Teropong Bisnis | Homepage
Peluang Bisnis Menggiurkan dari Rumitnya Mengurus HAKI

Peluang Bisnis Menggiurkan dari Rumitnya Mengurus HAKI

0 Comments 🕔09.Mar 2014

Originalitas atau keaslian merupakan salah satu hal terpenting dalam bisnis. Bila Anda mampu memanfaatkan hal ini secara maksimal, maka bukan tidak mungkin usaha Anda akan sukses. Dan, di Indonesia, ada hukum yang melindungi hal ini. Anda pasti sudah tahu mengenai hak kekayaan intelektual atau biasa disingkat HAKI.

Sayangnya, banyak pengusaha yang enggan mengurus masalah ini. Selain mereka menganggap enteng, prosesnya yang rumit juga membuat mereka malas. Kalaupun mereka mendaftarkan produk mereka, mereka melakukannya setelah memulai usaha.

Hal ini tentunya tidak benar. Bahkan, disarankan untuk mendaftarkan dan menyelesaikan semua hal mengenai hak cipta sebelum memulai usaha. Hal ini dapat menghindarkan Anda dari masalah hukum di masa mendatang.

Di Indonesia sendiri, sistem pengurusan HAKI menggunakan sistem first-to-file atau yang mendaftar pertama adalah pihak yang mendapatkan hak cipta tersebut. Jadi sangat penting mempunyai landasan hukum, agar keunikan produk Anda tidak dicuri oleh orang lain.

wirausaha, peluang bisnis, haki, bisnis

Yang menggembirakan, saat ini kesadaran masyarakat akan pentingnya HAKI meningkat. Mungkin dapat dikatakan banyak orang sudah sadar tentang pentingnya hal ini dalam sebuah bisnis. Tetapi, masih ada satu masalah yang mengganjal, yaitu rumitnya proses mengurus HAKI.

Hal diatas tentunya dapat dipandang sebagai masalah dalam bisnis. Tetapi, bila Anda memandang hal tersebut dari kacamata bisnis, dapat dikatakan sebagai peluang usaha yang bagus. Seperti yang kita semua tahu, masalah dalam masyarakat dapat menjadi peluang usaha. Syaratnya, Anda harus mampu menyediakan solusi untuk masalah tersebut.

Untuk masalah HAKI, Anda dapat menyediakan jasa pengurusan hak kekayaan intelektual. Contohnya, paten, merek, desain layout sirkuit terpadu, rahasia dagang dan lainnya. Memang, usaha jenis ini belum banyak diketahui dan digeluti orang. Oleh karena itu, peluang untuk berkembang dan sukses akan sangat besar.

Target pasar usaha jenis ini adalah perusahaan besar. Tetapi, Anda juga dapat membidik usaha baru atau usaha berskala mikro.

Dapat dikatakan usaha berskala mikro, kecil dan menengah merupakan tambang emas untuk Anda. Mengapa? Hal ini dikarenakan, sebagian besar produk-produk inovatif yang dirilis di pasar diluncurkan oleh usaha di kelompok ini. Hal ini sangat wajar, karena mereka belum mempunyai nama, dan masih mengandalkan keunikan produk untuk menarik pelanggan.
Bila produk Anda sudah didaftarkan dalam HAKI, tetapi usaha Anda gagal, Anda tidak perlu khawatir. Sertifikat hak kekayaan intelektual yang Anda dapat, dapat Anda jual kembali.

Untuk biaya, dapat dikatakan cukup terjangkau. Untuk pendaftaran merek, Anda hanya perlu membayar Rp. 2,5 juta. Anda akan mendapatkan perlindungan selama 10 tahun.

Untuk hak paten, biaya yang dibutuhkan adalah Rp. 17 juta dan masa lindung 10 tahun. Sedangkan produk inovasi baru, memerlukan biaya Rp. 27 juta dengan masa lindung 20 tahun.

wirausaha, peluang bisnis, haki, bisnis

BACA JUGA:

Elen dan Usaha Tato Temporer

Ikan Malas Bernilai Tinggi

Similar Articles

Inilah 8 Penyebab Gagalnya Usaha Kecil

Inilah 8 Penyebab Gagalnya Usaha Kecil 0

Kian banyaknya pelaku UKM (Usaha Kecil Menengah) membuat persaingan usaha menjadi semakin ketat. Hal ini seringkali

Melirik Peluang Bisnis Potong Rambut Model Terkini

Melirik Peluang Bisnis Potong Rambut Model Terkini 0

Mempunyai gaya rambut menarik dengan model yang sedang menjadi trend saat ini adalah hal yang

3 Alasan Utama Mengapa Dunia Maya Simpan Peluang Usaha Menggiurkan!

3 Alasan Utama Mengapa Dunia Maya Simpan Peluang Usaha Menggiurkan! 0

Peluang usaha akan menjadi semakin menjanjikan, bila Anda mampu memanfaatkannya dengan baik. Salah satu peluang yang

4 Bukti Bisnis Keluarga dapat Sukses Besar

4 Bukti Bisnis Keluarga dapat Sukses Besar 0

Bisnis keluarga sering dianggap sebagai bisnis yang sulit berkembang karena sulitnya terbentuk profesionalisme antar anggota keluarga

5 Hal Penting Maksimalkan Peluang Bisnis Tas

5 Hal Penting Maksimalkan Peluang Bisnis Tas 0

Peluang bisnis tas terbilang cukup menggiurkan, karena produk ini banyak dicari, apalagi saat penampilan menjadi hal

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *