Teropong Bisnis | Homepage
Si Hitam Yang Mengenyangkan Perut dan Kantong

Si Hitam Yang Mengenyangkan Perut dan Kantong

0 Comments 🕔19.Mar 2014

Kesuksesan sebuah bisnis dipengaruhi oleh banyak hal. Salah satunya adalah kreativitas. Rinanda Halfi, 23 tahun adalah seorang yang dapat dijadikan contoh, dari sisi kreativitas dalam berbisnis.

Berawal dari kecelakaan mobil, Halfi kehilangan uang dari himpunan mahasiswa yang dibawanya karena diambil warga. Dari sini, dia berpikir untuk mengganti uang ini dengan cara berwirausaha. Dia mencoba banyak macam wirausaha, seperti usaha kaos dan lainnya. Namun, jalan yang terbuka terletak dari usaha kuliner.

Dia lalu memulai usaha burger, dengan nama Black Burger atau Burger Hitam. Seperti namanya, si hitam mempunyai keunikan pada rotinya. Roti burger yang dipakai Halfi berwarna hitam, tidak seperti roti burger pada umumnya.

Halfi mengungkapkan, warna hitam ini didapat dari penggunaan buah kluwek. Buah kluwek sendiri sudah umum digunakan masyarakat Indonesia untuk berbagai masakan, seperti rawon dan sup condro. Dan, buah ini juga hanya dapat ditemukan di Indonesia.

Selain itu, daging yang disajikan didalam burger juga lain daripada yang lain. Halfi menggunakan daging yang dibumbui  daun jeruk dan cabe rawit. Jadi, dapat dikatakan, burger buatan Halfi ini benar-benar bercitarasa Indonesia. Hal ini pula yang membuat usahanya dapat sukses dan berkembang.

wirausaha, ide bisnis, burger item, hitam, burger

Kini, sudah ada 2 outlet miliknya dan 3 milik mitra yang menjual si hitam lezat dan mengenyangkan ini. Usahanya juga menyediakan 28 macam burger hitam yang dapat dinikmati. Tersedia juga 3 rasa, yaitu original, manis dan hot.

Selain itu, Halfi juga menyediakan burger khusus untuk vegetarian, yang terbuat dari tempe dan nasi. Untuk harga, Halfi menjual si hitammengenyangkan ini mulai dari harga Rp. 12.000 – Rp. 30.000 per potong. Dari usahanya ini, Halfi berhasil menghasilkan Rp. 20 juta – Rp. 60 juta per bulan dari semua outlet miliknya.

Tetapi, seperti usaha lainnya, Halfi juga menghadapi beberapa masalah, saat menjalankan usaha si hitam mengenyangkan ini. Salah satunya adalah penjualan yang tidak terlalu memuaskan dari outletnya di Bogor. Terpaksa, Halfi harus menutupnya, meskipun kini ada rencana untuk membukanya kembali.

Selain itu, Halfi juga pernah ditipu oleh partner bisnisnya. Toko roti yang bekerjasama dengannya, mencuri resep miliknya dan menjual burger hitam yang sama. Oleh karena itu, Halfi saat ini selalu membuat MoU setiap bekerjasama. Hal ini termasuk juga dengan karyawannya.

Halfi mempunyai mimpi untuk dapat bersaing dengan McDonald’s dan Burger King di area produk burger. Selain itu, dia juga ingin membuka 6 outlet baru di Bandung dan 1 outlet di Senopati, Jakarta. Bila dilihat dari produk buatannya, dapat dikatakan usaha ini sangat menjanjikan. Keunikan dan kekhasan si hitam mengenyangkan buatannya membuat produknya dapat bersaing dengan produk burger luar negeri.

wirausaha, ide bisnis, burger item, hitam, burger

BACA JUGA:

Peluang Besar dari Bola-Bola Takoyaki

Bisnis Es Teler Baru dengan Peluang Cukup Segar

Similar Articles

Pedasnya Laba Usaha Kuliner Mie Rampok

Pedasnya Laba Usaha Kuliner Mie Rampok 0

Saat ini tawaran kemitraan mi kian menjamur. Salah satu pelaku usaha yang cukup gencar menawarkan

Usaha Kuliner Waralaba Unik

Usaha Kuliner Waralaba Unik 0

Usaha kuliner selalu dapat menjadi pilihan utama, bagi Anda yang ingin mencoba merintis atau menjalankan usaha

Menimbang Peluang Usaha Kemitraan Siomay

Menimbang Peluang Usaha Kemitraan Siomay 0

Camilan siomay walaupun sudah alam ada di dalam negeri, tetapi tawarannya masih tetap saja bermunculan.

Segarnya Peluang Usaha Kemitraan Ice Blend

Segarnya Peluang Usaha Kemitraan Ice Blend 0

Memang peluang usaha minuman dingin selalu menyegarkan. Ice blend merupakan salah satu jenis minuman dingin yang sudah

Gurihnya Peluang Usaha Kuliner Bakso Pedas

Gurihnya Peluang Usaha Kuliner Bakso Pedas 0

Bakso telah menjadi makanan yang sangat populer di Indonesia. Walaupun persaingan usaha kuliner sudah sangat sengit, tetapi

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *