Teropong Bisnis | Homepage
Perhitungan Dasar Untuk Memulai Bisnis Kue Kering

Perhitungan Dasar Untuk Memulai Bisnis Kue Kering

0 Comments 🕔08.Jul 2013

Memanfaatkan momen bulan puasa dan hari raya Lebaran untuk menjalankan sebuah rencana bisnis dapat menjadi saat yang tepat. Ada beberapa produk yang selalu menjadi incaran saat berbelanja karena kebiasaan – kebiasaan yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia dalam menjalani bulan puasa serta merayakan hari Lebaran. Salah satunya adalah menyajikan kue kering, hal ini dapat menjadi sebuah peluang usaha yang dapat dimanfaatkan dengan membuat dan menjual kue kering buatan sendiri. Bisnis kue kering dapat dilakukan dari dapur rumah tangga dengan peralatan yang minimal guna menekan jumlah modal yang dibutuhkan untuk memulai dan menjalankan bisnis ini.

Perhitungan-dasar-untuk-memulai-bisnis-kue-kering-2

Perhitungan Modal Untuk Memulai Bisnis Kue Kering

Pada dasarnya; untuk memulai bisnis kue kering ini diperlukan modal utama berupa keinginan karena modal lain yang dibutuhkan untuk memulai proses produksi, pengemasan dan pemasaran tidak terlalu memberatkan. Dengan modal awal berkisar antara 1,5 hingga 2 juta rupiah, bisnis kue kering ini siap untuk digulirkan dan menghasilkan keuntungan. Modal awal bisnis kue kering ini diperlukan untuk membeli peralatan dan bahan. Dengan perkiraan pengeluaran untuk mendapatkan peralatan sebesar 1,5 juta rupiah untuk membeli mixer, oven, loyang serta timbangan. Sedangkan alat – alat produksi lain selain harus dibeli juga dapat memanfaatkan peralatan rumah tangga yang biasanya telah dimiliki dan tersedia di rumah.

Peralatan – peralatan tersebut akan mengalami penyusutan dengan masa penggunaan selama empat tahun dan memiliki nilai residu sebesar 1.500 rupiah. Dengan perhitungan biaya penyusutan dengan garis lurus maka didapat perhitungan penyusutan modal sebesar 31.200 rupiah per bulan selama empat tahun digunakan. Dengan perhitungan modal tersebut dapat dihasilkan kurang lebih sebanyak 200 toples kue kering dengan nilai jual sekitar 25 ribu rupiah. Dari kalkulasi penjualan sebanyak 200 toples kue kering seharga 25 ribu rupiah maka akan didapatkan hasil sebesar 5 juta rupiah. Di luar modal sebesar 1,5 juta rupiah tersebut masih terdapat ongkos produksi serta biaya lain – lain.

Perhitungan-dasar-untuk-memulai-bisnis-kue-kering-3

Perhitungan Biaya Produksi Bisnis Kue Kering

Biaya produksi untuk berbisnis kue kering dapat diperhitungkan dengan rincian bahan baku kue sebesar 2 juta rupiah, 20 buah toples seharga 200 ribu rupiah, pita untuk menghias tolpes seharga 30 ribu rupiah serta biaya lain – lain berupa tenaga kerja, listrik serta air dan pengeluaran tak terduga sebesar 1,6 juta rupiah. Dari perhitungan di atas maka akan diperoleh laba bersih per bulan sebesar kurang lebih 1,1 juta rupiah. Beberapa strategi atau tips produksi serta pemasaran dapat diterapkan guna memaksimalkan hasil produksi dan penjualan yang pada akhirnya akan meningkatkan laba dari bisnis kue kering ini. Ketrampilan mengolah bahan serta pengetahuan mengenai jenis kue kering baru dan strategi pemasaran yang jitu dapat membuat bisnis kue kering yang dijalankan menjadi lebih dinamis dan menguntungkan.

Similar Articles

Inilah 8 Penyebab Gagalnya Usaha Kecil

Inilah 8 Penyebab Gagalnya Usaha Kecil 0

Kian banyaknya pelaku UKM (Usaha Kecil Menengah) membuat persaingan usaha menjadi semakin ketat. Hal ini seringkali

Melirik Peluang Bisnis Potong Rambut Model Terkini

Melirik Peluang Bisnis Potong Rambut Model Terkini 0

Mempunyai gaya rambut menarik dengan model yang sedang menjadi trend saat ini adalah hal yang

3 Alasan Utama Mengapa Dunia Maya Simpan Peluang Usaha Menggiurkan!

3 Alasan Utama Mengapa Dunia Maya Simpan Peluang Usaha Menggiurkan! 0

Peluang usaha akan menjadi semakin menjanjikan, bila Anda mampu memanfaatkannya dengan baik. Salah satu peluang yang

4 Bukti Bisnis Keluarga dapat Sukses Besar

4 Bukti Bisnis Keluarga dapat Sukses Besar 0

Bisnis keluarga sering dianggap sebagai bisnis yang sulit berkembang karena sulitnya terbentuk profesionalisme antar anggota keluarga

5 Hal Penting Maksimalkan Peluang Bisnis Tas

5 Hal Penting Maksimalkan Peluang Bisnis Tas 0

Peluang bisnis tas terbilang cukup menggiurkan, karena produk ini banyak dicari, apalagi saat penampilan menjadi hal

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *