Teropong Bisnis | Homepage
Batok Kelapa Pembuka Pintu Kesuksesan

Batok Kelapa Pembuka Pintu Kesuksesan

🕔07.Nov 2013

Kreativitas sangat diperlukan bila ada ingin sukses. Salah satu contoh nyatanya adalah Ade Sumarno. Dia menggunakan limbah batok kelapa yang terlihat tidak berguna dan mengubahnya menjadi karya seni bernilai tinggi. Dan, dari sini, dia berhasil menghasilkan uang.

Bagian limbah batok kelapa yang Ade manfaatkan untuk menghasilkan karya seni bernilai tinggi adalah bagian cangkang. Pada awalnya, Ade hanya mencoba saja untuk menjalankan usahanya ini pada tahun 2008. Akan tetapi, kerja kerasnya rupanya berbuah hasil. Banyakmasyarakat baik dari dalam negeri maupun luar negeri yang tertarik dan memesan karya dari pria Bandung ini.

Untuk harga, Ade memasang harga yang bervariasi untuk tiap karya seni yang dihasilkannya. Harga produk buatan Ade ini berkisar antara Rp. 500 ribu sampai Rp. 1,5 juta. Bila anda melihat dari modal dan bahan yang digunakan, tentunya bisa dikatakan Ade mendapatkankeuntungan yang besar. Dan juga, alat yang digunakan juga sederhana, seperti lem, gergaji dan amplas.

Ada banyak jenis produk yang dihasilkan Ade. Ade membuat produk berbentu hewan, seperti gajah dan kuda. Ada juga produk berbentuk kendaraan, seperti becak dan motor Harley Davidson, atau hewan fantasi, seperti naga.

Waktu yang dibutuhkan untuk membuat produk tersebut bervariasi, tergantung dengan kerumitan modal. Contohnya, untuk model naga, membutuhkan waktu 2 minggu, sedangkan kuda hanya 4 hari.

Untuk memasarkan produknya, Ade menitipkan karyanya di galeri seni di Bandung atau gerai-gerai di stasiun atau hotel. Saat ini, dia belum memiliki kantor atau toko khusus untuk produknya.

Meskipun Ade tidak mempunyai toko, tetapi, pesanan yang datang kepadanya melalui telepon sangat banyak. Bahkan ada salah seorang pejabat BUMN yang meminta dia untuk membuatkan karya seni batok kelapa untuk kamar mandi pejabat tersebut.

Ade memperoleh omset sekitar 10 sampai 20 juta per bulan. Dan, dia juga mampu mengangkat karyawan untuk membantu usahanya ini. Artinya Ade mampu untuk membuat lapangan pekerjaan untuk orang lain.

Bila Anda melihat bahan, alat dan prose pembuatan, Anda pasti berpikir bahwa usaha karya seni dari batok kelapa ini terlihat sederhana. Memang, sederhana, tetapi, bila Anda melihat Ade yang menjalankan dan mengelolanya dengan sungguh-sungguh, maka usaha ini akan sukses dan menjadi besar.

Ade sendiri hanya menggunakan Rp. 100 ribu untuk membeli bahan batok kelapa per karung sebagai bahan baku utama usahanya. Dan, dari hasilnya puluhan juta bisa didapat.

Jadi yang bisa Anda cermati dari usaha ini adalah ada 3 kunci kesuksesan yang dapat Anda gunakan. Ketiga hal ini adalah keterampilan, kegigihan dan optimisme. Dengan ketiga hal tersebut, Ade dan banyak orang berhasil untuk mewujudkan impian kesuksesan dengan usaha yang mereka jalankan.

 

Similar Articles

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho!

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho! 0

Nama TIKI pasti ngga akan begitu asing lagi ya di telinga kita semua, tentu aja

3 Inspirasi untuk Usaha Kuliner Pelapis Lezat Roti dan Kawan-Kawannya

3 Inspirasi untuk Usaha Kuliner Pelapis Lezat Roti dan Kawan-Kawannya 0

Usaha kuliner saat ini mulai bergeser ke arah kuliner sehat. Hal ini juga mempengaruhi proses produksi

3 Hal Ini Berpengaruh Pada Peluang Bisnis Homestay Anda untuk Sukses

3 Hal Ini Berpengaruh Pada Peluang Bisnis Homestay Anda untuk Sukses 0

Peluang bisnis homestay atau guest house, dimana Anda menyewakan rumah atau salah satu ruangan di rumah

3 Jurus Meraup Untung Besar dari Bisnis Pie

3 Jurus Meraup Untung Besar dari Bisnis Pie 0

Pie mungkin bukan hidangan asli Indonesia. Tetapi, produk kuliner ini menjadi salah satu makanan favorit

Peluang Usaha Baju Cheongsam Raup Banyak Untung Menjelang Imlek

Peluang Usaha Baju Cheongsam Raup Banyak Untung Menjelang Imlek 0

Muftika Hidayat lima tahun lalu mulai mencoba – coba melirik peluang usaha memproduksi Cheongsam, baju