Teropong Bisnis | Homepage
Rahasia Dibalik Bisnis Oleh-Oleh

Rahasia Dibalik Bisnis Oleh-Oleh

0 Comments 🕔02.Mar 2014

Bisnis oleh-oleh dapat dikatakan sebagai bisnis kuliner paling menjanjikan. Mengapa? Hal ini dikarenakan, bisnis oleh-oleh menggunakan produk unggulan dari daerah tempat usaha. Artinya, bisnis ini menggunakan bahan baku yang melimpah di daerah tersebut.

Dengan kondisi diatas, maka bisnis oleh-oleh dapat dikatakan tidak pernah kehabisan barang. Selain itu, pemilik bisnis juga mudah untuk menentukan harga.

Solihin salah satu contohnya. Sarjana pertanian dari salah satu universitas di Lampung ini, memanfaatkan pisang sebagai bahan baku bisnis oleh-olehnya. Hal ini dikarenakan melimpahnya hasil pisang di daerahnya, yang menyebabkan harga bahan baku menjadi murah. Dia mendapatkan bahan baku dari petani yang dia ajak bekerjasama.

Untuk menarik pelanggan, ada banyak inovasi yang dibuat oleh Solihin. Solihin menyediakan banyak macam rasa. Keripiknya tersedia dalam rasa asli, coklat, manis asin, stroberi, rendang, pedasa manis, mocca dan susu.

Selain rasa, kualitas juga diperhatikan oleh pemilik keripik dengan nama Mr. Banana ini. Dia langsung turun ke proses produksi, untuk mengontrol kualitas produk yang dia buat.

Selain Solihin, Julian juga menggeluti bisnis ini. Nama produknya adalah Miss Pumpkin. Seperti namanya, dia memanfaatkan melimpahnya hasil labu kuning di daerah Bogor, tempat tinggalnya.

miss pumpkin, pengusaha, bisnis, peluang usaha, usaha kuliner

Sama seperti bisnis lainnya, Julian melakukan riset panjang untuk membuat produk yang dia jual. Dia bahkan menghabiskan 8 bulan untuk menemukan kombinasi yang pas. Tidak hanya sampai disitu, dia juga meminta tolong pada ahli masak profesional.

Varian rasa yang banyak juga menjadi salah satu senjata Julian menarik pelanggan. Dia menawarkan produk kue labunya dengan rasa original, teh hijau, coklat dan jeruk. Dia juga menggunakan berbagai topping, seperti keju untuk kue bolu Miss Pumpkin yang dibuatnya.

Selain rasa dan kualitas, kemasan juga penting dalam bisnis oleh-oleh. Banyak wisatawan yang membeli produk oleh-oleh ini untuk diberikan kepada orang lain. Oleh karena itu, kemasan yang baik akan menambah nilai dari produk oleh-oleh ini.

Solihin juga sadar akan hal ini. Dia berinovasi dengan menggunakan kemasan aluminium dengan merk dan logo tergambar di kemasan uniknya ini. Hal ini menambah nilai produk buatannya. Keripik pisang yang dipandang sebagai makanan tradisional, berubah menjadi produk modern.

Julian pun demikian. Dia bahkan menyewa desainer dan ahli dalam bidang ini untuk mendesain logo, merek dan kemasan yang tepat untuk produknya. Hasilnya, dia mendapatkan merek Miss Pumpkin dengan logo labu dengan kombinasi warna ungu. Logonya ini tampak menarik dan mudah untuk diingat.

Untuk kemasan, Julian menggunakan boks karton unik. Boks ini didesain agar pelanggan mudah untuk membawa kue bolu buatannya.

Pada dasarnya, bisnis oleh-oleh dapat dikatakan sama dengan bisnis lainnya. Kreativitas, inovasi, kemampuan membaca pasar dan lokasi usaha diperlukan disini untuk mengembangkan bisnis ini.

miss pumpkin, pengusaha, bisnis, peluang usaha, usaha kuliner

BACA JUGA:

Keruk Laba Besar Dari Bisnis Sepatu High Heels

Sehat Di Tubuh Dan Kantong Dengan Bisnis Green Smoothies

Similar Articles

Inilah 8 Penyebab Gagalnya Usaha Kecil

Inilah 8 Penyebab Gagalnya Usaha Kecil 0

Kian banyaknya pelaku UKM (Usaha Kecil Menengah) membuat persaingan usaha menjadi semakin ketat. Hal ini seringkali

Melirik Peluang Bisnis Potong Rambut Model Terkini

Melirik Peluang Bisnis Potong Rambut Model Terkini 0

Mempunyai gaya rambut menarik dengan model yang sedang menjadi trend saat ini adalah hal yang

3 Alasan Utama Mengapa Dunia Maya Simpan Peluang Usaha Menggiurkan!

3 Alasan Utama Mengapa Dunia Maya Simpan Peluang Usaha Menggiurkan! 0

Peluang usaha akan menjadi semakin menjanjikan, bila Anda mampu memanfaatkannya dengan baik. Salah satu peluang yang

4 Bukti Bisnis Keluarga dapat Sukses Besar

4 Bukti Bisnis Keluarga dapat Sukses Besar 0

Bisnis keluarga sering dianggap sebagai bisnis yang sulit berkembang karena sulitnya terbentuk profesionalisme antar anggota keluarga

5 Hal Penting Maksimalkan Peluang Bisnis Tas

5 Hal Penting Maksimalkan Peluang Bisnis Tas 0

Peluang bisnis tas terbilang cukup menggiurkan, karena produk ini banyak dicari, apalagi saat penampilan menjadi hal

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *