Teropong Bisnis | Homepage
1000 Manfaat Si Kambing PE

1000 Manfaat Si Kambing PE

0 Comments 🕔29.Oct 2013

Kambing peranakan Etawa atau kambing PE merupakan salah satu jenis kambing yang mempunyai potensi besar untuk diternakkan. Saat ini, peluang bisnis peternakan kambing jenis ini sangatlah tinggi dan cukup dinikmati. Daerah seperti Kaligesing Purworejo, Bantul dan Sleman, saat ini menjadi pusat peternakan terbesar kambing jenis ini.

Kambing PE juga mempunyai nilai ekonomis yang tinggi. Salah satu hasil yang didapat dari kambing ini adalah susu. Di Sleman sendiri, daerah Nganggring dan Kemiri Kebo adalah penghasil susu kambing PE terbesar. Kebanyakan usaha ini berada di daerah Girikerto Turi, tetapi, ada juga yang berada di Jl. Ringroad Pandean Condong Catur.

Ada banyak alasan mengapa susu kambing PE atau Etawa menjadi salah satu produk unggulan. Yang pertama adalah butiran lemak susu kambing PE yang bersifat homogen dan berukuran mikro. Hal ini menyebabkan lemak dapat diserap tubuh dengan mudah.

Selain itu, susu kambing Etawa juga berkhasiat menyembuhkan beberapa macam penyakit. Sehingga, banyak masyarakat yang mengkonsumsi susu ini untuk mengobati asma, TBC, osteoporosis, eksim hingga penuaan dini. Oleh karena itu, susu ini sering menjadi alternatif pengganti susu sapi.

Keuntungan yang didapat dari menjual susu kambing PE juga lebih besar. Harga susu kambing PE berkisar antara Rp. 15.000 hingga Rp. 20.000 per liter, sedangkan susu sapi, hanya Rp. 5.000 per liter.

Selain susu, daging kambing PE juga menjadi produk unggulan peternakan kambing PE. Bahkan, kambing PE jantan dikawin silangkan dengan kambing pedaging lokal untuk memperbaiki keturunan. Nantinya, keturunan kawin silang ini akan menghasilkan kambing yang berukuran besar layaknya kambing Etawa.

Selain susu dan daging, kotoran, kulit dan penampilan kambing PE juga sangat bermanfaat. Kotoran kambing PE digunakan sebagai pupuk organik. Kulit kambing PE yang lebar banyak digunakan sebagai bahan kerajinan kulit.

Penampilan kambing PE yang besar dan gagah banyak digunakan pada ajang kontes hewan. Dengan kontes ini pulalah, harga kambing PE dapat melonjak sangat tinggi.

Para peternak kambing PE juga memelihara kambing ini sebagai penghasil bibit kambing PE. Kambing ini mempunyai usia produktif sekitar 5 tahun. Untuk memanen bibit kambing PE dibutuhkan waktu 8 bulan, yaitu 5 bulan masa bunting dan 3 bulan masa menyusui. Jadi setiap 8 bulan, kambing jenis ini akan siap lagi dipanen untuk diambil bibit kambing yang akan dijual ke konsumen.

Dengan begitu banyaknya keunggulan yang dipunyai oleh kambing PE, maka ada beberapa daerah yang mempunyai ide unik untuk memperkenalkan kambing ini kepada masyarakat. Di daerah Turi dan Pakem, Sleman, banyak peternakan kambing PE yang menyediakan paket wisata kambing PE. Masyarakat akan dibawa melihat peternakan kambing PE dan juga mendapatkan informasi mengenai kambing ini.

Similar Articles

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho!

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho! 0

Nama TIKI pasti ngga akan begitu asing lagi ya di telinga kita semua, tentu aja

3 Inspirasi untuk Usaha Kuliner Pelapis Lezat Roti dan Kawan-Kawannya

3 Inspirasi untuk Usaha Kuliner Pelapis Lezat Roti dan Kawan-Kawannya 0

Usaha kuliner saat ini mulai bergeser ke arah kuliner sehat. Hal ini juga mempengaruhi proses produksi

3 Hal Ini Berpengaruh Pada Peluang Bisnis Homestay Anda untuk Sukses

3 Hal Ini Berpengaruh Pada Peluang Bisnis Homestay Anda untuk Sukses 0

Peluang bisnis homestay atau guest house, dimana Anda menyewakan rumah atau salah satu ruangan di rumah

3 Jurus Meraup Untung Besar dari Bisnis Pie

3 Jurus Meraup Untung Besar dari Bisnis Pie 0

Pie mungkin bukan hidangan asli Indonesia. Tetapi, produk kuliner ini menjadi salah satu makanan favorit

Peluang Usaha Baju Cheongsam Raup Banyak Untung Menjelang Imlek

Peluang Usaha Baju Cheongsam Raup Banyak Untung Menjelang Imlek 0

Muftika Hidayat lima tahun lalu mulai mencoba – coba melirik peluang usaha memproduksi Cheongsam, baju

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *