Teropong Bisnis | Homepage
Stiker Pemilu Adalah Emas Saat Ini

Stiker Pemilu Adalah Emas Saat Ini

0 Comments 🕔26.Mar 2014

Banyak analis memprediksi bahwa Pemilu tahun ini akan menjadi salah satu faktor penghambat pertumbuhan ekonomi Indonesia. Tetapi, bila kita melihat dari kacamata bisnis, event sebesar ini akan menjadi peluang yang menggiurkan untuk dimanfaatkan. Salah satu caranya adalah dengan usaha cetak stiker Pemilu.

Sebenarnya, bukan hanya stiker, media lain yang dibutuhkan untuk berkampanye pun mengalami lonjakan permintaan. Baliho, poster, kaos dan lain sebagainya menjadi salah satu produk bisnis paling panas saat ini. Oleh karena itu, tidak heran, bila bisnis yang memproduksi produk-produk ini, seperti bisnis percetakan, meraup untung yang sangat besar. Bahkan, bisnis dibidang ini dapat meraih omzet ratusan juta.

Untuk stiker sendiri, peningkatan juga tampak sangat jelas. Hal ini diamini oleh Sarah, salah satu pengusaha di bidang percetakan.

Sarah mewarisi bisnis percetakan dari orang tuanya. Kini, dia menjalankan bisnisnya ini di daerah Kabupaten Cianjur, Kota Bogor. Dan, memang, Pemilu kali ini membawa dampak pada usaha percetakan miliknya. Hal ini terbukti dari jutaan lembar pesanan stiker Pemilu yang datang padanya.

pemilu, stiker, ide bisnis, emas, usaha

Selain Sarah, Ani yang juga pemilik percetakan juga meraup untung besar dari Pemilu tahun ini. Dapat diambil contoh untuk pemesanan stiker dengan ukuran 15 x 20 cm. Ani memasang harga yang bervariasi. Harga dipengaruhi oleh jumlah stiker yang dipesan oleh pelanggan.

Ani mengungkapkan, untuk stiker Pemilu ukuran 15 x 21 cm dengan jumlah pemesanan sebanyak 10.000 lembar, dihargai Rp. 800 per lembarnya. Jadi, total harga yang harus dibayar adalah Rp. 8.000.000. Semakin banyak jumlah stiker Pemilu yang dipesan, Ani memberikan potongan harga. Untuk stiker yang sama dengan jumlah 500 ribu lembar, Ani mematok harga Rp. 425 per lembar.

Sarah juga mematok harga yang serupa. Contohnya, untuk stiker Pemilu ukuran 11 x 9 cm sebanyak 10.000 lembar, Sarah memasang harga Rp. 500 per lembar. Dan, untuk pemesanan lebih banyak, seperti 500 ribu lembar, harganya lebih murah, yaitu Rp. 220.

Dari perhitungan diatas, bila dikalikan dengan jumlah caleg atau jumlah partai yang memesan, tentunya omzet yang didapat sangat banyak. Apalagi saat akan memasuki minggu tenang, dimana partai harus gencar berkampanye. Tentunya pesanan akan meningkat dan keuntungan dan omzet yang didapat juga akan melonjak tajam.

Bukan hanya itu. Bila dilihat dari harga diatas, harga tersebut hanya berlaku untuk satu ukuran stiker Pemilu. Sedangkan, ada banyak jenis ukuran stiker yang orang butuhkan. Jadi, dapat dikatakan, saat ini adalah saat paling menguntungkan untuk usaha percetakan.

Sarah dan Ani juga membatasi jumlah pesanan minimal. Sehingga, mereka hanya menerima jumlah pesanan yang banyak. Proses pengerjaan biasanya hanya berjalan sekitar 5 hari, dengan pesanan yang disertai desain stikernya.

pemilu, stiker, ide bisnis, emas, usaha

BACA JUGA:

Kisah Sukses Usaha Agrobisnis dari Ciwidey

Memanfaatkan Ceruk Menjanjikan dengan Bisnis Maklun Sepatu

Similar Articles

Ingin Tahu Produk Berbahan Kulit yang Mempunyai Peluang Usaha Menjanjikan?

Ingin Tahu Produk Berbahan Kulit yang Mempunyai Peluang Usaha Menjanjikan? 0

Peluang usaha produk-produk kerajinan dan kreatif saat ini terbilang sangat menjanjikan. Bila Anda khawatir dengan

Pondok Pesantren Cuma Buat Ngaji? Pikir Lagi!

Pondok Pesantren Cuma Buat Ngaji? Pikir Lagi! 0

Selama ini kalau anda mendengar kata pesantren, pasti otak anda akan dengan otomatis mengasosiasikannya dengan

Saatnya Pamitan sama Uang Kertas!

Saatnya Pamitan sama Uang Kertas! 0

Tingkat kejahatan di Jakarta itu bisa bikin waswas memang. Yang perampokan lah yang penodongan lah.

Wisata Syariah Penuh Barokah? Apaan Tuh?

Wisata Syariah Penuh Barokah? Apaan Tuh? 0

Kalau dengar kata wisata, pasti identik dengan seneng-seneng, foya-foya, liat pemandangan, makan ini-itu... pokoknya having

Peluang Bisnis Kerajinan Asal Jawa Tengah Tembus Pasar Eropa

Peluang Bisnis Kerajinan Asal Jawa Tengah Tembus Pasar Eropa 0

Bisnis kerajinan merupakan peluang bisnis yang berpeluang besar untuk tembus pasar internasional. Jawa Tengah memang terkenal dengan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *