Teropong Bisnis | Homepage
Peluang Bisnis Kerajinan Asal Jawa Tengah Tembus Pasar Eropa

Peluang Bisnis Kerajinan Asal Jawa Tengah Tembus Pasar Eropa

0 Comments 🕔18.Sep 2015

Bisnis kerajinan merupakan peluang bisnis yang berpeluang besar untuk tembus pasar internasional. Jawa Tengah memang terkenal dengan kerajinannya, salah satunya adalah kerajinan marquetry. Tidak hanya diminati pasar lokal, kerajinan ini juga banyak diminati di benua lain. Bahkan kerajinan ini sudah banyak dikirim ke beberapa negara Asia dan juga Eropa. Negara yang menjadi pasar dari kerajinan ini diantaranya adalah Taiwan, Tiongkok, Bulgaria, Kroasia, dan Afrika Selatan. Sedangkan di Indonesia sendiri kalangan yang meminati kerajinan ini kebanyakan dari kalangan pejabat, diantaranya adalah Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Tengah dan Hendrar Prihadi, Wali Kota Semarang. Tentunya ini merupakan peluang bisnis yang sangat bagus bagi Anda.

Menurut Endah Kristanti yang merupakan salah satu pengrajin kerajinan marquetry asal Semarang, dia mengatakan bahwa dia telah menjual hasil kerajinannya pada Mantan Menteri Perdagangan, Rahmat Gobel belum lama ini.

Menurutnya, kerajinan ini memiliki peluang bisnis yang cukup bagus karena begitu banyak orang yang berminat terhadap kerajinan ini. Tetapi kendalanya terdapat pada proses pembuatannya yang memakan waktu cukup lama. Dia juga mengatakan bahwa untuk menghasilkan karya tersebut dibutuhkan waktu 1-2 bulan. Lamanya waktu yang dibutuhkan juga bervariasi, tergantung dari ukuran serta tingkat kerumitan dari pembuatan kerajinan tersebut.

Menurut Endah, sampai saat ini kerajinan marquetry yang paling sulit dan membutuhkan waktu lama dalam proses pembuatannya adalah kerajinan marquetry “Jokowi Blusukan.” Kerajinan tersebut membutuhkan waktu yang cukup lama karena dalam proses pembuatannya membutuhkan ketelitian yang ekstra karena banyak sekali detail yang dibutuhkan. Selain itu ukurannya yang memiliki lebar 2 meter juga membuat kerajinan ini membutuhkan waktu yang cukup lama dalam penyelesaiannya.

Meskipun membutuhkan waktu yang lama dan ketekunan ekstra, kerajinan tersebut dihargai dengan harga sepadan dalam penjualannya. Kerajinan marquetry tersebut dijual dengan harga Rp 15.000.000 untuk yang berukuran kecil, sedangkan untuk ukuran paling besar kerajinan tersebut dihargai dengan harga Rp 30.000.000.

Sebenarnya kerajinan marquetry ini bukanlah kerajinan khas dari Indonesia. Kerajinan ini merupakan kerajinan khas Eropa. Untuk membuat kerajinan marquetry, bahan baku yang dibutuhkan adalah vinir kayu. Vinir kayu ini biasanya digunakan untuk kayu lapis.

Endah juga menuturkan bahwa tidak ada kendala untuk mendapatkan bahan baku dalam pembuatan kerajinan marquetry ini. Mendapatkan bahan baku pembuatannya cukup mudah  karena bisa didapatkan dari industri mebel yang cukup banyak di Indonesia. Bahan baku yang didatangkan tidak hanya berasal dari kota Semarang sendiri, namun juga didatangkan langsung dari Jakarta.

Warna alami dari vinir kayu membuat kerajinan ini tidak membutuhkan pewarna tambahan dalam pembuatannya. Selain itu banyaknya pola yang terdapat pada bahan baku juga memudahkan pengrajin dalam membuat hasil karyannya. Kerajinan ini memiliki peluang bisnis yang cukup bagus sehingga perlu untuk dipertimbangkan.

kerajinan tangan indonesia

Similar Articles

Ingin Tahu Produk Berbahan Kulit yang Mempunyai Peluang Usaha Menjanjikan?

Ingin Tahu Produk Berbahan Kulit yang Mempunyai Peluang Usaha Menjanjikan? 0

Peluang usaha produk-produk kerajinan dan kreatif saat ini terbilang sangat menjanjikan. Bila Anda khawatir dengan

Pondok Pesantren Cuma Buat Ngaji? Pikir Lagi!

Pondok Pesantren Cuma Buat Ngaji? Pikir Lagi! 0

Selama ini kalau anda mendengar kata pesantren, pasti otak anda akan dengan otomatis mengasosiasikannya dengan

Saatnya Pamitan sama Uang Kertas!

Saatnya Pamitan sama Uang Kertas! 0

Tingkat kejahatan di Jakarta itu bisa bikin waswas memang. Yang perampokan lah yang penodongan lah.

Wisata Syariah Penuh Barokah? Apaan Tuh?

Wisata Syariah Penuh Barokah? Apaan Tuh? 0

Kalau dengar kata wisata, pasti identik dengan seneng-seneng, foya-foya, liat pemandangan, makan ini-itu... pokoknya having

Berawal dari Hobi, Berdandan Pun Bisa Menjadi Peluang Wirausaha

Berawal dari Hobi, Berdandan Pun Bisa Menjadi Peluang Wirausaha 0

Sebagai seorang wanita, sebagian dari Anda pasti suka berdandan. Semakin sering berdandan, Anda akan semakin

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *