh Pada Peluang Bisnis Homestay Anda untuk Sukses

3 Hal Ini Berpengaruh Pada Peluang Bisnis Homestay Anda untuk Sukses 0

Peluang bisnis homestay atau guest house, dimana Anda menyewakan rumah atau salah satu ruangan di rumah

3 Jurus Meraup Untung Besar dari Bisnis Pie

3 Jurus Meraup Untung Besar dari Bisnis Pie 0

Pie mungkin bukan hidangan asli Indonesia. Tetapi, produk kuliner ini menjadi salah satu makanan favorit

Peluang Usaha Baju Cheongsam Raup Banyak Untung Menjelang Imlek

Peluang Usaha Baju Cheongsam Raup Banyak Untung Menjelang Imlek 0

Muftika Hidayat lima tahun lalu mulai mencoba – coba melirik peluang usaha memproduksi Cheongsam, baju

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *