Teropong Bisnis | Homepage
Menggiurkannya Pedagang Sayur Keliling

Menggiurkannya Pedagang Sayur Keliling

0 Comments 🕔11.May 2014

Kita semua tahu bahwa sayuran sangat penting untuk kesehatan tubuh kita. Dan, yang mengagumkan, hampir semua masakan Indonesia memiliki sayuran didalamnya. Karena hal ini pula, sayuran dapat dikatakan sangat dibutuhkan setiap hari. Artinya, peluang bisnis sayuran ini sangat menjanjikan.

Salah satu tempat mudah membeli sayuran adalah dari pedagang sayur keliling. Sayangnya, banyak orang menganggap profesi ini tidak menjanjikan. Akan tetapi, tahukah Anda, bila pedagang sayur keliling dapat memperoleh laba mulai dari 25% hingga 50%? Margin keuntungan ini dapat dianggap sangat besar, yang artinya, bisnis ini menjanjikan keuntungan yang tinggi.

Salah satu pedagang sayur keliling yang merasakan nikmatnya profesi ini adalah Sahirin, 35 tahun. Dia menjadi pedagang sayur keliling di wilayah Cibubur, Jakarta Timur. Menurut Sahirin, bisnis ini cukup menjanjikan. Akan tetapi, ada beberapa persiapan yang matang yang perlu dilakukan oleh setiap pedagang sayur keliling.

Persiapan utama adalah fisik dan mental. Fisik yang sehat dan bugar dibutuhkan karena Anda akan berkeliling menjajakan sayuran Anda. Selain itu, Anda juga harus berjuang di pagi buta untuk mendapatkan sayuran yang terbaik.

Menurut Sahirin, membeli sayuran di pagi buta sangat penting, karena Anda akan menemukan sayuran berkualitas. Bila Anda berbelanja diatas jam 5 pagi, maka akan sulit menemukan sayuran berkualitas. Untuk gerobak berjualan sayuran, Anda dapat memodifikasi sepeda untuk keperluan ini. Banyak bengkel yang dapat membantu Anda, jadi Anda tidak perlu berkeliling mendorong gerobak sayur Anda.

Mental dibutuhkan pedagang sayur keliling untuk menghadapi pelanggan. Biasanya diperlukan dalam menghadapi ibu-ibu pelanggan Anda yang komplain.

Setiap pedagang sayur keliling mempunyai wilayah berjualan tersendiri. Meskipun begitu, bukan berarti dalam satu wilayah tidak ada lebih dari satu pedagang. Yang membedakan adalah jam berjualan dan kode panggilan. Pelanggan biasanya sudah hafal dengan kode panggilan yang digunakan pedagang.

Persaingan diantara pedagang sayur keliling cukup tinggi. Biasanya, sukses tidaknya berjualan dipengaruhi oleh kualitas dan keberagaman sayur yang disediakan. Selain itu, harga yang murah juga menjadi senjata para pedagang sayur keliling.

Sahirin sendiri menggunakan beberapa cara untuk menarik dan mempertahankan pelanggan. Contohnya, dia menerima pesanan yang akan dibawa pada keesokan harinya. Atau, Sahirin juga selalu mengirimkan SMS kepada pelanggan, bila dia tidak berjualan. Hal ini sangat penting karena bila terlambat atau tidak berjualan dan pelanggan sudah menunggu, mereka akan marah dan beralih ke pedagang lainnya.

Bila Anda tertarik dengan profesi pedagang sayur keliling, bukan berarti Anda harus berkeliling menggunakan gerobak sayuran. Anda juga dapat mempekerjakan orang lain, untuk menjual sayuran Anda. Seperti Sahirin, dia memilik 3 gerobak sayur dan karyawan untuk menjual sayurannya. Anda dapat menggunakan sistem gaji atau bagi keuntungan (70% untuk Anda dan 30% untuk karyawan).

pedagang sayur, tukang sayur keliling, usaha rumahan, usaha sampingan, wirausaha

BACA JUGA:

Dengan Buku Catatan, Mantap Melangkah Sebagai Jutawan

Cara Menyulap Ratusan Ribu Menjadi Ratusan Juta dengan Seragam Militer

Similar Articles

Ingin Tahu Produk Berbahan Kulit yang Mempunyai Peluang Usaha Menjanjikan?

Ingin Tahu Produk Berbahan Kulit yang Mempunyai Peluang Usaha Menjanjikan? 0

Peluang usaha produk-produk kerajinan dan kreatif saat ini terbilang sangat menjanjikan. Bila Anda khawatir dengan

Pondok Pesantren Cuma Buat Ngaji? Pikir Lagi!

Pondok Pesantren Cuma Buat Ngaji? Pikir Lagi! 0

Selama ini kalau anda mendengar kata pesantren, pasti otak anda akan dengan otomatis mengasosiasikannya dengan

Saatnya Pamitan sama Uang Kertas!

Saatnya Pamitan sama Uang Kertas! 0

Tingkat kejahatan di Jakarta itu bisa bikin waswas memang. Yang perampokan lah yang penodongan lah.

Wisata Syariah Penuh Barokah? Apaan Tuh?

Wisata Syariah Penuh Barokah? Apaan Tuh? 0

Kalau dengar kata wisata, pasti identik dengan seneng-seneng, foya-foya, liat pemandangan, makan ini-itu... pokoknya having

Peluang Bisnis Kerajinan Asal Jawa Tengah Tembus Pasar Eropa

Peluang Bisnis Kerajinan Asal Jawa Tengah Tembus Pasar Eropa 0

Bisnis kerajinan merupakan peluang bisnis yang berpeluang besar untuk tembus pasar internasional. Jawa Tengah memang terkenal dengan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *