Teropong Bisnis | Homepage
Ternak Jangkrik, Populer dan Menggiurkan Labanya

Ternak Jangkrik, Populer dan Menggiurkan Labanya

0 Comments 🕔31.Mar 2014

Ada banyak jenis hama yang menyerang tanaman di sawah atau ladang. Salah satunya adalah jangkrik. Jangkrik dianggap sangat mengganggu, karena jangkrik banyak menyerang tanaman yang masih muda. Oleh karena itu, banyak sawah atau ladang mengalami kerugian besar akibat hama ini.

Semua hal di dunia ini ibarat 2 sisi uang koin, ada yang baik dan buruk. Jangkrik pun demikian. Meskipun sering dianggap hama oleh petani, jangkrik juga mempunyai banyak manfaat, khususnya untuk ternak jangkrik.

Jangkrik biasanya digunakan untuk pakan binatang piaraan, seperti burung, ikan dan lainnya. Jangkrik juga sering digunakan untuk umpan pancing. Banyak juga perusahaan memanfaatkan jangkrik untuk bahan obat dan kosmetik.

Dilihat dari kacamata bisnis, kondisi diatas dapat dikatakan sebagai peluang usaha menjanjikan. Ternak jangkrik dapat mendatangkan keuntungan yang cukup besar. Dan, memang, usaha ternak jangkrik ini sempat populer beberapa saat yang lalu. Meskipun saat ini terjadi penurunan, ternak jangkrik sangat menggiurkan untuk digeluti.

wirausaha, ide bisnis, ternak jangkrik, populer, laba

Ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui, bila Anda tertarik untuk mencoba usaha ternak jangkrik. Yang paling penting adalah pemilihan indukan jangkrik. Indukan terbaik adalah indukan yang berasal dari alam, tidak cacat dan dalam kondisi baik.

Memang, sangatlah sulit mencari jangkrik langsung dari alam. Akan tetapi, Anda dapat menyiasatinya dengan membuat indukan jangkrik pengganti. Tentunya, Anda perlu mengeluarkan dana yang lebih besar untuk hal ini.

Peluang mendapatkan keuntungan besar usaha ternak jangkrik juga sangat tinggi. Hal ini disebabkan oleh harga jual jangkrik yang cukup mahal.  Satu kilogram jangkrik segar dapat dijual dengan harga mulai dari Rp. 40.000 hingga Rp. 50.000.

Pada umumnya, usaha ternak jangkrik skala kecil dapat memproduksi 100 kg jangkrik per bulannya. Artinya, pemasukan yang didapat dapat mencapai Rp. 5 juta per bulannya. Pemasukan yang besar ini dapat dicapai, karena memang jangkrik banyak dicari.

Resiko gagal usaha ini dapat dikatakan sangat kecil. Presentasi keberhasilan budidaya jangkrik dapat mencapai 90%. Angka ini dapat dicapai, bila Anda melakukan perawatan yang baik terhadap jangkrik-jangkrik Anda.

Selain itu, indukan yang mudah didapat juga menjadi salah satu alasan menariknya usaha ternak jangkrik ini. Bila sulit mendapatkannya dari alam, saat ini sudah ada banyak orang menjual indukan jangkrik. Harga yang dipasang biasanya sekitar Rp. 100.000  per kg.

Keuntungan lainnya usaha ternak jangkrik adalah lahan yang dibutuhkan tidak terlalu luas. Mungkin hanya dengan ruangan seluas ruang tamu, Anda sudah mampu menjalankan usaha ini.

Tetapi, sama seperti bisnis lainnya, Anda harus mempunyai jaringan untuk memasarkan produk Anda ini. Hal ini dibutuhkan, karena persaingan usaha ternak jangkrik dapat dikatakan sangat ketat. Dan bila Anda berhasil dalam hal ini, maka kesuksesan akan datang dengan sendirinya.

wirausaha, ide bisnis, ternak jangkrik, populer, laba

BACA JUGA:

Pemilu Datang, Bisnis SPG Untung Besar

Membumbung, Laba Si Tiket Pesawat Online

Similar Articles

Inilah 8 Penyebab Gagalnya Usaha Kecil

Inilah 8 Penyebab Gagalnya Usaha Kecil 0

Kian banyaknya pelaku UKM (Usaha Kecil Menengah) membuat persaingan usaha menjadi semakin ketat. Hal ini seringkali

Melirik Peluang Bisnis Potong Rambut Model Terkini

Melirik Peluang Bisnis Potong Rambut Model Terkini 0

Mempunyai gaya rambut menarik dengan model yang sedang menjadi trend saat ini adalah hal yang

3 Alasan Utama Mengapa Dunia Maya Simpan Peluang Usaha Menggiurkan!

3 Alasan Utama Mengapa Dunia Maya Simpan Peluang Usaha Menggiurkan! 0

Peluang usaha akan menjadi semakin menjanjikan, bila Anda mampu memanfaatkannya dengan baik. Salah satu peluang yang

4 Bukti Bisnis Keluarga dapat Sukses Besar

4 Bukti Bisnis Keluarga dapat Sukses Besar 0

Bisnis keluarga sering dianggap sebagai bisnis yang sulit berkembang karena sulitnya terbentuk profesionalisme antar anggota keluarga

5 Hal Penting Maksimalkan Peluang Bisnis Tas

5 Hal Penting Maksimalkan Peluang Bisnis Tas 0

Peluang bisnis tas terbilang cukup menggiurkan, karena produk ini banyak dicari, apalagi saat penampilan menjadi hal

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *