Teropong Bisnis | Homepage
Risiko Bisnis UKM

Risiko Bisnis UKM

0 Comments 🕔23.May 2013

Maraknya Bisnis UKM

Sekarang ini bila ditilik dari bagaimana cara orang mendapatkan penghasilan, Anda akan melihat bahwa kebanyakan masyarakat tidak hanya mengandalkan gaji bulanan yang mereka punya akan tetapi mereka akan mulai tertarik untuk melakukan bisnis meskipun dengan modal kecil. Bisnis yang dimaksud di sini adalah mengenai bisnis kecil atau yang biasa disebut dengan bisnis UKM.

Bisnis UKM merupakan sebuah bisnis yang diusahakan masyarakat yang hanya menggunakan modal kecil saja. Namun tentu walau bisnis UKM dapat dibilang mudah untuk dijalankan, pada kenyataannya banyak pebisnis UKM yang mengalami masalah dalam menjalankan bisnis mereka terutama dan sering gagal di tengah jalan. Ada beberapa alasan mengapa orang sering gagal dalam menjalankan bisnis UKM.

Alasan Gagalnya Bisnis UKM

Alasan yang pertama mengapa para pebisnis UKM sering gagal adalah karena mereka terlalu percaya diri dalam mengurusi urusan bisnis UKM tersebut sendirian. Walaupun dengan melakukan semua urusan bisnis UKM secara sendirian dapat meminimalisasi pengeluaran, namun pastinya akan menimbulkan kerepotan dan pebisnis tersebut mudah untuk mengalami stres tentunya. Karena itulah, bila dalam menjalankan bisnis UKM Anda mulai mengalami kerepotan dalam melakukan banyak tugas sendirian, Anda dapat menyewa tenaga ahli guna membantu Anda menjalankan bisnis tersebut tentunya. Namun sewalah tenaga ahli yang sesuai dengan aktivitas atau tugas bisnis yang ada.

Risiko Bisnis UKM

Alasan kedua mengapa banyak pebisnis UKM yang mengalami kegagalan dalam menjalankan bisnisnya adalah karena mereka gagal menyediakan kebutuhan akan barang dan jasa masyarakat. Banyak pebisnis UKM yang melakukan bisnis hanya karena terpengaruh tren saja. Hal ini tentu akan berpengaruh pada salahnya membidik target pasar akan kebutuhan barang dan jasa tertentu. Karena itulah para pebisnis UKM haruslah mampu untuk mengetahui apa yang dibutuhkan masyarakat sehingga mampu memilih tipe barang atau jasa yang hendak ditawarkan sebagai ide bisnis UKM. Salah membidik target pasar tentunya akan berpengaruh secara signifikan terhadap popularitas dan bagaimana bisnis UKM Anda akan mendapatkan profit. Sebaliknya, dengan membidik target pasar yang tepat, Anda tentu akan mampu untuk membuat bisnis Anda maju dan populer di kalangan masyarakat.

Alasan berikutnya mengenai seringnya pebisnis UKM gagal dalam mempertahankan bisnis mereka adalah karena mereka menyepelekan pentingnya manajemen keuangan yang baik. Yang dimaksud di sini adalah semua pebisnis UKM harus mampu untuk menyusun keuangan dan juga pembukuan untuk mengetahui secara pasti mengenai kondisi keuangan yang ada. Faktor berikutnya yang seringkali membuat pebisnis UKM gagal dalam menjalankan bisnis adalah karena mereka seringkali menyepelekan hal-hal kecil yang sebenarnya dapat memberikan keuntungan dalam bisnis UKM tersebut. Karena itulah jangan pernah remehkan ide-ide yang mana dapat membuat bisnis UKM tersebut maju.

Gambar: merdeka.com; tatang99.blogspot.com

Similar Articles

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho!

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho! 0

Nama TIKI pasti ngga akan begitu asing lagi ya di telinga kita semua, tentu aja

3 Inspirasi untuk Usaha Kuliner Pelapis Lezat Roti dan Kawan-Kawannya

3 Inspirasi untuk Usaha Kuliner Pelapis Lezat Roti dan Kawan-Kawannya 0

Usaha kuliner saat ini mulai bergeser ke arah kuliner sehat. Hal ini juga mempengaruhi proses produksi

3 Hal Ini Berpengaruh Pada Peluang Bisnis Homestay Anda untuk Sukses

3 Hal Ini Berpengaruh Pada Peluang Bisnis Homestay Anda untuk Sukses 0

Peluang bisnis homestay atau guest house, dimana Anda menyewakan rumah atau salah satu ruangan di rumah

3 Jurus Meraup Untung Besar dari Bisnis Pie

3 Jurus Meraup Untung Besar dari Bisnis Pie 0

Pie mungkin bukan hidangan asli Indonesia. Tetapi, produk kuliner ini menjadi salah satu makanan favorit

Peluang Usaha Baju Cheongsam Raup Banyak Untung Menjelang Imlek

Peluang Usaha Baju Cheongsam Raup Banyak Untung Menjelang Imlek 0

Muftika Hidayat lima tahun lalu mulai mencoba – coba melirik peluang usaha memproduksi Cheongsam, baju

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *