Teropong Bisnis | Homepage
Mesin Wangdi, Kreativitas Berbuah Kesuksesan

Mesin Wangdi, Kreativitas Berbuah Kesuksesan

0 Comments 🕔29.Mar 2014

Kesuksesan mempunyai banyak pondasi. Salah satunya adalah kreativitas. Hal ini tampak dari apa yang dilakukan oleh Wangdi Wusono.

Lulusan Sekolah Teknik Menengah (STM) ini, berhasil mendirikan perusahaan UD Rekayasa Wangdi. Perusahaan ini memproduksi mesin-mesin untuk Usaha Kecil Menengah (UKM). Dan, daerah pemasaran mesin Wangdi ini sangat luas, bahkan mencapai Sumatera.

Wangdi sendiri sangat menyukai mesin. Dia juga pandai dalam menggambar model dan desain mesin. Kedua hal ini didapatnya saat masih bersekolah di STM.

Minatnya terhadap mesin bertambah ketika dia koordinator pengoperasian laboratorium Universitas Gajah Mada (UGM). Dia lalu mendirikan bengkel mesin bersama istrinya, Heni Siwi Gunarti.

Produk pertama yang dia buat adalah mesin pengering berbentuk lemari. Dia menggunakan besi dan aluminium sebagai bahan utama. Modal yang digunakan hanya Rp. 500 ribu. Tetapi, Universitas Wangsamandala Yogyakarta membelinya dengan harga Rp 2,5 juta.

Membuat mesin bukanlah pekerjaan instan. Untuk mesin pertamanya ini, Wangdi perlu melakukan penelitian selama 4 tahun. Selain itu, proses desain dan produksi dia lakukan secara mandiri.

ide bisnis, usaha, mesin wangdi, kreativitas, kesuksesan

Dari titik ini, Wangdi tertarik untuk membuat sebuah perusahaan yang memproduksi mesin. Dan, pada 2005, dia mendirikan UD Rekayasa Wangdi. Nama Rekayasa dipilih, karena memang semua mesin yang dia produksi dia desain sendiri.

Pria kelahiran 29 April 1964 ini tidak meniru desain mesin lain. Jadi, konsumen hanya datang, memesan jenis mesin dan fungsinya. Wangdi akan mempelajari hal tersebut dan membuatkan mesin yang sesuai dengan yang dibutuhkan konsumen.

Wangdi berhasil membuat berbagai macam mesin. Jumlah mesin Wangdi yang berhasil diproduksi lebih dari 1.000 unit. Mulai dari mesin pengelir, pengolah makanan, pengolah sampah, dan lainnya, sudah berhasil dia buat dan sukses berfungsi seperti seharusnya.

Harga yang dia pasang bervariasi. Harga dipengaruhi oleh tingkat kerumitan mesin tersebut. Biasanya, mesin Wangdi dibanderol mulai dari Rp. 300 ribu hingga Rp. 30 juta. Dengan harga ini, omzet yang didapat per bulannya dapat mencapai Rp. 300 juta.

Uniknya, Wangdi saat ini masih bekerja sebagai PNS di Pemprov Yogyakarta. Dia sudah bekerja sebagai PNS sejak 1995. Oleh karena itu, jabatan direktur UD Rekayasa Wangdi diserahkan kepada Heni, istrinya.

Perusahaan Wangdi saat ini sudah sangat berkembang. Dia mempunyai 40 orang karyawan yang membantu proses produksinya. Dan, dia juga menggunakan pabrik dengan luas 2.000 meter persegi untuk proses produksi perusahaannya.

Wangdi dapat dikatakan sebagai inovator. Kreativitas yang dimilikinya mampu membawanya sukses di bidang bisnis yang dia geluti. Dan, yang lebih penting, dia menjalani apa yang dia cintai, yaitu dunia mesin. Hal ini tidak terhalang dengan pekerjaannya sebagai PNS.

Oleh karena itu, bukan tidak mungkin, bila usaha Wangdi ini akan dapat berkembang lebih jauh lagi. Dan, mungkin saja, mesin Wangdi akan merambah pasar internasional.

ide bisnis, usaha, mesin wangdi, kreativitas, kesuksesan

BACA JUGA:

Memanfaatkan Ceruk Menjanjikan dengan Bisnis Maklun Sepatu

Pemilu Datang, Bisnis SPG Untung Besar

Similar Articles

Ingin Tahu Produk Berbahan Kulit yang Mempunyai Peluang Usaha Menjanjikan?

Ingin Tahu Produk Berbahan Kulit yang Mempunyai Peluang Usaha Menjanjikan? 0

Peluang usaha produk-produk kerajinan dan kreatif saat ini terbilang sangat menjanjikan. Bila Anda khawatir dengan

Pondok Pesantren Cuma Buat Ngaji? Pikir Lagi!

Pondok Pesantren Cuma Buat Ngaji? Pikir Lagi! 0

Selama ini kalau anda mendengar kata pesantren, pasti otak anda akan dengan otomatis mengasosiasikannya dengan

Saatnya Pamitan sama Uang Kertas!

Saatnya Pamitan sama Uang Kertas! 0

Tingkat kejahatan di Jakarta itu bisa bikin waswas memang. Yang perampokan lah yang penodongan lah.

Wisata Syariah Penuh Barokah? Apaan Tuh?

Wisata Syariah Penuh Barokah? Apaan Tuh? 0

Kalau dengar kata wisata, pasti identik dengan seneng-seneng, foya-foya, liat pemandangan, makan ini-itu... pokoknya having

Peluang Bisnis Kerajinan Asal Jawa Tengah Tembus Pasar Eropa

Peluang Bisnis Kerajinan Asal Jawa Tengah Tembus Pasar Eropa 0

Bisnis kerajinan merupakan peluang bisnis yang berpeluang besar untuk tembus pasar internasional. Jawa Tengah memang terkenal dengan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *