Teropong Bisnis | Homepage
Tujuan Ekspor Furnitur Tercapai dengan Kayu Bekas

Tujuan Ekspor Furnitur Tercapai dengan Kayu Bekas

0 Comments 🕔23.Mar 2014

Kesuksesan merupakan salah satu tujuan setiap orang yang menjalankan bisnis. Dan, ada berbagai macam jenis pencapaian yang dapat dikatakan sebagai kesuksesan. Salah satunya adalah bila Anda mampu memasarkan produk Anda ke luar negeri atau ekspor.

Bila Anda berhasil melakukan ekspor, maka produk Anda sudah mendapat pengakuan dunia internasional. Artinya, kualitas produk Anda dapat disejajarkan dengan produk terbaik di pasar. Selain itu, ekspor juga membawa keuntungan yang sangat besar. Oleh karena itu, hal ini sering menjadi tujuan utama banyak pengusaha.

Untuk furnitur, ekspor furnitur dapat dikatakan tujuan yang tidak mudah untuk dicapai. Diperlukan usaha ekstra keras untuk mewujudkannya.

Menurut Ketua Dewan Penasehat Asosiasi Mebel Indonesia (Asmindo) Ambar Tjahjono, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, untuk mengekspor furnitur. Salah satunya adalah jenis kayu yang digunakan.

Pembeli dari luar negeri sangat memperhatikan jenis kayu yang Anda gunakan. Mereka akan lebih memilih kayu yang legal dan bersertifikat. Salah satu sertifikasi yang bisa Anda dapat adalah Sistem Verifikasi Legal Kayu (SVLK).

wirasuaha, ide bisnis, ekspor, furnitur, kayu bekas

Selain itu, kesadaran masyarakat dunia terhadap global warming juga semakin besar. Oleh karena itu, pasar internasional saat ini, bergeser pada produk-produk ramah lingkungan. Hal ini pula yang menyebabkan produk-produk furnitur dari kayu baru tidak diminati. Banyak diantara pembeli ini menentang adanya pembalakan liar.

Melihat kondisi diatas, ekspor furnitur yang paling menjanjikan adalah furnitur dengan menggunakan kayu bekas (recycle woods). Kayu jenis ini sesuai dengan konsep ramah lingkungan yang banyak disukai pasar internasional.

Bila Anda ingin mencoba usaha ini, ada beberapa tantangan yang harus Anda hadapi. Yang pertama adalah karakteristik kayu. Untuk mampu membuat furnitur berstandar internasional dari kayu bekas, Anda harus paham betul bagaimana mengolah kayu bekas ini. Cara memotong, finishing, penyatuan sehingga membentuk furnitur utuh harus sangat diperhatikan.

Selain itu, sama seperti bisnis lainnya, tren furnitur terkini juga perlu diperhatikan. Hal ini akan mempengaruhi kepuasan konsumen dan juga menjadi salah satu daya tarik produk Anda.

Dan, disini letak tantangannya. Membuat produk indah sesuai tren terkini akan sangat sulit dengan kayu bekas. Jadi, dibutuhkan kreativitas lebih dan inovasi dari Anda untuk melakukannya.

Peluang usaha ini memang sangat menjanjikan. Hal ini tampak dari semakin mudahnya membuka pintu untuk ekspor furnitur jenis ini ke luar negeri. Anda hanya perlu mengikuti pameran untuk mencari jaringan dan pembeli.

Saat ini, Anda tidak perlu mengikuti pameran di luar negeri untuk produk furnitur daur ulang ini. Popularitas furnitur asal Indonesia saat ini sedang naik. Oleh karena itu, furnitur Indonesia banyak disukai tidak hanya oleh konsumen Eropa, tetapi Amerika Serikat, Australia, China, Taiwan, Thailand dan Jepang. Dan, mereka datang ke Indonesia mencarinya, sehingga Anda hanya perlu mengikuti pameran di Indonesia saja.

wirasuaha, ide bisnis, ekspor, furnitur, kayu bekas

BACA JUGA:

Kulit Sapi Pembawa Keuntungan

Wisatawan Asing Minati Lampu Hias Buatan Anak Negeri

Similar Articles

Ingin Tahu Produk Berbahan Kulit yang Mempunyai Peluang Usaha Menjanjikan?

Ingin Tahu Produk Berbahan Kulit yang Mempunyai Peluang Usaha Menjanjikan? 0

Peluang usaha produk-produk kerajinan dan kreatif saat ini terbilang sangat menjanjikan. Bila Anda khawatir dengan

Pondok Pesantren Cuma Buat Ngaji? Pikir Lagi!

Pondok Pesantren Cuma Buat Ngaji? Pikir Lagi! 0

Selama ini kalau anda mendengar kata pesantren, pasti otak anda akan dengan otomatis mengasosiasikannya dengan

Saatnya Pamitan sama Uang Kertas!

Saatnya Pamitan sama Uang Kertas! 0

Tingkat kejahatan di Jakarta itu bisa bikin waswas memang. Yang perampokan lah yang penodongan lah.

Wisata Syariah Penuh Barokah? Apaan Tuh?

Wisata Syariah Penuh Barokah? Apaan Tuh? 0

Kalau dengar kata wisata, pasti identik dengan seneng-seneng, foya-foya, liat pemandangan, makan ini-itu... pokoknya having

Peluang Bisnis Kerajinan Asal Jawa Tengah Tembus Pasar Eropa

Peluang Bisnis Kerajinan Asal Jawa Tengah Tembus Pasar Eropa 0

Bisnis kerajinan merupakan peluang bisnis yang berpeluang besar untuk tembus pasar internasional. Jawa Tengah memang terkenal dengan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *