Teropong Bisnis | Homepage
Saatnya Pamitan sama Uang Kertas!

Saatnya Pamitan sama Uang Kertas!

0 Comments 🕔30.Oct 2015

Tingkat kejahatan di Jakarta itu bisa bikin waswas memang. Yang perampokan lah yang penodongan lah. Ada adaaaa aja. Para aparat pun sudah tanpa lelah memberikan peringatan kepada masyarakat untuk selalu waspada mengurangi peluang terjadinya kejahatan. Paling sering sih, jangan terlalu banyak memakai perhiasan berharga dan jangan membawa uang dengan jumlah besar sekaligus.

Tapi gimana dong kalau misalnya kita mau beli atau sedang dalam rangka menyelesaikan transaksi?

Nah, hal ini nih yang lagi digalakkan oleh pemerintah! Katanya nih, pemerintah ingin supaya masyarakat di Indonesia nggak tergantung sama uang kertas dan berpindah ke bentuk transaksi non tunai. Masuk akal sih karena transaksi non tunai cenderung lebih praktis dan aman. Misalnya nih, anda belanja di mall. Terus pas bayar, bandingkan lebih cepat mana antara yang bayar tunai sama yang tinggal gesek kartu? Jelas yang gesek kartu dong! (pengecualian kalau koneksi mall-nya jelek ya)

Layanan Non Tunai

Sumber Gambar : https://www.facebook.com/Bank-Indonesia-847034142012155/?fref=ts

Pihak-pihak yang punya wewenang juga udah tak kurang-kurang memfasilitasi-nya lho! Misalnya saja, Bank Indonesia. Ada banyak program layanan yang mereka dukung agar orang Indonesia semakin beralih ke bentuk transaksi non tunai. Contoh programnya ya e-ticketing untuk commuter line Jabodetabek, e-parkir di tepi jalan, e-payment untuk retribusi PKL sampai ke pembayaran zakat, waqaf dan shadaqah.

Jadi, bukan hanya transaksi jual beli saja yang nantinya bisa dialihkan ke transaksi non tunai, tapi juga pembayaran sedekah dan kawan-kawannya juga bisa dilakukan lewat transaksi non tunai. Praktis ya? Tak perlu lagi mengunjungi kantor pusat badan amal atau menunggu kotak amal hadir di depan mata.

Sumber : http://www.bi.go.id/id/ruang-media/info-terbaru/Pages/BI-Fokus-pada-Tiga-Hal-Untuk-Kembangkan-Transaksi-Nontunai-Syariah.aspx

Similar Articles

Respon OJK Pasca Penetapan Suku Bunga Acuan oleh BI

Respon OJK Pasca Penetapan Suku Bunga Acuan oleh BI 0

Baru-baru ini Bank Indonesia (BI) menetapkan suku bunga acuan baru dengan nama BI 7-Day Reverse Repo

Lakukan 5 Trik Ini dan Buktikan Bahwa Anda dapat Mandiri Secara Finansial

Lakukan 5 Trik Ini dan Buktikan Bahwa Anda dapat Mandiri Secara Finansial 0

Hidup mandiri secara finansial mungkin impian dari setiap pemuda dan pemudi yang ada saat ini. Hidup dimana

Kenaikan Suku Bunga, Fed, Mulai Memperhatikannya

Kenaikan Suku Bunga, Fed, Mulai Memperhatikannya 0

Federal reserve, Bank Sentral dari Amerika Serikat ini kini mulai menahan kenaikan suku bunga yang dimilikinya. Hal

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi 0

Saat ini pihak pemerintah tengah bersiap untuk meluncurkan paket aturan terbaru dalam sektor investasi yang

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *