Teropong Bisnis | Homepage
Rumah Kontainer, Alternatif Hunian Dengan Peluang Menggiurkan

Rumah Kontainer, Alternatif Hunian Dengan Peluang Menggiurkan

0 Comments 🕔20.Mar 2014

Properti merupakan salah satu lahan bisnis yang menjanjikan. Hal ini karena selain selalu dibutuhkan orang, lahan yang tersedia juga menipis. Hasilnya, harga properti kian naik dari hari ke hari.

Tetapi, saat ini, sudah ada bangunan alternatif yaitu rumah kontainer. Rumah jenis ini dibuat dari kontainer bekas, sehingga harganya pun lebih murah. Indra Suhendar adalah salah satu pengusaha yang menyediakan rumah ini. Dan, selama 2 tahun dia menjalankan bisnis ini, sudah banyak pesanan yang datang padanya.

Indra menyediakan kontainer bekas, sekaligus menyediakan layanan untuk mendesain dan mendekorasinya. Sehingga, kontainer yang dia jual langsung layak huni.

Bahan utama bisnis ini banyak didapatkan dari kontainer bekas pelayaran di daerah pelabuhan di Jakarta Utara. Selain itu, Indra juga mendapatkannya dari  kantor-kantor pelayaran di daerah Sudirman, Jakarta Pusat.

Jenis kontainer yang digunakan adalah kontainer bekas dari luar negeri. Hal ini dikarenakan, sebagian besar kontainer tersebut digunakan untuk mengangkut alat-alat berat. Jadi, kondisi didalamnya masih bagus.

wirausaha, ide bisnis, rumah, kontainer, hunian

Sedangkan kontainer lokal banyak digunakan untuk mengangkut bahan-bahan bangunan, seperti semen, pasir besi dan lainnya. Oleh karena itu, bagian dalamnya sebagian besar rusak dan kotor. Hal ini dapat menyebabkan biaya produksi rumah kontainer akan membengkak karena besarnya biaya restorasi.

Jenis rumah kontainer yang dijual Indra terdiri dari 2 macam, yaitu ukuran 12 meter dan 6 meter. Harga yang dia tawarkan juga bervariasi, tergantung dari kondisi kontainer.

Untuk kontainer baru atau kosong, tanpa perawatan dan perlakuan khusus, dijual dengan harga Rp. 13 juta – Rp. 14 juta. Harga ini juga dilihat dari kondisi bagian dalam kontainer.

Untuk kontainer yang sudah didesain ulang, sehingga menjadi ruangan kantor dengan 2 jendela, harga jualnya mencapai Rp. 40 juta – Rp. 42 juta. Sedangkan kontainer untuk rumah hunian, dijual dengan harga Rp. 70 juta.

Harga rumah kontainer untuk hunian lebih mahal, karena didalamnya sudah dilengkapi perabot rumah dan peralatan lainnya, seperti AC dan water heater. Bila pemesan tidak ingin memakai AC, harga memang lebih murah. Tetapi, harga ini tidak terlalu berbeda jauh dengan harga awal.

Rumah kontainer buatan Indra juga dilengkapi dengan glass wool dan jendela yang cukup. Hal ini dilakukan untuk sirkulasi udara, sehingga tidak terasa panas didalamnya.

Sebagian besar pemesan rumah kontainer adalah mereka yang membutuhkan ruang kantor. Banyak dari mereka yang menginginkan kantor praktis untuk kerja di lapangan. Dan, Indra dapat membuatkannya dalam 1 minggu.

Masalah yang sering terjadi adalah pada pemesan yang memesan rumah kontainer untuk hunian. Seringkali, hasil yang sudah dibuat tidak sesuai dengan selera pemesan. Sehingga, Indra harus membongkar dan membuatnya lagi.

Bisnis rumah kontainer ini memang menjanjikan. Selain praktis, harganya yang murah juga menjadi salah satu alasan. Tetapi, pemesan rumah kontainer ini harus menyediakan lahan sendiri untuk menempatkan bangunan ini.

 wirausaha, ide bisnis, rumah, kontainer, hunian

BACA JUGA:

Menggunungnya Keuntungan Usaha Perlengkapan Outdoor

Bedriye Hulya, Ratu Gym Khusus Wanita

Similar Articles

Inilah 8 Penyebab Gagalnya Usaha Kecil

Inilah 8 Penyebab Gagalnya Usaha Kecil 0

Kian banyaknya pelaku UKM (Usaha Kecil Menengah) membuat persaingan usaha menjadi semakin ketat. Hal ini seringkali

Melirik Peluang Bisnis Potong Rambut Model Terkini

Melirik Peluang Bisnis Potong Rambut Model Terkini 0

Mempunyai gaya rambut menarik dengan model yang sedang menjadi trend saat ini adalah hal yang

3 Alasan Utama Mengapa Dunia Maya Simpan Peluang Usaha Menggiurkan!

3 Alasan Utama Mengapa Dunia Maya Simpan Peluang Usaha Menggiurkan! 0

Peluang usaha akan menjadi semakin menjanjikan, bila Anda mampu memanfaatkannya dengan baik. Salah satu peluang yang

4 Bukti Bisnis Keluarga dapat Sukses Besar

4 Bukti Bisnis Keluarga dapat Sukses Besar 0

Bisnis keluarga sering dianggap sebagai bisnis yang sulit berkembang karena sulitnya terbentuk profesionalisme antar anggota keluarga

5 Hal Penting Maksimalkan Peluang Bisnis Tas

5 Hal Penting Maksimalkan Peluang Bisnis Tas 0

Peluang bisnis tas terbilang cukup menggiurkan, karena produk ini banyak dicari, apalagi saat penampilan menjadi hal

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *