Teropong Bisnis | Homepage
Pemberdayaan Usaha Kecil Menengah Di Kampung Batik Laweyan

Pemberdayaan Usaha Kecil Menengah Di Kampung Batik Laweyan

0 Comments 🕔17.Jun 2013

Pemberdayaan-Usaha-Kecil-Menengah-Di-Kampung-Batik-Laweyan-2

Usaha kecil menengah menjadi salah satu bentuk usaha dengan populasi yang sangat besar serta mencakup berbagai sektor dan bidang usaha. Beberapa di antaranya memilik keterkaitan dengan kekuatan ekonomi daerah serta menjadi bagian penting bahkan ikonik bagi kultur atau budaya setempat karena kemampuannya memadukan budaya dengan industri serta pemberdayaan masyarakat. Salah satu usaha kecil menengah yang memiliki keterkaitan dengan budaya setempat dan pemberdayaan masyarakat adalah industri atau usaha batik di Solo. Kota ini telah lebih dahulu dikenal sebagai salah satu kota dengan kekayaan ragam batik di Indonesia beserta dengan beberapa kota lain. Industri batik di Solo masih memiliki keterkaitan yang erat dengan budaya setempat mulai dari desain, pengerjaan hingga pengelolaan usaha.

Kampung Batik Laweyan Di Solo

Solo memilik kantong – kantong industri kecil dan menengah yang bergerak di bidang batik, salah satunya terdapat di daerah bernama Laweyan. Daerah ini telah dikenal selama bertahun –  tahun sebagai kampung batik. Kampung ini menjadi sentra industri batik yang tidak hanya didominasi oleh pengusaha besar dan menengah, namun lebih dari 50 persen dari usaha batik yang dijalankan dari kampung batik ini adalah industri kecil dengan pekerja 5 hingga 7 orang saja. Ketekunan warga Laweyan di bidang industri batik menjadi salah satu landasan didirikannya Forum Pengembangan Kampoeng batik Laweyan.

Keberadaan pelaku industri kecil batik di pinggir sungai Ngingas yang mengalir di tengah kampung Laweyan memberi kesan khusus, batik pinggir kali atau batik girli Laweyan menjadi ikon industri batik skala kecil yang ada di Solo. Pekerja batik rumahan di Laweyan dengan skala kecil ini tetap menggunakan bahan pewarna alami dalam pengerjaan batik sehingga tidak menimbulkan efek pencemaran pada sungai Ngingas yang menjadi muara dari pembuangan limbah industri batik di sini. Industri batik girli ini telah menjadi salah satu obyek dan atraksi wisata yang dikembangkan dan dipromosikan guna membantu keberlangsungan usaha kecil batik sebagai bagian dari mempertahankan budaya dan kearifan lokal.

Pemberdayaan-Usaha-Kecil-Menengah-Di-Kampung-Batik-Laweyan-3

Bantuan Dana Hibah Untuk Batik Girli Kampung Laweyan

Sebagai bagian dari usaha untuk menjaga tradisi industri batik tradisional kelas rumahan yang telah ada selama berpuluh tahun di kampung Laweyan, maka Forum Pengembangan Kampoeng Batik Laweyan mendapatkan dana hibah dari pihak Astra sebagai bantuan permodalan untuk lima pelaku usaha kecil batik girli di kampung Laweyan, Solo. Terdapat lima UKM yang mendapatkan bantuan mulai dari pembatik pinggir kali, ukm pewarna sintetis, ukm pewarna alami, showroom atau pemasaran dan juga bagi ukm konveksi. Usaha kecil menengah yang mampu melestarikan budaya lokal ini patut mendapat perhatian karena menjaga budaya lokal yang otentik serta memberdayakan masyarakat setempat sebagai penggerak usaha kecil menengah yang ada.

Similar Articles

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho!

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho! 0

Nama TIKI pasti ngga akan begitu asing lagi ya di telinga kita semua, tentu aja

3 Inspirasi untuk Usaha Kuliner Pelapis Lezat Roti dan Kawan-Kawannya

3 Inspirasi untuk Usaha Kuliner Pelapis Lezat Roti dan Kawan-Kawannya 0

Usaha kuliner saat ini mulai bergeser ke arah kuliner sehat. Hal ini juga mempengaruhi proses produksi

3 Hal Ini Berpengaruh Pada Peluang Bisnis Homestay Anda untuk Sukses

3 Hal Ini Berpengaruh Pada Peluang Bisnis Homestay Anda untuk Sukses 0

Peluang bisnis homestay atau guest house, dimana Anda menyewakan rumah atau salah satu ruangan di rumah

3 Jurus Meraup Untung Besar dari Bisnis Pie

3 Jurus Meraup Untung Besar dari Bisnis Pie 0

Pie mungkin bukan hidangan asli Indonesia. Tetapi, produk kuliner ini menjadi salah satu makanan favorit

Peluang Usaha Baju Cheongsam Raup Banyak Untung Menjelang Imlek

Peluang Usaha Baju Cheongsam Raup Banyak Untung Menjelang Imlek 0

Muftika Hidayat lima tahun lalu mulai mencoba – coba melirik peluang usaha memproduksi Cheongsam, baju

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *