Teropong Bisnis | Homepage
Sukses Mengintip Dari Pemanfaatan Maksimal Lidah Buaya

Sukses Mengintip Dari Pemanfaatan Maksimal Lidah Buaya

0 Comments 🕔12.Feb 2014

Lidah buaya dikenal sebagai tanaman yang mempunyai banyak manfaat dan dapat diolah menjadi berbagai macam produk. Hal ini dimanfaatkan betul oleh Tanti Guntari, yang kini sukses sebagai pengusaha lidah buaya.

Awalnya, Tantri mendapatkan informasi tentang Lidah buaya dari pelatihan teknologi budidaya tepat guna yang diadakan oleh Dinas Tenaga Kerja dan Sosial Depok, Jawa Barat, serta Universitas Indonesia. Tahun 2002 dia keluar dari pekerjaannya di perusahaan asing dan fokus pada usaha barunya.

Awalnya, Tantri membeli pelepah lidah buaya dari pasar yang diolahnya menjadi es mambo. Dia jual seharga Rp. 1000 per buah dan ternyata laku keras. Lalu, Tantri bereksprimen dengan mencoba membuat minuman lidah buaya atau nata aloe vera. Hasilnya cukup baik dan menjadi salah satu produk andalannya kini.

Menurut Tantri, pengolahan lidah buaya membutuhkan ketelitian yang tinggi. Bila salah, maka lidah buaya yang sudah dipanen akan rusak, berubah warna bahkan mencair.

Tantri juga mempunyai prinsip untuk membuat produknya sebagai makanan sehat. Oleh karena itu, dia tidak menggunakan bahan kimia dan pengawet dalam produknya. Hal ini menyebabkan produknya, Olavera, dapat bertahan hingga satu tahun.

Selain itu, Tantri juga mengganti kemasan yang dia gunakan. Awalnya dia menggunakan gelas plastik. Tetapi, dia menggantinya dengan botol kaca karena lebih aman dan tahan lama.

lidah buaya, bisnis, usaha, manfaat lidah buaya

Saat ini, Tantri mempunyai lahan seluas 2.000 meter persegi untuk membudidayakan tanaman ini. Dia menggunakan lidah buaya jenis Chinensis karena dapat dikonsumsi dan pelepahnya berukuran besar.

Tanaman lidah buaya jenis ini juga mudah dibudidayakan. Untuk menghasilkan anakan, hanya membutuhkan 3-4 bulan. Pada awal budidaya, Tantri harus menunggu 1 tahun untuk panen pertama. Setelah itu, setiap bulan, setiap tanaman lidah buaya dapat menghasilkan 3 pelepah lidah buaya.

Selain produk nata aloe vera, Tantri juga memproduksi beberapa produk lainnya, seperti teh, kerupuk, kue bolu dan lainnya. Dan semuanya dibuat dari tanaman lidah buaya.

Saat ini, Tantri mengelola usahanya ini dengan 4 pekerjanya. Dia dapat memproduksi 800 kg lidah buaya yang diolah menjadi berbagai macam produk.

Selain usaha ini, Tantri juga membentuk kelompok Bina Avera yang membina setiap orang yang tertarik dengan usaha ini. Menurut Tantri, tidak perlu lahan luas untuk membudidayakan lidah buaya. Bahkan dengan polybag pun, Anda sudah dapat menanam lidah buaya. Dan, Anda dapat menjual pelepahnya dengan harga Rp. 7.500 per kilogram.

Kelompok ini juga mengajarkan bagaimana cara mengolah pelepah lidah buaya. Hal ini dimaksudkan untuk menaikkan nilai dan harga jual lidah buaya.

Saat ini, Tantri memasarkan produknya ke berbagai tempat, seperti hypermarket, pesantren maupun langsung ke pelanggannya di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi secara online.

Tantri juga membuka kebun lidah buayanya untuk siapa saja yang tertarik untuk belajar tentang tanaman ini. Hal ini dia lakukan agar masyarakat lebih tahu, bahwa lidah buaya bukan hanya sebagai tanaman hias, tetapi juga tanaman konsumsi dan penghasil uang.

lidah buaya, bisnis, usaha, manfaat lidah buaya

BACA JUGA:

Kunci Sukses Bisnis Berjualan Telur

Dari Bisnis Modal Ratusan Ribu Rupiah Kini Beromzet Hingga Ratusan Juta Rupiah

Similar Articles

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho!

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho! 0

Nama TIKI pasti ngga akan begitu asing lagi ya di telinga kita semua, tentu aja

3 Inspirasi untuk Usaha Kuliner Pelapis Lezat Roti dan Kawan-Kawannya

3 Inspirasi untuk Usaha Kuliner Pelapis Lezat Roti dan Kawan-Kawannya 0

Usaha kuliner saat ini mulai bergeser ke arah kuliner sehat. Hal ini juga mempengaruhi proses produksi

3 Hal Ini Berpengaruh Pada Peluang Bisnis Homestay Anda untuk Sukses

3 Hal Ini Berpengaruh Pada Peluang Bisnis Homestay Anda untuk Sukses 0

Peluang bisnis homestay atau guest house, dimana Anda menyewakan rumah atau salah satu ruangan di rumah

3 Jurus Meraup Untung Besar dari Bisnis Pie

3 Jurus Meraup Untung Besar dari Bisnis Pie 0

Pie mungkin bukan hidangan asli Indonesia. Tetapi, produk kuliner ini menjadi salah satu makanan favorit

Peluang Usaha Baju Cheongsam Raup Banyak Untung Menjelang Imlek

Peluang Usaha Baju Cheongsam Raup Banyak Untung Menjelang Imlek 0

Muftika Hidayat lima tahun lalu mulai mencoba – coba melirik peluang usaha memproduksi Cheongsam, baju

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *