Teropong Bisnis | Homepage
Pengembangan Usaha Bagi Pelaku Bisnis Mikro

Pengembangan Usaha Bagi Pelaku Bisnis Mikro

0 Comments 🕔08.Aug 2014

Berkembangnya suatu usaha menuju arah lebih baik dengan angka profit yang tinggi tentu menjadi keinginan Anda selaku pendiri usaha tersebut. Namun, hal ini tampaknya jadi suatu tantangan tersendiri terutama untuk para pelaku usaha mikro. Hal inilah yang menjadi sorotan Sandiaga Uno, seorang entrepreneur yang juga adalah pendiri Saratoga Investama Sedaya sembari memaparkan cerita awal pengembangan usaha yang dimulai pada tahun 1997, setelah adanya keputusan perusahaan yang memberhentikannya.

Memulai sebuah usaha terutama usaha mikro, dengan dukungan dana yang tak terlalu besar tentu menjadi tantangan tersendiri. Terlebih bagi pelaku bisnis mikro di tahun-tahun ketika krisis ekonomi mulai melanda negeri ini menjadikannya harus mampu bertahan atau melewati periode survival. Periode survival ini boleh dibilang sebagai sesuatu yang krusial dalam pengembangan usaha yang dilakukan. Anda yang berencana memulai usaha, atau sedang dalam masa ini mungkin perlu memperhatikan pandangan Sandiaga Uno tentang periode sulit bagi pelaku bisnis ini. Dengan mengibaratkan terjun untuk memulai bisnis layaknya ketika Anda tercebur ke sungai dengan arus yang deras, Anda akan berusaha sekuat tenaga bertahan hidup di tengah derasnya gelombang air yang datang.

Survival ketika banyak masalah dan gangguan datang tidak hanya menjadikan Anda lebih kuat secara mental, tapi juga mampu secara lebih jauh mengembangkan skill bisnis yang dimiliki. Berada di masa sulit ini secara tidak langsung akan menggembleng Anda untuk melakukan inovasi dan pengembangan usaha yang lebih baik. Scaling up, atau fase membesarkan usaha yang Anda dirikan jadi periode yang tak kalah sulit dibandingkan dengan periode survival tadi. Banyak dari pelaku usaha mikro yang setelah bertahun-tahun menjalankan usahanya, meskipun dengan modal yang terbilang cukup dan kepuasan konsumen yang terbilang lumayan tetap tak dapat mengembangkan bisnisnya menjadi lebih besar lagi.

Periode scaling up usaha Anda sebetulnya harus dimulai ketika Anda berada dalam usaha untuk survive atau mempertahankan usaha Anda tadi. Banyak pengusaha mikro gagal melakukan pengembangan karena tidak memiliki tujuan bisnis yang jelas, dan tidak mempunyai business plan yang terperinci yang mampu menjadi pedoman dan tuntunan dalam menjalankan bisnisnya.

Menurut Sandiaga Uno, terlalu lama memikirkan cara untuk survive pada masa awal berdirinya usaha dan ketika usaha itu sudah mulai berjalan lancar dapat membatasi dan menjebak pengembangan usaha yang seharusnya bisa dilakukan. Menurutnya, entrepreneur dalam perkembangan bisnisnya seharusnya tidak hanya berjalan namun juga bertumbuh. Kedua hal ini harusnya dijadikan dua proses yang berkesinambungan dan bukannya dibiarkan berjalan sendiri.

Merasa cukup dan terlalu nyaman di zona kesuksesan awal juga menjadi halangan yang harus dihindari ketika menjalankan sebuah usaha.Pengembangan usaha yang baik, tentu juga tak lepas dari melakukan inovasi agar usaha yang Anda miliki tetap memiliki daya saing yang kuat dibandingkan kompetitor dan mampu bertahan selama mungkin.

1. Pengembangan Usaha Bagi Pelaku Bisnis Mikro (2)

Baca Juga :

Sandal Hotel, Produk Simpel dengan Peluang Menggiurkan

Membangun Bisnis saat Masih Bekerja? Pasti Bisa!

Similar Articles

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah 0

Salah satu roda penggerak perekonomian sebuah negara adalah Usaha Kecil Menengah (UKM). Bila UKM di

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir 0

Berlakunya MEA sebentar lagi mendatangkan peluang besar untuk para pelaku usaha dalam negeri untuk mengembangkan

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat 0

Iklan dan promosi merupakan hal yang dibutuhkan untuk membuat bisnis Anda maju. Namun, seringkali pelaku

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis 0

Bagaimana rasanya jika Anda harus melepaskan sebuah jabatan penting? Misalnya, Anda ingin memulai bisnis dan harus melepas

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa 0

Meminta kenaikan gaji merupakan hak setiap karyawan yang bekerja di setiap perusahaan. Apalagi, bila mereka telah menunjukkan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *